​6 KEUNTUNGAN ABSOLUT MENJADI FREELANCE PENULIS 

Selepas menyelesaikan pendidikan formal seperti SMU atau perguruan tinggi, Yang dipikirkan adalah kerja dan kerja.Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan. Ada yang mencoba peruntungan dengan membuka usaha sendiri dan tak sedikit pula melamar kerja di sana sini. Yang sedikit sekali terpikirkan oleh mereka yang baru mulai cari kerja adalah bekerja secara lepas tanpa terikat pada satu perusahaan atau institusi tertentu. Cara bekerja seperti ini disebut dengan bekerja lepas atau freelance. 

Saat ini, bekerja secara freelance menjadi sebuah alternatif yang menjanjikan karena sangat efektif dan efisien. Pekerjaan Freelance banyak dilakukan oleh kaum hawa walaupun tak sedikit juga kaum laki-laki yang melakukannya. Seperti yang saya lakukan (baca : Aktifitas dan Pekerjaanku saat ini) 

Alasan utama menjadi seorang freelance adalah karena Freelance lebih bebas dan tidak begitu terikat tapi punya penghasilan yang lumayan besar.

Kehidupan sebagai seorang freelancer memang sangat menggoda terutama bagi anda yang jenuh terjebak rutinitas yang mematikan kreatifitas. Ada berbagai pekerjaan Freelance yang bisa dilakukan seperti Penulis, copywriter, penyunting (buku, film/program tv, online), animator, arsitek, penyiar radio, pembawa acara, reporter, responden, fotografer, event organizer, konsultan pajak, motivator, penerjemah, guru bimbingan belajar, guru privat, programmer, teknisi komputer, data entry, dubber, illustrator, animator, komikus,  dan lain sebagainya. Ada banyak keuntungan yang bisa di dapatkan saat seseorang menjadi Freelance.

Berhubung pekerjaan freelance banyak sekali dan tak mungkin di bahasa satu-satu. Postingan ini hanya membahas khusus keuntungan menjadi seorang Freelance Penulis. Berikut ini adalah 7 keuntungan yang bisa didapatkan saat menjadi seorang Freelance khususnya Freelance penulis  :


1. BEBAS MENENTUKAN PEKERJAAN

Saat menjadi Freelance atau pekerja paruh waktu, kita bisa bebas menentukan pekerjaan apa yang kita lakukan yang tentunya sesuai dengan keahlian. Jika tidak bisa langsung bisa menolaknya. Seorang Freelance bebas untuk menjadi bos bagi dirinya sendiri tanpa ada yang perlu di takuti atau di segani. Tak ada pula yang perlu dimintai persetujuan.

Freelancer penulis blogger


2. FLEKSIBEL TEMPAT DAN WAKTU

Kapan kita mengerjakan atau dimana kita bisa mengerjakan pekerjaan kita sendiri yang menentukan. Mau mulai kerja jam 7, jam 9 jam 12 atau malampun terserah. Mau istirahat setengah jam atau setengah hari juga bisa. Jika tak bisa mengerjakan siang, waktu malampun bisa digunakan. Tempatnya juga terserah, mau di ruang tamu, di kamar atau di taman kota semua bisa digunakan. Yang penting pekerjaan bisa dikerjakan.
3.  TIDAK PERLU KELUAR RUMAH 

Seorang pedagang, wirausaha atau pekerja kantoran, pastinya setiap hari diharuskan pergi ke tempat kerjanya untuk mengerjakan tanggung jawab yang menjadi tugasnya. Saat keluar rumah banyak hal  yang mesti di siapkan seperti kendaraan,  baju atau seragam, dandanan dan lain-lain. Hal itu tidak berlaku bagi seorang freelance karena semua pekerjaan bisa dilakukan di dalam rumah. Tidak perlu macet-macetan di jalan, tidak perlu seragam, tidak perlu berpanas-panasan dan sebagainya. Jikalau keluar rumah itu hanya sesekali saja dan bisa diatur waktunya.
 4. PENGHASILAN LUMAYAN

Sebagai penggambaran seorang penulis artikel yang bekerja secara Freelance mendapatkan bayaran Rp 5 – 100 ribu per artikel. Harga tersebut tergantung kualitas dan kesepakatan. Jika dalam sehari bisa menyelesaikan 10 artikel yang bayarannya hanya Rp 10.000,-  saja, dalam satu bulan tentu bisa dapat uang 3 juta rupiah. Itu jika bayarannya 10 ribu, belum kalau bayarannya 100 ribu bisa di hitung sendiri berapa penghasilan yang bisa di dapatkan.

Pekerjaan freelance adalah kerja part time atau pekerjaan paruh waktu yang bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja tanpa terbatas ruang dan waktu. Jika punya banyak waktu senggang banyak pula yang bisa dikerjakan. Penghasilan yang didapat juga tentu lebih besar.
5. MENAMBAH BANYAK PENGETAHUAN

Seorang freelance penulis, pekerjaanyya tidak melulu menulis dan menulis. Ada kalanya harus banyak-banyak membaca, mendengar dan memperhatikan sekitar. Hal itu dilakukan untuk untuk memperkaya hasil tulisan dan mengetahui lebih banyak tentang apa yang ditulis sehingga lebih update dan mengena. Dengan demikian secara tidak langsung bisa belajar banyak hal yang sebelumnya tidak diketahui. baca juga : Membuka Jendela dunia dengan membaca

6. DAPAT BEKERJA PADA BEBERAPA PERUSAHAAN SEKALIGUS

Karena tidak ada kontrak yang mengikat, seorang Freelancer penulis dapat menerima beberapa pekerjaan sejenis dari beberapa perusahaan sekaligus. Pekerjaan freelance penulis yang lebih beragam membuat seorang freelance dapat menulis untuk sebuah situs online, menulis buku cerita anak (penerbitan), atau menulis artikel untuk koran (surat kabar) tanpa perlu takut persaingan.

 Baca pula : Awal Kisahku Ngeblog

Bekerja sebagai freelancer memang menawarkan banyak keuntungan namun tetap ada kerugian yang menyertai. Harus bijak dalam memilih dan melakukannya.  Apakah Anda tertarik ?    Jika ada pertanyaan, komentar atau saran silahkan tulis di kolom bawah ini, dengan senang hati saya akan menjawabnya.

17 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!