Harga Smartwatch Serta Tips Tepat Ketika Membelinya

Tahukah anda dengan sebuah perangkat yang bernama Smartwach ? Meski sampai saat ini belum ada definisi yang dapat diterima secara umum mengenai istilah smartwatch, namun hampir semua orang mengetahui tentang perangkat serbaguna yang dikenakan di pergelangan tangan ini. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat dan manfaatnya yang nyata, membuat harga smartwatch yang dipasarkan saat ini semakin bervariasi.

Dengan menggunakan smartwatch, anda dapat memiliki akses terhadap berita, cuaca, olahraga, saham, horoskop, email dan lain sebagainya dari pergelangan tangan anda langsung. Perangkat ini tidak dirancang untuk menggantikan smartphone, karena smartwatch dibuat hanya untuk memberikan alert seperti pesan masuk ataupun panggilan tidak terjawab.

harga smartwatch
Smartwach di pergelangan tangan (sumber : pixabay)

Perusahaan Microsoft menjadi yang pertama dalam mengembangkan smartwatch ini. Microsoft kali pertama mengembangkannya pada tahun 2002 dan selanjutnya disusul oleh Google serta Apple yang mengembangkan smartwatch-nya masing-masing.

Tren smartwatch sendiri mulai lepas landas dan merevolusi pasar gadget sekitar tahun 2014 silam. Pada saat itu diperkirakan ada sekitar 5 juta smartwatch yang dipasarkan diseluruh dunia. Smartwatch ini bekerja pada smartphone dengan sistem operasi yang berbeda-beda. Beberapa smartwatch bekerja pada sistem operasi android dan beberapa lagi bekerja pada sistem operasi iOS.

Faktor Penentu Harga Smartwatch

Harga smartwatch selain ditentukan oleh spesifikasi serta mereknya juga ditentukan oleh berbagai faktor lainnya. Nah apa sajakah faktor penentu dari harga smartwatch tersebut? Berikut ulasannya:

Harga Smartwatch Ditentukan Dari Faktor Internal

Yang dimaksudkan dengan faktor internal dalam penentuan harga smartwatch adalah sebagai berikut:

  • Tujuan pemasaran perusahaan.

Harga smartwatch ditentukan sedemikian rupa agar perusahaan pengembang/pembuatnya memiliki laba maksimal sehingga dapat mempertahankan kelangsungan perusahaan tersebut.

  • Strategi bauran pemasaran 

Harga smartwatch haruslah dikoordinasikan dan saling mendukung dengan bauran pemasaran seperti distribusi dan juga promosi.

  • Biaya 

Biaya produksi menjadi faktor paling menentukan harga smartwatch. Harga minimal haruslah ditetapkan agar perusahaan pembuat smartwatch tidak mengalami kerugian.

  • Organisasi

Organisasi perusahaan pun ikut berperan dalam menentukan harga smartwatch yang akan dipasarkan.

Harga Smartwatch Ditentukan Dari Faktor Eksternal

Dari segi eksternal, harga smartwatch ditentukan oleh:

  • Permintaan pasar smartwatch

Harga smartwatch yang dipasarkan tentunya dipengaruhi oleh permintaan pasar smartwatch itu sendiri. Produsen smartwatch harus memahami persaingan pasar apakah persaingan sempurna atau monopoli. Selain itu juga harus memahami elastisitas permintaan.

  • Persaingan antar produsen smartwatch

Harga smartwatch juga dipengaruhi oleh persaingan antar produsen smartwatch itu sendiri. Dalam hal ini faktor-faktor yang paling banyak mengambil peran adalah seperti produk substitusi, pemasok bahan baku, pelanggan serta berbagai ancaman-ancaman baru dipasaran.

Nah, maka dari itu anda tidak perlu kaget dan terhran-heran jika menemukan harga smartwatch yang mahal dengan spesifikasi yang tidak terlalu istimewa.

Smartwach (sumber : pixabay)

Harga Smartwatch dan Tips Tepat Membeli Smartwatch

Tips ini dapat menjadi referensi dan juga panduan bagi anda sebelum memutuskan untuk membeli sebuah smartwatch. Saat ini banyak sekali brand dan harga smartwatch yang berbeda-beda.  Maka dari itu jika anda merasa bingung anda harus menyimak tips di bawah ini.

Sistem Operasi Dan Kompatibilitas

Smartwatch bukanlah perangkat yang berdiri sendiri, akan tetapi dirancang sebagai perangkat tambahan dari smartphone. Smartwatch terhubung dengan Bluetooth pada smartphone yang anda miliki. Maka dari itu faktor sistem operasi dan kompatibilitas dengan smartphone anda sangatlah penting.

Jika anda menggunakan smartphone dari Apple maka sebaiknya anda menggunakan Apple watch dan jika anda adalah pengguna android, maka sesuaikan merek smartwatch yang akan anda beli dengan merek dari smartphone anda. Pastikan smartwatch tersebut kompatibel dengan samrtphone anda.

Interface Yang Digunakan

Interface yang digunakan pada smartwatch terbagi menjadi interface berupa tombol dan juga layar sentuh. Kebanyakan orang saat ini lebih memilih tipe layar sentuh ketimbang tombol karena berbagai macam kelebihannya seperti lebih mudah dalam navigasi dan lain sebagainya. Akan tetapi kelemahannya adalah bagi sebagian orang mengalami kesulitan dalam mentarget item tertentu. Sedangkan smartwatch tipe tombol memiliki kelebihan karena harganya yang lebih murah.

Notifikasi

Smartwatch berkualitas tinggi akan mengingatkan anda tentang berbagai macam notifikasi seperti panggilan masuk, email, alarm, pesan teks, bahkan hingga notifikasi dari jejaring sosial yang anda gunakan.

Fitur Smartwatch

Beberapa smartwatch memiliki fitur khusus seperti alat pelacak kebugaran atau fitnes tracker, memberikan koleksi musik, serta link alarm yang akan memberikan peringatan suara ataupun getaran jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada smartphone anda.

Display Yang Digunakan

Display smartwatch juga harus anda pertimbangkan karena beberapa smartwatch memiliki display hitam putih dan beberapa lainnya memiliki display berwarna. Kelebihan dari display hitam putih adalah lebih hemat baterai dan juga tidak silau ketika dilihat pada tempat terang. Sedangkan display berwarna memungkinkan anda untuk melihat gambar, foto, dan konten lainnya dengan lebih nyaman.

Tampilan Smartwatch

Smartwatch juga dirancang dengan mengikuti gaya dan trend dari penggunanya. Maka dari itu pastikan smartwatch yang akan anda beli sesuai dengan tampilan dan gaya berpakaian anda.

Daftar Harga Smartwatch Dibawah 1 Juta

Secara umum, smartwatch dibagi menjadi 2 tipe yaitu tipe OS dan tipe Non OS. Harga smartwatch dengan tipe Non OS dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan tipe OS. Nah, berikut ini daftar harga smartwatch dengan harga yang sangat terjangkau.

1. U Watch U8 Smartwatch

Smartwatch ini memiliki harga paling murah dibandingkan smartwatch lainnya. Layar berukuran 1.48 inci dengan resolusi 240 x 240. Perangkat ini mampu bertahan selama 3 jam untuk telepon, 6 jam untuk mendengarkan musik dan 160 jam untuk waktu siaga. Harganya hanya Rp 230.000

2. Uniqe Maxstyle Executive U8

Meskipun murah, perangkat ini telah memiliki fitur anti lost yang memungkinkan pengguna untuk mencari smartphone miliknya. Selain itu juga perangkat ini dapat terhubung dengan smartphone Android ataupun iOS. Harganya hanya Rp 225.000.

3. I-One Smartwatch

Layar dari smartwatch satu ini hanya 0.91 inci saja. Penggunaannya dapat dihubungkan dengan ponsel Android ataupun iOS. Fitur utamanya adalah menerima panggilan telepon, SMS, Chat, pemutar musik, pedometer, pengingat dan anti maling. Fitur anti malingnya akan otomatis menyala ketika smartphone tertinggal pada jarak 10 meter. Harganya adalah Rp 309.000.

4. Winliner U80 Bluetooth Smartwatch

Dengan harga Rp 358.000 anda sudah bisa menggunakan smartwatch yang dapat terhubung dengan Android atau iOS. Fitur yang diusung adalah SMS, Chat, panggilan telepon, mengendalikan kamera, memutar musik serta fitur olahraga dan kesehatan. Khusus untuk fitur kesehatan ini, Winliner U80 mampu mengukur jarak dan langkah kaki, serta mengukur kalori terbakar. Jika dikenakan ketika tidur, anda juga dapat mengukur kualitas tidur dengan perangkat canggih yang satu ini.

5. Tokuniku W2 Bluetooth Smartwatch

Terakhir adalah Tokuniku W2. Fitur yang diusungnya  cukup lengkap seperti slot kartu SIM dan McroSD hingga 32 GB serta kamera 1.3 MP. Dengan smartwatch ini anda dapat menonton video, memutar musik, mengukur kualitas tidur, mengukur jarak dan langkah kaki, serta menjaga smartphone anda dari kehilangan. Harganya hanya Rp 580.000 saja.

Nah kira-kira anda tertarik untuk membeli smartwatch yang mana?

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!