​Kiat Sukses Presentasi dengan Memperhatikan 4 Hal Ini

Sebagai pekerja kantoran, tentu kegiatan presentasi sudah tidak asing lagi. Presentasi dilakukan saat meeting dengan atasan maupun saat bertemu dengan klien. Selain didukung dengan teknologi yang canggih, keberhasilan presentasi juga ditentukan dengan seberapa matang Anda mempersiapkannya. Apa saja hal perlu diperhatikan agar presentasi Anda sukses dan lancar? Simak kiat sukses presentasi berikut ini :

kiat sukses presentasi

 

Persiapkan File Presentasi dengan Baik

Sebelum presentasi dilakukan, tentunya Anda akan membuat slide yang akan diprensentasikan. Persiapkanlah slide tersebut dengan baik. 

Buatlah slide yang berisi data-data akurat dengan rapi dan tertata. Jangan lupa tambahkan sedikit animasi agar slide Anda terlihat lebih menarik. Setelah itu, periksa kembali apakah slide yang akan Anda presentasikan sudah memenuhi semua tujuan untuk Anda sampaikan. Simpan file slide di desktop PC Anda agar memudahkan saat mencarinya dan sebaiknya di copy juga ke flashdisk Anda sebagai backup. 

Untuk dapatkan hasil maksimal, bisa gunakan Notebook / Laptop terbaik sebagai pilihan.

Persiapkan Teknologi Pendukung

Persiapkan teknologi pendukung diantaranya pointer, mouse wireless, kabel konektor, ataupun speaker jika memang diperlukan. Saat ini sudah banyak toko online yang menjual berbagai kebutuhan pendukung untuk kesuksesan presentasi Anda, salah satunya MatahariMall. Tidak ada salahnya Anda mengecek MatahariMall.com jika belum mempunyai barang-barang pendukung tersebut.

Persiapkan Diri

Selain faktor eksternal, faktor internal dari dalam diri Anda pun dapat mempengaruhi jalannya presentasi. Persiapkanlah diri Anda sebaik mungkin. Saat ingin presentasi, datanglah 15 menit sebelum presentasi dimulai. Tujuannya selain untuk mengecek ulang semua kebutuhan untuk presentasi, Anda juga bisa mempersiapkan diri supaya tidak tegang. Selain itu perhatikan pula penampilan Anda. Sebaiknya Anda berpakaian yang rapi karena akan diperhatikan orang banyak.

Kehadiran audience dalam presentasi
Latihan Jika Perlu

Saat presentasi tentu saja Anda akan berhadapan dan berbicara di depan orang banyak. Rasa gugup tentulah ada. Untuk itu sebaiknya Anda latihan terlebih dulu sehari sebelum hari presentasi. Hal ini dimaksudkan agar Anda hafal apa yang ingin disampaikan dan lancar saat presentasi jadi hal-hal penting yang ingin disampaikan akan tercapai dan tidak terlewat karena Anda lupa.

Baca pula : Metode Belajar Efektif

Jika sudah memperhatikan 4 kiat sukses presentasi tersebut diatas, prsentasi anda pasti akan menjadi semakin lancar dan mudah. Yuk terapkan!

13 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!