10 Manfaat Susu Kambing

Selama ini mungkin produk susu yang sering kita konsumsi selalu identik dengan sapi. Stigma inilah yang selalu melekat di pikiran kita selama ini. Padahal masih banyak lagi produk susu yang dihasilkan bukan dari sapi, salah satunya adalah produk susu yang dihasilkan oleh kambing. Susu kambing ternyata memiliki banyak manfaat yang tidak kalah dari susu sapi. Bahkan, beberapa peneliti menilai kandungan nutrisi dalam susu kambing lebih baik dibanding susu sapi. Pasalnya, kandungan nutrisi dan gizi dalam susu kambing sangat mirip dengan ASI, sehingga lebih mudah dicerna dalam tubuh manusia sama seperti ASI.

Penasaran apa saja manfaat lain dari susu kambing? Yuk, kita simak beberapa manfaat susu kambing dibawah ini!

Mudah diserap dan dicerna tubuh

Dibandingkan dengan susu sapi, lemak yang terkandung dalam susu kambing lebih rendah. Selain itu, gumpalan protein susu kambing yang dibentuk oleh aktivitas asam lambung juga lebih lembut sehingga akan lebih mudah dicerna. Tidak hanya rendah lemak, susu kambing juga memiliki kandungan laktosa atau gula yang rendah.

Melancarkan pencernaan

Sifat alkali basa dari susu kambing memiliki peran penting dalam melancarkan sistem pencernaan manusia. Mengkonsumsi susu kambing secara berkala dapat membantu Anda untuk terhindar dari berbagai macam masalah pencernaan seperti sembelit, wasir, dan lainnya.

Menurunkan berat badan

Percaya atau tidak, ternyata hanya dengan mengkonsumsi susu kambing, Anda dapat menurunkan berat badan Anda. Seperti yang Anda ketahui, protein dapat membantu Anda dalam menghancurkan lemak jahat, dan tingginya kandungan protein pada susu kambing dapat membantu Anda untuk memiliki tubuh ramping. Bukan hanya itu, kandungan lemak dan protein yang terdapat pada susu kambing jauh lebih mudah diproses dibandingkan susu sapi. Hal ini disebabkan karena sel lemak pada susu kambing berukuran lebih kecil dibandingkan susu sapi.

Baca juga : Daging dan Telur Ayam Untuk Kecerdasan Otak

Dapat dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa

Anda yang menderita intoleransi laktosa juga bisa menikmati berbagai manfaat positif dari susu kambing. Hal ini dikarenakan tingkat asam lemak yang dimilikinya dua kali lebih banyak dari yang dimiliki oleh susu sapi. Kandungan dalam susu kambing memiliki khasiat untuk menurunkan tingkat kolesterol pada tubuh, dan dapat dikonsumsi dengan lebih baik bagi para penderita masalah usus. Kadar asam lemak antimikroba juga dapat ditemukan secara melimpah pada susu kambing.

Mengobati anemia

Penyakit anemia terjadi karena berkurangnya jumlah hemoglobin pada tubuh, sehingga tidak dapat mengalirkan oksigen dengan baik. Mengkonsumsi susu kambing secara berkala ternyata dapat menjadi pengobatan alami bagi para penderita anemia. Hal ini dikarenakan susu kambing dapat merangsang pembentukan hemoglobin pada tubuh.

Bersifat probiotik

Senyawa oligosaccharides pada susu kambing memiliki komposisi yang mirip seperti ASI. Senyawa ini lah yang memiliki peran penting sebagai probiotik pada tubuh Anda. Oligosaccharides juga berfungsi untuk membunuh bakteri-bakteri penyakit dari sisa makanan dan dapat membersihkan usus besar dari jamur.

Bersifat anti inflamasi

Salah satu alasan mengapa orang lebih memilih untuk mengkonsumsi susu kambing adalah karena tidak menimbulkan inflamasi atau sakit perut yang sering disebabkan oleh susu sapi. Hal ini disebabkan karena kandungan dari susu kambing dapat menenangkan peradangan pada usus. Saat ini, penelitian masih terus berlanjut untuk mengetahui apakah sifat anti inflamasi dari susu kambing juga memiliki efek pada area lain dari tubuh tetapi satu hal yang pasti, susu kambing baik untuk perut Anda.

Tinggi kalsium dan asam lemak esensial, tapi rendah kolesterol

Sebagian orang menganggap jika susu sapi sebagai salah satu makanan yang tinggi kalsiumnya. Padahal, susu kambing juga kaya akan kalsium dan fosfor yang baik untuk pembentukan tulang. Selain itu, kandungan asam lemak esensial yang tinggi seperti linoleat dan arakidonat mampu menurunkan kadar kolesterol total dan menjaga kadar trigliserida dalam tubuh. Pasalnya, kandungan asam lemak tersebut merupakan sumber energi yang cepat dibakar dan tidak disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Itu sebabnya, susu kambing bisa jadi salah satu minuman sehat untuk mencegah penyakit jantung.

Bisa digunakan sebagai bahan perawatan kulit

Kandungan asam lemak dan trigliserida yang ditemukan dalam susu kambing tidak hanya menjaga kesehatan bagian dalam tubuh, tapi juga bisa memberikan dampak baik untuk menjaga kesehatan kulit. Susu kambing juga memiliki kadar vitamin A yang tinggi, yang bisa membantu melawan jerawat dan memperbaiki kesehatan kulit secara keseluruhan. Selain itu, kandungan asam laktat yang ditemukan dalam susu kambing juga membantu membersihkan tubuh dari sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit Anda. Jadi, jangan heran jika produk susu kambing juga tersedia dalam produk perawatan kecantikan kulit, seperti sabun susu kambing dan masker susu kambing.

Baca juga : Aneka Bahan Alami Yang Efektif Menghaluskan Kulit Wajah

Risiko alergi lebih rendah

Anda alergi dengan susu sapi? Cobalah minum susu kambing. Susu kambing memiliki risiko alergi yang sedikit lebih rendah dibanding susu sapi. Hal ini dikarenakan susu kambing mengandung lebih sedikit senyawa protein yang menjadi penyebab alergi, yaitu kasein alpha 1. Baca juga : Beberapa Faktor Alergi Pada Anak

Kebanyakan orang yang alergi susu sapi sebenarnya sensitif terhadap senyawa tersebut. Pasalnya, protein ini sangat berbahaya bagi beberapa orang, karena bisa menyebabkan peradangan. Bahkan, alergi ini bisa mengakibatkan gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar, penyakit crohn, usus bocor, dan kolik yang hebat dibagian perut. Tidak hanya itu, beberapa masalah lainnya juga akan muncul akibat elergi protein seperti jerawat, penyakit autoimun dan masalah kulit seperti eksim.

Dengan mengetahui beberapa manfaat dari susu kambing diatas tentunya Anda semakin gemar mengkonsumsi produk susu dari kambing, bukan? Selamat mencoba, dan selamat mendapatkan berbagai manfaatnya.

(Visited 28 times, 1 visits today)
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!