5 Tips Mengelola Bisnis Jual Pulsa Elektrik Yang Mudah dan Menguntungkan

Bagi anda yang tertarik menjalankan bisnis jual pulsa elektrik, anda harus bisa memahami bagaimana tata kelola bisnis tersebut. Bisnis yang satu ini termasuk bisnis yang simpel dan murah karena bisa dimulai dengan modal minim. Namun meski modalnya minim, tetap ada kemungkinan mendapatkan keuntungan yang besar.

Bisnis jual pulsa elektrik merupakan salah satu dari 5 Lowongan Kerja Sampingan Yang Menjanjikan. Penjualan pulsa elektrik bisa dilakukan dengan membuka lapak di situs belanja online atau memilih berjualan secara konvensional. Bisa berjualan di depan rumah maupun ditawarkan secara langsung kepada orang terdekat. Yang penting anda tahu mengenai teknik berjualan dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya.

Bisnis jual pulsa elektrik

Dalam urusan bisnis, ketelitian adalah hal yang utama. Ketelitian disini menyangkut segala aspek terutama dalam hal keuangan. Anda harus bisa teliti, jangan sampai modal yang dikeluarkan habis begitu saja oleh biaya-biaya yang sebenarnya sepele.

Baca juga : Bingung Cari Pinjaman Uang? Inilah Jasa Pinjam Uang Online Yang Bisa Digunakan

Bagaimana mengatur keuangan usaha, baik saat modal kembali maupun atas keuntungan yang berhasil dikantongi juga harus dipahami dengan benar. Tidak sedikit pelaku bisnis pulsa elektrik yang merasa kesulitan mengembangkan usahanya karena kurang cermat dalam mengelola keuntungan usaha transaksi jual beli pulsa. Bahkan sekedar memastikan usahanya terus berjalan saja sudah banyak yang kelimpungan.

Tips Mengelola Keuntungan Jualan Pulsa

Bagi pebisnis jual pulsa elektrik, supaya tidak merugi dan berakhir dengan keputusan gulung tikar, sebaiknya melakukan beberapa perbaikan tata kelola keuntungannya dengan tips berikut ini.

1. Pisahkan dengan dana milik pribadi
Saat membangun bisnis tentu harus memahami dulu pentingnya memisahkan uang pribadi dengan uang usaha. Baik itu modal maupun keuntungan yang didapat, semuanya harus dipisah. Sistem ini dilakukan supaya bisa mengetahui mana modal yang harus balik dan digunakan lagi dan mana keuntungan asli yang diperoleh dari hasil penjualan.

2. Bagi keuntungan menjadi dua dana terpisah
Pada saat bisnis jual pulsa elektrik yang dilakukan secara online maupun lewat gerai pulsa konvensional sudah berjalan baik, usahakan setiap keuntungan yang didapat dipisah menjadi dua dana. Dana pertama bisa dipergunakan untuk kulakan sehingga deposit pulsa elektrik selalu tersedia dan bisa ditingkatkan nilainya. Sedangkan dana kedua bisa dipakai untuk menambah produk jualan, misal kartu perdana maupun aksesoris handphone. (Baca juga : 8 Aksesoris Smartphone Yang Kekinian)

3. Membuat pembukuan untuk setiap transaksi
Pembukuan sangat penting untuk mengetahui arus kas serta arus keuntungan dari bisnis yang dijalankan. Tidak peduli sekecil apapun bisnis tersebut pembukuan harus tetap dijalankan. Bisnis pulsa termasuk ke dalam bisnis skala kecil namun kalau pembukuannya rapi dijamin keuntungan bisnis akan mudah dikumpulkan dan dikelola. Pembukuan ini tidak harus menganut ilmu ekonomis yang njlimetnya minta ampun, melainkan bisa dengan membuat pembukuan sederhana berisi nominal yang berhasil masuk dan dikeluarkan. Catatan ini bermanfaat saat melakukan pengecekan keuangan bisnis.

4. Hindari piutang pulsa
Beberapa penggerak bisnis pulsa merasa perlu menyediakan layanan kredit pada dagangannya kepada tetangga dan orang terdekat. Tujuan awalnya memang bagus yakni untuk menarik minat lebih banyak pembeli karena tidak harus keluar uang saat didesak kebutuhan pulsa. Namun akibatnya ada piutang yang menumpuk dan modal menjadi seret sehingga susah untuk dikelola dan diketahui bagaimana sisanya nanti. Baiknya biasakan menjual pulsa secara tunai, kebiasaan kredit kurang baik bagi bisnis Anda.

5. Biasakan tidak merekrut karyawan terlalu dini
Pelaku bisnis juga kerap melakukan kesalahan dengan merekrut karyawan terlalu dini saat merasa bisnisnya sudah ramai pembeli. Apalagi dengan adanya pegawai ini nantinya bisa memudahkan Anda untuk memiliki jam istirahat lebih panjang. Namun dampaknya perlu juga diperhitungkan, yakni ada beban gaji bulanan untuk karyawan tersebut. Apakah anda yakin keuntungan bisnis sudah mencukupi pengeluaran baru tersebut? Kalau belum, baiknya bisnis jual pulsa elektrik dikelola sendiri dulu tidak perlu nambah beban gaji karyawan.

Itulah 5 Tips Mengelola Bisnis Jual Pulsa Elektrik Yang Mudah dan Menguntungkan yang dapat bisa anda praktekkan. Jika anda punya tips lain atau punya pengalaman lain terkait bisnis jual pulsa elektrik bisa disampaikan di kolom komentar.

(Visited 25 times, 1 visits today)
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!