6 Tempat Meminjam Uang Yang Bisa Dicoba

Masalah keuangan kerap jadi momok bagi banyak orang. Terkadang, di saat-saat tertentu kita membutuhkan uang untuk keperluan yang urgent. Sementara uang di tabungan masih belum cukup buat kebutuhan tersebut. Mau tidak mau alternatif yang bisa dipilih tentunya adalah meminjam uang. Biasanya kalau sudah kepepet dan dadakan begini, tempat meminjam uang yang bisa dicoba pertama kali adalah rumahnya teman atau famili.

Pinjaman uang
Meminjam uang (Sumber gambar : pixabay)

Meminjam uang pada teman atau famili emang tidak ada bunganya, namun seringkali malah bikin sakit hati. Mending kalau langsung dikasih, kebanyakan sih digantung-gantung gak pasti dikasih kapan. Kalaupun dikasih, nanti ditagih-tagih tanpa pemberitahuan. Duh…… kalau kayak gitu kan jadi serba salah. Padahal butuh banget uangnya.

Daripada gak enak hati saat meminjam uang, lebih baik pilih yang pasti-pasti aja. Berikut ini adalah 6 tempat meminjam uang yang bisa dicoba.

1. Pinjam di Bank

Bank merupakan tempat meminjam uang yang paling umum. Baik perorangan, lembaga maupun perusahaan yang membutuhkan uang, semuanya bisa meminjamnya pada Bank. Setiap Bank dapat memberikan pinjaman dengan atau tanpa jaminan, disesuaikan dengan produk pinjaman yang dipilih. Jumlah pinjaman mulai dari jutaan hingga milyaran rupiah. Bunganya juga tidak terlalu memberatkan.

Tempat meminjam uang
Kantor Bank (sumber gambar : pixabay)

Kelemahan peminjaman uang di Bank terletak pada proses pencairan dana yang memakaan waktu cukup lama. Bisa dalam hitungan minggu bahkan bulan.

Baca juga : Penyiapan Dana Darurat Dengan Investasi Reksadana

2. Tempat Kerja

Bagi para pegawai atau orang yang bekerja di perusahaan, meminjam uang di tempat kerja bisa juga dijadikan alternatif. Meminjam uang di kantor atau perusahaan, caranya terbilang mudah karena sistemnya potong gaji tanpa adanya jaminan atau bunga. Kita hanya perlu membuat surat permohonan pinjaman yang ditujukan kepada bagian keuangan. Di dalam surat tersebut, bisa dijelaskan tujuan peminjaman uang beserta dengan nominal yang dibutuhkan dan juga jumlah cicilan yang biasa dibayar setiap bulannya. Cepat tidaknya tergantung kebijakan perusahaan.

3. Pegadaian

Pegadaian bisa jadi opsi tempat meminjam uang yang bisa dipilih. Modelnya tentu berbeda dengan tempat  peminjaman lain. Jika ingin pinjam uang di Pegadaian, kita harus membawa barang berharga sebagai jaminan. Pihak pegadaian nanti bakal menaksir berapa jumlah maksimum dana yang bisa dipinjam. Gak perlu khawatir kehilangan barang tersebut karena dijamin aman. Asalkan bisa mengembalikan tepat waktu, kita bisa membawa pulang barang berharga tersebut. Suku bunganya juga relatif kecil dibandingkan tempat lainnya.

Baca juga : Mencintai Rupiah Tidak Sekedar Ingin Memilikinya

4. Koperasi

Koperasi simpan-pinjam adalah salah satu lembaga keuangan yang bisa dijadikan tempat meminjam uang juga. Keberadaannya paling legendaris di Indonesia. Koperasi simpan pinjam dapat dijumpai di seluruh pelosok desa maupun kota.

Seperti halnya meminjam uang di bank, saat peminjaman uang di koperasi kita harus menyediakan jaminan berupa BPKB kendaraan atau sertifikat tanah. Agar dapat pinjaman uang cepat, kita juga harus jadi anggota koperasi tersebut untuk mendapatkan pinjamannya.

5. Tarik Tunai Kartu Kredit
Kartu Kredit sebagai tempat meminjam uang (sumber gambar : pixabay)

Jika memang benar-benar kepepet, tarik tunai kartu kredit bisa menjadi tempat meminjam uang yang paling cepat dan simpel. Hanya saja biaya admin dan bunganya cukup lumayan. Bagi yang tidak tahu seluk beluk kartu kredit tidak disarankan untuk melakukan peminjaman di tempat ini. Karena nanti pasti berat lika-likunya.

6. pinjaman24.id

Tempat meminjam uang lainnya yang paling mudah dan tanpa ribet adalah di www.pinjaman24.id. Berbeda dengan tempat peminjaman lainnya yang mengharuskan kita untuk datang langsung saat meminjam, di tempat ini kita bisa meminjam dari rumah. pinjaman24.id adalah website e-comerce spesial peminjaman uang. Website ini memungkinkan kita mengajukan pinjaman via online. Pinjaman uang via online menawarkan kemudahan pengajuan aplikasi, proses cepat tanpa agunan, serta jumlah cicilan perbulan yang sangat ringan. Bisa pilih sendiri jumalh yang diinginkan dan tempo pembayarannya.

Baca juga : Jasa Pinjam Uang Online

Itulah 6 tempat meminjam uang yang bisa dicoba. Perlu diperhatikan, dalam meminjam uang di manapun berada dibutuhkan kejujuran saat memberi informasi dan ketepatan dalam mengembalikan dana. Kita juga harus bijak dalam menaati semua persyaratan yang diberikan oleh tempat meminjam uang ini agar dana pinjaman bisa segera dicairkan.

(Visited 44 times, 1 visits today)
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *