Lakukan Hal Ini Agar Paket Internet Murah Anda Semakin Awet

Setiap orang saat ini pasti membutuhkan internet untuk berbagai keperluan mereka. Mulai keperluan pekerjaan, sekolah sampai sekedar bermain game. Semuanya dilakukan secara online dan membutuhkan paket data. Berbelanja dan komunikasi dengan para kolega juga dilakukan secara online. Hal inilah yang membuat pemakaian data internet terus meningkat.

Paket internet murah
Sumber gambar : pixabay.com

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna internet yang makin meluas, paket internet murah sudah tersedia dimana-mana. Kita tidak perlu susah lagi mencari atau membeli paket internet. Bahkan di toko online sekalipun sudah tersedia paket data internet. Masyarakat jadi sangat dimanjakan karena segala kebutuhan dengan mudah didapatkan tanpa harus bersusah payah. (Baca juga : Belanja Online Sebuah Cara Untuk Memanjakan Diri)

Para provider operator seluler saat ini juga berlomba-lomba bersaing memberikan harga kuota internet yang paling murah untuk memenuhi kebutuhan para pengguna internet. Walaupun demikian, masyarakat tetap merasa kurang karena kebutuhan paket internet yang juga terus meningkat. Segala aktivitas dari internet digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan. Akibatnya terjadi pemborosan.

Agar saldo tabungan tidak terus berkurang seiring pembelian paket internet yang berlebihan, kita seyogyanya bisa berhemat dalam pemakaian kuota internet. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan supaya dapat menghemat pemakaian kuota internet :

1. Log out aplikasi yang tidak digunakan
Kita harus paham jika kuota bisa saja cepat habis karena adanya aplikasi yang masih tersambung walaupun tidak digunakan. Misalnya saja aplikasi facebook, twitter sampai dengan instagram yang terus menerus menghabiskan paket data walaupun tidak digunakan. Supaya bisa lebih hemat dalam penggunaan internet, kita harus log out beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi supaya kuota Anda tidak terus berkurang. Aplikasi Whatsapp mungkin pengecualian, karena itu penting untuk komunikasi.

2. Kurangi kebiasaan streaming
Bagi yang penggemar berat video streaming lebih baik segera kurangi kebiasaan menonton video streeming terus terusan demi keawetan paket data anda. Misalnya saja menonton Youtube, game online ataupun lainnya yang memakan banyak waktu. Ini adalah salah satu kegiatan yang membuat kuota Anda lebih cepat habis. Makanya walaupun Anda membeli paket internet murah tetapi penggunaan diatas tetep dilakukan, pasti akan menimbulkan keborosan.

3. Periksa pengaturan smartphone
Setiap ponsel mempunyai cara pengaturan yang berbeda-beda, hal ini juga bisa berpengaruh pada ketahanan internet Anda. Jika memang Anda tidak terlalu membutuhkan penggunaan internet pada waktu-waktu tertentu, anda bisa mencoba mematikan akses sambungan seluler pada ponsel. Seperti ketika Anda belajar, bekerja atau beristirahat pada malam hari pastikan internet tidak aktif atau tidak bisa digunakan lagi.

Baca juga : Cara Memperbaiki Ponsel Dengan Mode Aman

4. Sesuaikan internet dengan ponsel
Ada beberapa ponsel yang sudah support 4G tetapi ada pula yang belum menggunakan jaringan tersebut. Hal ini pasti akan berpengaruh besar terhadap kehematan atau keborosan paket kuota internet Anda. Jika Anda menggunakan ponsel yang telah support 4G lebih baik gunakan provider yang support jaringan tersebut, jika tidak pasti akan lebih lamban dan penggunaan paket internet lebih boros.

5. Perhatikan ketentuan internet
Jangan menelaah mentah-mentah informasi yang telah diberikan kepada Anda, misalnya saja ketika membeli paket kuota. Model provider sekarang ini menjual dengan sistem kuota perjam, jadi ada jam-jam tertentu yang hanya disediakan 5 GB lalu sisanya pada malam hari ataupun lainnya. Kurang awarenya Anda tersebut terkadang membuat pemakaian kuota semakin boros dan tidak terkendali.

Nah, kelima cara diatas bisa Anda jadikan sebagai cara untuk lebih menghemat pemakaian internet saat ini. Jadi boros atau tidaknya pengeluaran Anda untuk membeli paket internet itu tidak tergantung dari harga yang ditawarkan. Anda akan tetap boros ketika membeli paket internet murah dengan pemakaian yang masih kurang terkontrol. Bahkan sangat ceroboh tanpa memikirkan hal-hal yang menjadi ketentuan dalam penggunaan provider yang tepat dan benar tersebut.

(Visited 4 times, 1 visits today)
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!