Agar Perjalanan Bisnis ke Luar Kota Jadi Lancar dan Menyenangkan

Perkembangan bisnis yang dinamis menuntut kita untuk selalu belajar hal baru. Ada saja ilmu baru yang patut kita kenali dan kita pelajari agar wawasan semakin bertambah. Tak jarang pula kita mesti melakukan perjalanan bisnis ke luar kota untuk menghampiri klien atau mengadakan kesepakatan penting.

Oleh sebab itu, rencana untuk melakukan perjalanan bisnis wajib dipersiapkan secara matang. Lakukan dulu beberapa hal ini demi perjalanan bisnis ke luar kota yang lancar dan menyenangkan :

Menyiapkan Materi Pekerjaan yang Akan Digunakan
Materi pekerjaan yang akan digunakan adalah hal penting yang harus pertama kali disiapkan ketika merencanakan perjalanan bisnis. Jangan lupa menyiapkan sejumlah dokumen, materi presentasi, dan gadget untuk memudahkan proses bisnis. Kita juga wajib menyiapkan salinan dokumen dan menyimpan hardcopy serta soft copy-nya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan bisnis ke luar kota anda.

Gadget untuk bisnis
Salah satu peralatan bisnis (sumber gambar : pixabay)

Pakaian yang Nyaman dan Rapi
Pakaian yang akan dikenakan saat bertemu klien di luar kota tentu harus nyaman dan rapi. Usahakan untuk membawa beberapa potong kemeja, celana panjang, rok, atau blazer yang warnanya netral. Bila pakaian tersebut sudah kusut saat sampai di kota tujuan, sempatkan waktu untuk menggunakan jasa laundry atau setrika uap di hotel. Dengan demikian, penampilan akan kelihatan rapi dan profesional saat berhadapan dengan klien nanti.

Pakaian wanita resmi
Persiapan Baju untuk perjalanan bisnis ke luar kota (sumber gambar : dokumentasi pribadi)

Jangan Lupa Membawa Oleh-Oleh

Membawa oleh-oleh bukanlah suatu kewajiban ketika bertemu klien di kota lain. Namun hal sederhana ini bisa menunjukkan itikad baik kita terhadap klien. Maka nanti relasi dengan klien pun akan terjalin lebih akrab. Kita bisa membawakan oleh-oleh berupa barang atau makanan khas yang tidak mudah basi. Kemaslah oleh-oleh secara rapi dan menarik agar mudah dibawa oleh klien.

Menyiapkan Koper yang Kapasitasnya Memadai

Untuk perjalanan bisnis ke luar kota selama 1 hingga 3 hari, kita tentu tidak membutuhkan koper yang ukurannya terlalu besar. Kita bisa menyiapkan koper berukuran sedang yang kita beli dari MatahariMall. Kita hanya perlu mengakses https://www.mataharimall.com/p-2235/hardcase saja untuk memilih koper yang kita butuhkan. Variasi koper hardcase dengan harga terjangkau siap memenuhi kebutuhan perjalanan bisnis kita.

Koper
Koper untuk bepergian dan perjalanan bisnis ke luar kota (sumber gambar : MatahariMall.com)

Kini kita harus mulai menyiapkan diri dan materi pekerjaan sesaat sebelum memulai perjalanan bisnis. Perjalanan lancar dan menyenangkan, aktivitas bisnis pun bisa dikelola dengan baik. Bagaimana pengalaman perjalanan bisnis ke luar kota anda ? sampaikan di kolom komentar za…..

6 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!