Akhirnya Blogku Resmi Berganti Nama

Awal mula aktifitasku nulis dan ngeblog adalah karena suatu ketidaksengajaan seperti yang saya tulis di sebelumnya dan dapat dibaca di tautan ini . Seiring dengan berjalannya waktu, akhir-akhir ini kepikiran untuk membuat blog dengan nama sendiri tanpa embel-embel blogspot dot com atau wordpress dot com agar terkesan mandiri dan profesional serta nantinya dapat bersaing dengan blog-blog lainnya.

Dari ketiga blog pribadi yang saya kelola yakni
http://munasyaroh.blogspot.co.id  , http://munasyaroh wordpress com dan http://sy4r0h.wordpress.com yang pengen saya ubah menjadi blog dengan domain sendiri adalah yang terakhir karena lebih mencerminkan tentang kesukaan dan keseharianku, namun melihat trafik ketiga blog pribadi tersebut yang sangat berbeda, keputusan akhirnya jatuh pada blog kedua yakni munasyaroh.wordpress.com. Blog tersebut paling tinggi trafiknya dan tentu saja banyak pengunjungnya. Hal itu mungkin karena artikel-artikel didalamnya banyak dicari oleh orang.

blog berganti nama

Setelah hampir sebulan mengamati dan mempelajari berbagai hal tentang dunia blog dan sejenisnya yang juga langsung belajar mempraktekkanya sedikit demi sedikit, akhirnya saya mantap untuk membeli domain dan hosting sendiri. Pilihan jatuh pada penjual/penyewa domain + hosting idwebhost.com.

idwebhost

Ada berbagai pertimbangan yang membuat pilihanku jatuh pada penjual tersebut, disamping karena terpercaya dengan banyaknya ulasan dan cerita pengalaman dari blogger lain yang merasa puas. Pertimbangan lainnya adalah karena penyedia jasa idwebhost.com mempunyai rekening BRI. Maklum sebagai “Orang Desa” hanya Bank tersebut yang ada di Desa dan dekat dengan tempat tinggalku, Bank lain adanya di Kota Kabupaten dan tidak setiap hari bisa pergi kesana karena letaknya lumayan jauh dari rumah.

Karena saya sudah mantap menggunakan jasa idwebhost.com, saya melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke website tersebut dan melakukan pemesanan domain. Tutorialnya sudah sangat banyak di internet.  Mulanya saya pengen domain yang bernama munasyaroh.com agar sama dengan nama blog sebelumnya. Namun setelah membaca ulasan dari para mastah blogger yang menyarankan agar nama blog tidak terlalu panjang biar mudah diingat akhirnya saya memutuskan untuk membeli domain munasya.com yang lebih simple dan nama domain tersebut belum ada yang menggunakan.

Ketika tombol pembelian di idwebhost.com terkirim, berturut-turut ada pemberitahuan lewat sms dan email tentang prosedur dan cara pembayaran. Berhubung saya gaptek dan tidak mengerti beberapa istilah asing saya mencoba balas sms yang masuk dan bertanya. Ternyata pihak Customer Service sangat tanggap dan responsif serta langsung membalasnya. Saya makin yakin untuk melanjutkan prosedurnya.

Setelah mentransfer sejumlah uang yang disebutkan dengan penambahan kode unik di belakangnya, beberapa menit kemudian langsung ada sms dari idwebhost.com bahwa domain saya sudah aktif dan perincianya sudah ada di email. Padahal saya belum melakukan konfirmasi apapun tapi ternyata prosesnya lebih cepat dari yang saya duga. Karena adanya kode unik dibelakang tersebutlah yang membedakan satu pelanggan dengan pelanggan lainnya sehingga proses kepemilikan domain lebih cepat mudah.

Dengan adanya sms tersebut artinya domain saya yakni munasya.com sudah resmi saya miliki. Langkah berikutnya yang harus saya lakukan adalah melakukan setting di blog yang saya miliki.

Setting dan perubahan blog yang saya lakukan tidak memakan waktu terlalu lama. Banyak informasi yang tersebar di internet mengenai panduan penyetingan domain baru. Namun eiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai informasi terutama informasi di dunia maya alias internet cepat sekali berubah. Informasi dari internet tidaklah sepenuhnya benar karena seiring berjalannya waktu banyak perubahan yang terjadi. Perubahan tersebut kadang membuat bingung para pemakainya salah satunya adalah saya. Sebagai langkah antisipasi pembuatan blog dengan domain saya sendiri ini banyak dibantu oleh para customer service dari idwebhost.com yang memberikan arahan sehingga bisa seperti blog yang sekarang ini.

Ada perubahan mendasar yang terjadi di blog saya ini, disamping namanya yang berubah dari munasyaroh.wordpress.com menjadi hanya munasya.com. Platform blog juga berubah dari awalnya yang wordpress dot com menjadi wordpress dot org. Mengenai perbedaan kedua jenis blog ini akan saya jelaskan di postingan selanjutnya menurut persepsi dan pengetahuan saya.

Jangan lupa tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini kedepan. kalau mau bertanya-tanya juga boleh.

One Comment

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!