2 Aplikasi Favorit Yang Digunakan Selama Ramadhan

Smartphone memang dapat mempermudah aktivitas kita. Beragam aplikasi favorit diciptakan untuk membantu pemakainya dalam berbagai kebutuhan. Ada aplikasi khusus untuk belanja online, ada aplikasi untuk berhubungan dengan sesama (medsos), ada aplikasi keuangan, ada aplikasi untuk hobi dan banyak lagi aplikasi-aplikasi lainnya.

Zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, rasanya hampir semua kebutuhan memerlukan aplikasi dalam smartphone. Di smartphone saya saja ada lebih dari 20 aplikasi yang terdownload. Semua aplikasi tersebut meskipun tidak dibuka setiap hari, namun saya perlukan untuk berbagai keperluan. Misalnya GPS untuk penunjuk jalan, M-Banking untuk transaksi keuangan atau Photogrid untuk edit foto.

Aplikasi favorit

Khusus di bulan Ramadhan ini ada 2 Aplikasi favorit yang saya gunakan sehari-hari. Aplikasi tersebut wajib dibuka dan digunakan selama bulan Ramadhan.

1. Alarm

Aplikasi ini sebenarnya adalah aplikasi bawaan Smartphone. Semua jenis smartphone punya aplikasi yang satu ini. Walaupun di hari-hari biasa juga dapat digunakan, namun di Bulan Ramadhan perannya begitu besar.

Aplikasi Alarm

Saya sendiri membutuhkan aplikasi alarm ini untuk bangun dari Sahur. Sengaja saya atur di jam-jam awal dan berulang-ulang supaya kalau susah bangun alarmnya terus-menerus berbunyi. Terkadang kalau masih ngantuk, tangan langsumg mematikannya. Namun dengan pengaturan tertentu, alarm ini bisa berbunyi lagi sehingga bisa benar-benar bangun untuk sahur

2. Al-Qur’an Digital

Salah satu amalan sunnah yang dilipatgandakan pahalanya saat puasa Ramadhan adalah membaca Alquran. Aplikasi Al-Qur’an yang ada di smartphone tentunya sangat membantu menjalankan ibadah tersebut. Saat tadarus Al-Qur’an sebenarnya saya lebih suka menggunakan Al-Qur’an versi cetak. Namun dikarenakan tidak setiap waktu bisa membaca Al-Quran cetak, karena harus membagi waktu untuk melakukan tugas yang lain serta tidak bisa membawa Al-Qur’an kemana-mana, akhirnya aplikasi Al-Qur’an digital ini jadi solusinya.

Aplikasi Al-Qur’an ini dibuat sama persis dengan aslinya. Ada pembagian juz dan surat, pilihan Tajwid berdasarkan warna dan juga ada terjemahannya juga. Dengan aplikasi Al-Qur’an, saya bisa tadarusan dimana saja tanpa perlu khawatir ayatnya terlewati karena aplikasi bisa diatur sedemikian rupa sesuai ayat terakhir yang dibaca. Saat sedang halanganpun, saya tetap bisa mendengarkan murotalnya.

Aplikasi Al-Qur'an

Jika sedang menggunakan aplikasi Al-Qur’an ini, smartphone saya setel mode pesawat supaya bisa fokus dan tidak terganggu aneka notifikasi dari smartphone. Jika sudah selesai tadarusan, smartphone dikembalikan ke mode normal.

Selain 2 Aplikasi tersebut, aplikasi lainnya juga tetap saya gunakan. Namun tidak saya jadikan aplikasi favorit selama bulan Ramadhan. Kalau anda, aplikasi apa kira-kira yang menjadi favorit selama Ramadhan??

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!