ASUS ROG GX800, NOTEBOOK PALING FANTASTIS

Prosesor Intel Core adalah salah satu seri prosesor terbaik saat ini. Prosessor Intel Core memiliki kinerja sangat tinggi, gambar lebih jelas dan hidup serta memiliki efisiensi energi yang lebih baik. Daya tahan baterai yang lebih lama memberikan pengalaman yang menakjubkan dalam bekerja. Prosesor Intel Core diciptakan untuk mendukung setiap pekerjaan dengan lebih cepat dan multitasking.

Asus sebagai salah satu brand ternama bidang teknologi, telah lama membenamkan kecanggihan prosesor Intel Core pada perangkat ciptaannya. Melalui mottonya Search of Incredible, ASUS telah benar-benar memberikan perangkat teknologi yang memudahkan penggunanya melakukan aktifitas sehari-hari baik pekerjaan maupun hobi. Para pengguna ASUS serasa dimanjakan dengan hadirnya produk-produk ASUS yang berkualitas.

Salah satu teknologi terbaru yang baru dikeluarkan adalah Asus ROG GX800. Produk ini adalah satu-satunya notebook gaming di dunia yang memiliki sistem watercooling terpisah dan didukung dengan spesifikasi yang mumpuni dan tentunya prosessor Intel core di dalamnya.

ASUS ROG GX800 merupakan notebook gaming yang diciptakan untuk menaklukkan semua konten gaming dari yang level ringan dan simpel hingga yang level paling berat sekalipun. Notebook ini layak memegang sebutan sebagai laptop paling fantastis di dunia. Hal itu dikarenakan adanya berbagai kelebihan, spesifikasi dan inovasi yang diusung oleh perangkat ini.

Apa saja yang membuat ASUS ROG GX800 layak untuk disebut sebagai laptop paling fantastis? Berikut ulasannya

FANTASTIS DESAINNYA

Asus ROG GX800 bodynya di desain dengan sangat unik dan terlihat keren. Tampilan fisiknya yang garang dan mengintimidasi membuat banyak mata tertarik untuk mendekatinya. Meskipun belum tahu dalamnya seperti apa, tapi melihat desainnya pasti sudah jatuh cinta. Desainnya benar-benar berbeda dibanding dengan perangkat notebook lainnya.

Notebook dengan pendingin watercooling terpisah ini memiliki warna mewah metallic grey atau abu-abu mengkilap. Pada bagian tengah, terdapat logo ASUS beserta dua garis tegas dengan sudut kemiringan sekitar 70 derajat yang bisa menyala dengan sangat keren.

Desain Asus ROG GX800 yang unik dan fantastis

Panel LID atau covernya terbuat dari alumiunium, begitu juga dengan area keyboard serta palm rest. Sementara bodi bagian bawah, khususnya cover penutup untuk mengakses kompartemen bagian dalam tempat menyimpan HDD, SSD, dan RAM terbuat dari material plastik khusus.

 FANTASTIS TEKNOLOGINYA

Teknologi dalam Asus Rog GX800 meneruskan teknologi watercooling yang pertama kali diperkenalkan pada seri ASUS ROG sebelumnya yakni Asus ROG GX700. Namun pada seri ini, Asus mendesain ulang pendinginnya agar aliran pendingin mampu mengalir sekaligus ke CPU dan dua GPU-nya sehingga hasilnya lebih fantastis.

Seri ROG memang ditujukan sebagai perangkat gaming. Jika biasanya penggunaan laptop untuk game bisa membuat perangkat cepat panas, kondisi berbeda terlihat pada ASUS ROG GX800 dan pendahulunya ASUS ROG GX700. Penggunaan ASUS ROG secara terus menerus tidak akan membuat perangkat cepat panas berkat teknologi watercooling yang terdapat didalamnya. Asus Rog GX800 siap melahap game apapun tanpa perlu kuatir meledak karena kepanasan.

Cara kerja dari docking yang disebut dengan Hydro Overclocking Station atau watercooling adalah dengan cara mengalirkan cairan yang berasal dari tangki melalui tabung selang yang didorong oleh pompa menuju ke dalam perangkat untuk mendinginkan sistem yang sedang bekerja. Setelahnya, cairan panas yang telah mendinginkan sistem dialirkan lagi keluar sistem dan kembali menuju docking untuk mendinginkan temperatur. Panas akan dibuang keluar melalui lubang ventilasi pada radiator.

Desain radiator water cooling dibuat dengan proses manufaktur yang sama dengan sistem pendingin yang ada pada sebuah mobil. Hal itu dilakukan agar dapat memberikan penyegaran dan pendinginan yang maksimal. Water cooling-nya pun sangat mudah digunakan, karena pengguna hanya tinggal mengaitkan konektor yang ada di docking dengan notebook.

Terlepas dari komponen dengan performa kelas atas, kelebihan yang ditonjolkan Asus di GX800 juga terletak di software bawaan bernama Gaming Center. Software ini menjawab keinginan pengguna yang juga menyukai kegiatan overcloking.
Gaming Center memiliki beberapa template yang bisa dipilih, mulai dari optimize yang akan menyesuaikan performa dengan kebutuhan sistem, hingga extreme, di mana GX800 akan didongkrak kecepatan prosesornya sampai menembus angka 4,6 GHz. Jadi Gaming Center memungkinkan overclocking hanya dengan beberapa klik.

Meski begitu bagi pengguna yang advance atau merasa dirinya sudah mahir overclocking, Gaming Center juga meyiapkan pilihan untuk melakukan oprek secara manual.

FANTASTIS SPESIFIKASNYA

Meski penampilan luar dari Asus Rog GX800 dan seri notebook gaming premium ASUS yang lain hampir sama persis, namun hal ini tidak terjadi pada komponen bagian dalamnya. Komponen dalam GX800 merupakan perangkat teknologi terbaru. Hampir bisa dibilang, ASUS ROG GX800 bermandikan teknologi anyar yang paling update sekarang ini.

Asus menyematkan Intel Core i7-7820HK dengan prosesor yang dapat di-overclock hingga 4,6 GHz pada seri ROG GX800 ini. Dengan spesifikasi yang tinggi ini sangat berpengaruh besar terhadap kinerja dan processing speed notebook secara keseluruhan. Diantaranya dapat lebih meningkatkan frame rate (FPS) pada game dan juga mempercepat waktu rendering 3D/video editing atau berbagai aplikasi boros energi lainnya.

Notebook ini sekaligus menyuguhkan rentetan teknologi mutakhir yang paling canggih saat ini. Berbekal  operasi Windows 10 yang telah ditingkatkan kemampuannya, ASUS ROG GX800 tidak hanya sekedar menjadi mesin game untuk para hardcore gamer, namun juga menjadi perangkat paling fantastis saat ini.

Spesifikasi lengkap ASUS ROG GX800 dapat dilihat di bawah ini.

  • CPU: Intel® Core™ i7-7820HK processor overclock up to 4,6 GHz
  • OS: Windows 10 Home
  • Memory: 64GB DDR4 up to 2800MHz
  • Storage: M.2 PCIEX4  NVMe 512G*3 RAID 0
  • Display: 18.4” Anti Glare UHD IPS LED backlight (3840X2160) with G-SYNC
  • Graphics: NVIDIA® GeForce® GTX 1080 SLI with 16GB GDDR5 VRAM
  • Input/Output: 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 3 x USB 3.0 port(s), 2 x USB 3.1 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI, 1 x Thunderbolt
  • Camera: Built-in HD camera dan array mic
  • Connectivity: Integrated 802.11ac, BT 4.0 support 
  • Audio: Built-in Speakers and Analog Microphone, Built-in Azzalia Compliant audio cipta, SonicMaster, Built-in Sobwoofer,  4 speakers, ESS Sabre Headphone DAC to enhance audio performance.
  • Dimensi: 45.8 x 33.8 x 4.34 ~ 4.74 cm
  • Baterai: 74WHrs, 4S2P, 8 Cell Li-ion Battery pack
  • Keyboard: Mechanical Keyboard with RGB LED
  • Aksesoris: GX800VH Liquid Cool Docking, Gaming Mouse, Gaming Suitcase, Backpack Bag, dan Antenna
  • Garansi: 2 tahun penuh global warranty
FANTASTIS KELENGKAPANNYA

Untuk mendukung kenyamanan dan meningkatkan pengalaman bermain, notebook ini dilengkapi dengan keyboard RGB yang memiliki fitur anti-ghosting 30 roll over keyboard dan mechanical switch. Dengan dukungan teknologi ROG AURA, pengguna dapat melakukan pilihan kustomisasi hingga 8 juta pilihan warna.

Notebook ini juga dipastikan sudah mendukung kemampuan memainkan konten gim Virtual Reality (VR). Pengguna cukup menyambungkan layar dengan dua monitor 4K menggunakan Display Port 1.3 atau langsung dapat menghubungkannya dengan satu layar beresolusi 8K.

Sementara di dalam notebook terdapat sebuah fan yang cukup besar. Daya rotasi dari kipas tersebut dapat disesuikan untuk memberikan hasil yang maksimum. Tentu saja saat Anda menggunakannya untuk bermain game berat tanpa docking, harusnya menyetel fan-nya mentok diangka 100 persen. Namun hal ini akan memberikan ekses berupa suara yang cukup berisik. Wajar, tenaga dan daya putar kipas memang harus besar untuk menenangkan berbagai komponen buas di dalamnya.

Tidak hanya CPU-nya saja yang sanggup di overclock, namun GPU-nya pula mampu dimaksimalkan kemapuannya. Sang GPU dapat di overclock mencapai 2,1GHz melalui ASUS Gaming Center. Anda pun dapat memainkan semua jenis game berat yang sudah disupport dengan fitur 4K dengan nilai FPS mencapai di atas 60.

Notebook paling fantastis ini, memiliki port HDMI 2.0 untuk memfasilitasi monitor 4K dengan tingkat refresh rate 60Hz. Adapula display port 1.3 yang mendukung 8K monitor (60 Hz) atau dual 4K monitor 60Hz. Ada 2 buah USB 3.1 Type C yang telah mendukung Thunderbolt 3.0, 3 buah USB 3.0 Type A, Headphone jack, mic jack, WiFi Antena eksternal serta 2-1 card reader. Tidak lupa juga LAN port dan Kensington lock.

Asus ROG GX800
Kelengkapan Asus ROG GX800 yang fantastis

FANTASTIS DAYA TARIK VISUALNYA

 

Selanjutnya adalah VGA atau pengolah grafis tampilan visual. Demi mengimbangi prosesor fantastis dan berbagai spesifikasi yang diusungnya, Asus membenamkan chip grafis Nvidia GTX 1080 pada seri ROG GX800 ini. Tak hanya satu, tapi dua sekaligus yang terhubung secara SLi, dengan total VRAM GDDR5X sebesar 16 GB.

Belum lagi gamer juga bakal dimanjakan dengan bentang layar seluas 18,4 inch, yang punya resolusi 4K (3840×2160 pixel). Layar ini memang tergolong cukup besar untuk ukuran notebook. Tetapi, memang terasa pas mengingat perangkat ini adalah komputer jinjing untuk kebutuhan bermain game kelas premium yang diperuntukan untuk hardcore gamer.

Display layarnya telah dibenamkan teknologi finishing matte yang berguna untuk membuat mata penggunanya tidak cepat lelah saat menggunakan dalam jangka waktu cukup lama. Jenis layar seperti ini pun juga membantu mereduksi pantulan sinar cahaya dari luar arah belakang secara signifikan.

Tampilan dan Display Asus ROG GX800 yang memukau

Dengan panel beresolusi Ultra HD alias 4K (3840X2160), layar ROG GX800 telah dilengkapi dengan tingkat refresh rate 60Hz. Artinya layar mampu menampilkan sebanyak 60 gambar per detiknya. Tipe notebook yang berbekal kartu grafis mutakhir seperti ASUS ROG GX800 ini memang sepantasnya diimbangi dengan layar berteknologi mumpuni agar kualitas gambar yang dihasilkan mampu ditransmisikan dengan baik.

Pabrikan ASUS juga melengkapi seri ROG GX800 ini dengan teknologi NVIDIA G-SYNC di dalamnya. NVIDIA G-SYNC adalah sebuah fitur yang ditempatkan pada layar dari NVIDIA. G-SYNC memperhalus gerakan gambar dengan menyesuaikan refresh rate layar dengan refresh rate yang dihasilkan oleh GPU, sehingga layar yang sudah menggunakan teknologi ini bisa dipastikan memiliki gerakan yang lebih mulus dan mampu mengeliminasi gerakan patah-patah (screen tearing) yang diakibatkan oleh ketidak-cocokan refresh rate antara layar dan GPU.

Agar gambar yang dihasilkan oleh layar ini lebih baik lagi, pabrikan asal Taiwan ini juga memberikan teknologi in-plane switching atau yang biasa disebut dengan IPS. Seperti diketahui, teknologi ini mulai banyak digunakan pada banyak perangkat, termasuk smartphone. Karena menawarkan akurasi dan reproduksi gambar yang lebih baik, IPS sangat cocok untuk hal-hal seperti, fotografi, desain grafis, konten game 3D, hingga membuat film. Layar IPS ini juga mendukung sudut pengelihatan yang lebih besar yakni 178 derajat baik dalam keadaan vertikal maupun horizontal.

Keuntungannya, dari sisi gamer, mereka bisa mendapatkan posisi terbaik dan ternyaman dari suduh manapun yang diinginkan. Tentunya dengan hal itu, para gamers akan lebih mudah mempertontonkan kehebatannya pada khalayak ramai.

Di dalam display pun telah disematkan teknologi bernama Spendid Display. Fitur yang sangat menyenangkan ini, mempunyai empat buah mode yang bisa dipergunakan pengguna untuk menyetel layar agar nyaman ketika dipergunakan. Empat mode tersebut antara lain, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.

FANTASTIS SUARANYA

ASUS juga memberikan fitur dual array microphones pada seri Rog GX800800 ini. Dual array microphones dapat menangkap suara dengan jernih tanpa harus terganggu suara lingkungan yang berisik di suatu tempat.

Teknologi Noise Supression yang dimiliki ASUS juga dapat melakukan penyaringan polusi suara yang dihasilkan pengguna seperti suara ketika mengetuk papan ketik, suara kipas notebook hingga audio yang dikeluarkan game itu sendiri.

FANTASTIS TANGGUHNYA

Kelahiran dari ASUS ROG GX800 diawali dari sebuah ide dasar untuk mewujudkan sebuah komputer mobile yang performanya menyamai perangkat desktop. Produk dari ASUS sudah dikenal tangguh pada segala medan sehingga tidak perlu khawatir ketika membawanya mobile ke sana-sini. Jadi dengan segala kelebihannya, ASUS ROG GX800 dipastikan juga tangguh di segala macam kondisi pengoperasiannya.

Berikut beberapa hasil Screenshoot benchmark dari Asus GX800 ini pada saat mode extrem atau mode tertinggi dari notebook ini.

FANTASTIS PUASNYA

Dalam implementasinya sebagai sebuah notebook, ASUS ROG GX800 merupakan perangkat yang cukup portable. Meskipun berat dan dimensinya sedikit merepotkan jika dibawa kemana-mana, tapi notebook ini adalah teman ideal bagi para gamer yang benar-benar membutuhkan performa.

Tren menggunakan laptop gaming booming semenjak banyak orang yang memanfaatkan jaringan internet untuk bermain game secara online. Bahkan mereka sampai memamerkan permainannya lewat YouTube dan menjadi terkenal.

Untuk mendukung kepuasan penggunanya, ASUS ROG GX800 telah dilengkapi dengan WiFi antena eksternal yang kemampuan dan kecepatannya dalam menangkap sinyal cukup mumpuni dibanding WiFi antena standar. ASUS telah mengklaim bahwa daya jangkau antena eksternal dalam menangkap sinyal dapat di boost hingga 50 persen lebih baik daripada antenna standar. Hal ini memudahkan para gamers saat hendak memainkan game online saat tidak menggunakan LAN.

Selain performa notebook tinggi untuk mendukung gaming experience pengguna, ASUS juga memberikan fitur ASUS GameFirst III yang akan mengoptimalkan koneksi internet untuk kebutuhan gaming dibandingkan dengan kebutuhan lainnya yang tidak mendukung kebutuhan gaming. Sehingga kita tidak perlu takut untuk menjalankan aplikasi lain di background, atau sambil mendownload file dari internet ketika bermain game, karena bandwidth internet akan diutamakan untuk kebutuhan bermain game.

FANTASTIS HARGANYA

Mengacu kepada segala kelebihan dan spesifikasi yang dibenamkan pada ASUS ROG GX800, harga yang ditawarkan tak main-main. Asus membanderol notebook ini dengan harga yang sangat fantastis yakni sekitar Rp 95 jutaan. Harga ini hampir setara dengan sebuah mobil.

Dari review dan ulasan diatas, patutlah penulis memberikan gelar ASUS ROG GX800 sebagai notebook paling fantastis saat ini. Selama belum ada vendor lain atau tipe lain yang memberikan kekuatan lebih pada perangkat gamingnya, notebook Asus Rog GX800 akan tetap bergelar paling fantastis saat ini. Setujukah Anda? Silahkan berikan pujian, sanggahan atau pertanyaan di komentar.

11 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!