Bingung Mau Liburan Kemana? Ayo ke Wisata Alam Gosari Saja

Lagi musim liburan neh, kira-kira punya cerita apa za buat ngisi liburannya? Kalau saya mau nyeritain liburan di akhir Desember kemarin bersama anak-anak Tbm Bintang Brilliant di Wisata Alam Gosari atau yang dikenal dengan nama WAGOS Gresik. Di tempat tersebut saya bersama yang lainnya bisa berwisata, piknik dan bermain bersama dengan gembira. Tak lupa juga berfoto ria bersama.

Wisata Alam Gosari Gresik
Salah satu sudut di Wisata Alam Gosari

Di bidang pariwisata, Gresik yg merupakan tetangganya Lamongan mungkin tak sepopuler Kota Batu atau Malang. Tapi Gresik juga punya banyak tempat wisata mulai dari wisata pantai, wisata waterpark, wisata religi, wisata belanja hingga wisata alam.  Semuanya lengkap dan ada. Salah satu Wisata Alam yg lagi hits banget di Gresik dan saya ulas disini adalah Wisata Alam Gosari atau Wagos yang berlokasi di Desa Gosari Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik.

Bagi yang ingin berlibur menikmati hawa segar pedesaan yang asri sambil berburu foto kekinian, bisa banget datang kesini. Saya sendiri sudah merasakan asyiknya berlibur di Wagos akhir tahun kemarin. Walaupun termasuk tempat wisata baru, yang berbeda konsep dengan  Kampung Jodipan Malang, namun pengunjungnya lumayan banyak.

Wisata Alam Gosari Gresik
Beberapa spot foto di Wisata Alam Gosari

Biaya tiket yg murah namun dengan kualitas yang eksotis, membuat Wagos dijadikan destinasi wisata yang hits dan banyak diminati wisatawan. Tiketnya hanya 5 ribu rupiah saja untuk dewasa. Sedangkan untuk anak-anak gratis. Parkir motornya 5 ribu dan parkir mobil 10 ribu.

Selain ada spot-spot foto yang keren, disana juga kolam renang mini, taman bunga, pusat kuliner yg murah meriah dan juga terdapat alun-alun Dolanan yang unik dan asyik. Jika selama ini saya selalu dimanjakan dengan berbagai teknologi gadget sehingga melupakan banyak mainan masa lalu, di Wagos kemarin saya bisa kembali menikmati masa lalu melalui berbagai permainan tradisional yang dikemas dalam konsep Outbound.

Ada permainan panahan, lempar sarung, gapyak, dan masih banyak lagi lainnya. Permainan masa kecil ini tentunya seru dan menyenangkan. Cocok banget buat tempat edukasi anak-anak dan dapat melupakan gadget dalam sehari.

Spot-spot foto yang tersedia di Wagos membuat saya betah berlama -lama di tempat tersebut. Dari mulai selfie disana sini, jalan jalan kesana kemari hingga piknik bersama dan juga bermain melampaui permainan telah saya lakukan bersama keluarga, tetangga dan semuanya. Sayangnya kolam renang yang dibangun tidak begitu luas dan hanya bisa digunakan oleh anak-anak. Andaikan dibangun lebih luas dan ada skat buat dewasa & anak-anak tentu saya bisa nyebur sepuasnya.

Dari pusat Kota Gresik, Wisata Alam Gosari lokasinya cukup jauh, namun dari tempat tinggal saya di Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan lokasinya tidak seberapa jauh. Hanya 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Lokasinya yang mudah dijangkau dan sudah masuk dalam Google maps membuat siapa saja dapat dengan mudah menemukan lokasinya, bahkan orang yang belum pernah kesana sebelumnya seperti saya, bisa langsung sampai lokasi tanpa nyasar kemana-mana.

Wisata Alam Gosari kondisinya masih asri dan alami, masih banyak pepohonan hijau nan rindang yang menghiasi. Saya bisa bersantai sambil menikmati suasana yang aman dan nyaman di sana. Meskipun cuaca di Gresik terkenal panas, tetapi karena ada banyak pepohonan yang rindang, suhu udaranya cukup adem. Apalagi ketika ada angin yang berhembus sepoi -sepoi, hawa segar langsung terasa. Beda jauh dengan hawa di Kebun Kurma Pasuruan.

Di Wisata Gosari saya bisa berfoto di spot-spot dari bahan kayu yg sengaja dibangun disana. Konsep spot fotonya berbeda-beda. Ada rumah hobbit, rumah kerucut, kincir angin, dan lain-lain. Ada pula spot foto berupa sarang burung raksasa, sayap burung , gardu pandang , dan lain -lain. Yang paling saya sukai tentunya spot foto sayap burung yang membuat saya jadi seperti makhluk bersayap.

Wisata Alam Gosari
Foto di Wisata Alam Gosari

Adanya spot-spot foto yang tersedia membuat tempat wisata ini diminati wisatawan. Di wisata ini juga terdapat sebuah sendang pancuran yang dipercaya dapat mengobati penyakit. Benar tidaknya itu tergantung kepercayaan. Untuk sementara, wisata sendang pancuran belum dikomersilkan sehingga pengunjung bisa masuk tanpa dipungut biaya. Saya sendiri belum berkesempatan mendekat dan berfoto di sendang ini karena sibuk mengurus anggota rombongan yang saya bawa.

Wisata Alam Gosari atau Wagos Gresik tercipta berkat kreativitas pemuda desa setempat yg membuat tempat biasa menjadi luar biasa. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, konsep rumah kayu yg dibuat tersebut ternyata dari bahan kayu bekas dan akar pohon yang sudah tidak terpakai lagi. Bahannya mudah didapatkan di sekitar desa tersebut. Ide yang kreatif banget kan…..

Ayo segera realisasikan liburannya dengan cerita wisata di Wisata Alam Gosari atau #WagosGresik.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!