Beberapa Alasan Pentingnya Asuransi Jiwa Yang Perlu Diketahui

Sebelum membahas mengenai pentingnya asuransi jiwa, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Asuransi Jiwa. Asuransi jiwa adalah Asuransi yang bertujuan menanggung orang terhadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggalnya terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama.

Ada banyak sekali manfaat penting dari asuransi jiwa, namun banyak yang belum mengetahuinya. Jika dianalogikan, asuransi jiwa sering diumpamakan seperti payung di rumah. Dimana payung tersebut sangat dibutuhkan karena berguna pada saat tertentu, tetapi seringkali tidak terpikirkan ketika keadaan aman. Jadi asuransi jiwa merupakan kebutuhan yang sangat perlu dipunya untuk mengantisipai situasi atau keadaan yang tidak diinginkan terjadi.

Pentingnya asuransi jiwa
Asuransi jiwa diibaratkan seperti payung (sumber gambar : pixabay.com)

Jika membahas mengenai asuransi jiwa, maka yang terlintas adalah kebutuhan orang tua. Kaum muda tidak begitu membutuhkannya. Hal ini cukuplah beralasan karena Asuransi jiwa memang identik dengan orang tua. Namun ternyata anggapan ini salah. Meskipun kita masih muda, masih sehat dan masih bisa melakukan banyak hal, asuransi jiwa tetaplah dibutuhkan.

Ketidaktahuan tentang pentingnya asuransi membuat banyak orang menyepelekan adanya asuransi jiwa. Berikut ini adalah alasan pentingnya asuransi jiwa yang perlu diketahui

1. Asuransi jiwa Membuat Diri Lebih Disiplin

Bagi kaum muda di usia produktif, banyaknya penghasilan yang diterima setiap bulannya cenderung membuatnya menjadi orang yang boros dan konsumtif. Penghasilan yang banyak terkuras untuk hal yang sia-sia. Penyesalan baru datang saat sudah tidak produktif dan tidak punya apa-apa.

Untuk menghindari hal tersebut, pembiayaan berbentuk asuransi bisa menjadi solusi yang tepat. Keharusan membayar premi asuransi tiap bulan membuat kita bisa lebih disiplin dalam mengelola keuangan. Pendapatan tidak akan habis sia-sia. Premi tersebut nantinya juga dapat kita gunakan sebagai investasi di masa depan. Ada jaminan keuangan dan keamanan disaat sulit atau saat sudah tidak produktif lagi.

Pentingnya asuransi jiwa
Sumber gambar : pixabay.com

2. Memberi Proteksi Pada Diri Sendiri dan Keluarga

Salah satu cara untuk tetap menjaga diri sendiri dan keluarga, adalah dengan memiliki asuransi. Asuransi dapat menjamin biaya perawatan kesehatan dari mulai rawat inap, penyakit kritis, hingga meninggal dunia.

Hidup memang selalu punya rahasianya sendiri. Sama Seperti musibah atau kecelakaan, kita tidak pernah tahu kapan dan di mana terjadi. Jika hal tersebut terjadi, akan ada biaya-biaya yang kita keluarkan untuk pengobatan di luar anggaran yang kita buat. Di saat seperti itulah peran asuransi jiwa dibutuhkan. Asuransi diperlukan untuk mengkover segala biaya-biaya pengobatan yang harus dikeluarkan ketika ada musibah terjadi.

Bahkan ketika pemilik asuransi yang juga berperan sebagai pencari nafkah mendapatkan musibah yang menyebabkan dirinya tidak mampu lagi bekerja atau bahkan sampai meninggal dunia, asuransi akan membantu mengatasi masalah keuangan keluarga.

3. Kematian Merupakan Hal Yang Pasti

Salah satu hal yang pasti didunia ini adalah kematian. Namun seperti bertolak belakang dengan kalimat tersebut adalah satu hal yang tidak pasti adalah waktu kematian itu sendiri. Pernahkah kita membayangkan jika sewaktu-waktu kita meninggal dunia secara tiba-tiba, namun kita masih mempunyai banyak tanggungan biaya yang harus diselesaikan. Atau kita masih punya kewajiban menanggung biaya anggota keluarga lainnya. Siapakah yang akan membiayai dan menyelesaikan masalah keuangan tersebut? Apakah masih harus membebani orang lain?

Bagi yang memiliki asuransi jiwa mungkin hal ini tidak akan terlalu mengkhawatirkan, karena pada dasarnya Asuransi jiwalah yang akan mengatasinya masalah ini. Asuransi jiwa memungkinkan keluarga membayar berbagai biaya serta hutang yang mungkin masih tersisa.

4. Memberi Ketenangan Batin

Alasan lain pentingnya asuransi jiwa yang perlu diketahui adalah, asuransi jiwa saat ini dapat memberi pemiliknya ketenangan batin. Pemilik asuransi akan tenang karena mengetahui keluarganya tidak akan terlantar saat sesuatu yang tidak terduga terjadi seperti musibah kematian atau kecelakaan parah.

5. Investasi di masa depan

Biasanya ada paket asuransi yang sudah termasuk dengan investasi berupa reksadana atau saham. Beberapa perusahaan asuransi, mempunyai produk asuransi yang juga investasi, baik berupa reksadana atau saham. Nah, tidak ada salahnya jika mulai sekarang kita sisihkan uang kita untuk berinvestasi dalam bentuk asuransi.

Keunggulan investasi di asuransi adalah dapat menjaga nilai uang dari inflasi. Hal ini berbeda dengan tabungan pada umumnya yang sering kali terkena inflasi dan selalu terkena biaya admin. Diantara banyak produk asuransi, kita bisa mencari produk terbaik untuk menjamin kesehatan dan perlindungan terhadap kondisi penyakit, hingga usia 80. Hal itu akan memberi keuntungan tersendiri, selain kesehatan terjaga, kita juga memiliki dana yang dapat dikembangkan sebagai dana pensiun.

Demikianlah beberapa alasan pentingnya asuransi yang perlu diketahui. Semoga dengan mengetahui pentingnya asuransi jiwa ini, kita bisa memikirkan lebih lanjut keberlangsungan kehidupan kita dan keluarga di masa depan. Jika Anda bisa memilikinya sekarang, kenapa harus menunggu besok atau nanti?

4 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!