Beragam Manfaat Daun Bayam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang paling terkenal dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Semua orang pasti tahu yang namanya Bayam ini. Namun manfaat daun bayam untuk kesehatan dan kecantikan jarang diketahui masyarakat. Padahal manfaatnya banyak sekali. Biasanya daun bayam hanya digunakan sebagai sayur temannya nasi dan lauk. Jarang sekali orang yang mengolah daun bayam menjadi jus atau masker.

Manfaat daun bayam untuk
Daun bayam

Tanaman bayam memiliki nama latin
Amaranthus spp, asalnya adalah dari Amerika. Namun di Indonesia sudah berkembang biak ke seluruh pelosok wilayah. Pada postingan ini akan dibahas sejuta manfaat daun bayam untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bisa memberikan pencerahan sekaligus pengetahuan bagi para pembaca blog ini.

Manfaat Daun Bayam Untuk Kesehatan

Manfaat daun bayam untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Kandungan zat besi yang terdapat pada daun bayam cukup tinggi. Zat besi tersebut memiliki peran sentral dalam fungsi sel-sel darah merah dan dapat membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, produksi energi serta sintesis DNA. Orang yang kekurangan zat besi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daun bayam bisa digunakan sebagai sayuran maupun jus.

Kandungan asam folat dan asam oksalat pada daun bayam dapat digunakan untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Seperti : menurunkan kadar kolesterol, mencegah sakit gusi, mengobati eksim, asma, hingga pencegahan kanker. Serat yang cukup tinggi pada bayam juga sangat bagus untuk pencernaan. Dengan mengkonsumsi daun bayam, penyakit seperti sembelit, jantung, stroke, dan persoalan yang berkaitan dengan tekanan darah serta pembuluh darah bisa diatasi.

Manfaat daun bayam
Daun bayam

Ketika membahas tentang manfaat daun bayam untuk kesehatan, peran daun bayam dalam pemeliharaan kesehatan tulang juga tidak bisa diabaikan. Daun Bayam mengandung Vitamin K yang penting dalam menjaga kesehatan tulang. Bayam juga kaya akan nutrisi seperti kalsium dan magnesium, yang memainkan peran penting dalam mendukung kekuatan tulang.

Baca juga : 5 Tanaman Untuk Mengobati Kanker Serviks

Para penggemar Tanaman Obat Keluarga (Toga) dapat menjadikan bayam sebagai salah satu koleksinya. Sebagai pengobatan tradisional, daun bayam dapat digunakan untuk mengobati sakit karena sengatan lipan maupun serangan ulat bulu. Jika anda terkena sengatan lipan atau ulat bulu, segera ambil daun bayam segar, tumbuk atau haluskan daun bayam tersebut lalu tempelkan pada luka akibat gigitan binatang berbisa. Diamkan beberapa saat dan anda bisa lihat langsung reaksinya.

Manfaat Daun Bayam Untuk Kecantikan Kulit

Daun bayam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan wajah. Kandungan vitamin A, C, K, E, serta B yang dimiliki oleh daun bayam bermanfaat untuk melindungi kulit kita dari bahaya paparan sinar matahari.
Selain itu, bayam juga dapat membantu tubuh menjaga keseimbangan pHnya sehingga kesehatan kulit wajah tetap terjaga. Daun Bayam juga bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti jerawat dan penuaan dini yang ditandai dengan datangnya keriput serta garis halus.

Cara untuk memutihkan wajah dengan daun bayam cukup praktis. Anda hanya perlu mengolahnya menjadi masker wajah. Caranya adalah dengan menghaluskan 1 genggam daun bayam dan mencampurnya dengan 1 sendok makan madu serta 1 sendok makan minyak zaitun. Campur 3 bahan tersebut hingga rata lalu gunakan pada seluruh bagian wajah seperti pemakaian masker pada umumnya. Diamkan kurang lebih 20-30 menit sampai terasa kering dan bilas dengan air dingin.

Untuk menyembuhkan jerawat yang membandel, anda bisa mencoba menggunakan masker bayam. Caranya juga relatif mudah. Haluskan daun bayam dan tambahi sedikit air, bisa ditumbuk atau diblender. Oleskan masker bayam ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih. Masker dari daun bayam ini dapat membersihkan kotoran dan minyak di wajah sehingga kulit terasa lebih bersih dan keset.

Baca juga :

Daun Bayam juga dapat diblender dan dijadikan jus yang nikmat. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun bayam dapat membantu menghilangkan radikal bebas pada kulit, mengurangi risiko penuaan dini dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Mengkonsumsi jus bayam dapat membantu sel-sel kulit beregenerasi dengan baik.

Manfaat daun bayam
Jus daun bayam

Manfaat daun bayam untuk kecantikan juga bisa dilihat dari kandungan vitamin K dan folat yang terkandung didalamnya. Kandungan vitamin K dan folat dapat membantu menghilangkan lingkaran bawah mata dan memar-memar di bagian kulit lainnya. Dengan seiring waktu konsumsi daun bayam secara rutin, akan membuat kulit tubuh terlihat lebih sehat dan cerah. Bagi yang sering mengalami kulit gatal dan kering, disarankan untuk mengonsumsi jus bayam juga. Jus bayam dapat membantu mengatasi masalah-masalah kulit tersebut.

Demikianlah manfaat daun bayam untuk kesehatan dan kecantikan. Di samping memiliki beragam manfaat, daun bayam juga memiliki keterbatasan dan kekurangan. Jangan sampai anda salah dalam pengolahan maupun penyajian. Anda harus bisa Mengolah Sayur Bayam Yang Benar Supaya Tidak Keracunan.

13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!