Berbagai Manfaat Blogwalking Yang Sudah Saya Rasakan

Tak terasa sudah 2 tahun lebih saya mendalami dunia blogger. Aktivitas ngeblog yang dulunya hanya saya gunakan buat senang-senang dan menyalurkan hobi, sekarang ini sudah bisa menghasilkan pundi pundi rupiah yang lumayan. Saya jadi ingin terus belajar dan mendalami segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia perbloggingan. Apalagi setelah tau dan menggunakan hosting terbaik dari Niagahoster, ngeblog jadi makin semangat.

Dalam dunia blogging, telah dikenal sebuah aktivitas yang bernama Blogwalking. Ada banyak sekali manfaat blogwalking yang sudah saya rasakan hingga saat ini. Sebelum lanjut ke pembahasan, pengen sedikit menjelaskan apa sih blogwalking itu ?

Bagi para master dan orang-orang yang sudah berkecimpung di dunia blogger tentu tidak asing dengan istilah ini. Namun bagi mereka yang pemula dan tidak tahu dunia blogger, pastinya kebingungan jika disodori istilah ini. Blogwalking merupakan sebuah istilah yang digunakan seorang blogger kala mengunjungi blog lain yang menarik atau memiliki topik bahasan yang sama dengan blog yang dimiliki. Aktivitas kunjungan blogger ini diakhiri dengan meninggalkan komentar pada kolom yang disediakan dalam blog yang dikunjungi. Saat berkomentar, blogger menuliskan namanya dan juga menanam link menuju blognya.

Apa Manfaat Blogwolking?

Meskipun terlihat sederhana, namun aktivitas blogwalking juga memiliki berbagai manfaat ekstra untuk blog yang dikunjungi dan juga orang yang mengunjungi. Manfaat bagi pemilik blog yang dikunjungi, blogwalking dapat meningkatkan traffic pengunjung blognya. Namun bagi orang yang melakukan blogwalking sendiri, manfaat dan kegunaannya sangat banyak sekali. Melebihi apa yang didapat oleh pemilik blog yang dikunjungi.

Manfaat blogwalking

Selama 2 tahun ini, saya rajin melakukan blogwalking ke banyak blog. Saya selalu mengusahakan bisa blogwalking minimal sehari satu kali. Kalau ada waktu luang, intensitas aktivitas blogwalking lebih saya perbanyak. Pernah dalam sehari melakukan blogwalking pada 50 blog orang lain tapi itu baru terjadi 2 kali sih,  rata-rata 3 kali sehari kayak minum obat.

Lalu apa saja yang saya dapatkan dari aktivitas blogwalking tersebut? Berikut berbagai manfaat blogwalking yang sudah saya dapatkan.

1. Meningkatkan DA dan PA
Untuk sekarang ini peringkat sebuah blog ditandai dengan angka DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority). Semakin tinggi angkanya semakin bagus. Nilai jualnya juga semakin tinggi. Nilai terendah adalah 1 dan nilai tertinggi 100.

Aktivitas blogwalking terbukti telah meningkatkan nilai DA dan PA blog saya. Semakin sering saya melakukan blogwalking semakin tinggi nilai DA PA blog saya ini. Pada awal mengelola blog, DA PA blog munasya.com ini hanyalah 1 saja. Tiap bulan angkanya terus naik dan sampai sekarang blog ini mendapatkan nilai DA 35 dan PA 42. Semoga akan terus merangkak naik. Baca juga tulisan saya tentang : Pencapaian Blog Munasya Tahun 2017.

2. Menambah Koneksi dan Pengunjung Blog Sendiri
Dalam segala lini kehidupan koneksi sangatlah penting. Koneksi diperlukan untuk memperluas jaringan dan menambah pertemanan. Dengan melakukan blogwalking, secara tidak langsung saya telah menyapa pemilik blog tersebut. Pemilik blog jadi mengenal saya dan sayapun jadi mengenal pemiliknya. Jika sudah saling kenal, koneksi akan berkembang dengan sendirinya. Kemungkinan besar pemilik blog tersebut akan mau berkunjung balik ke blog saya dan menambah traffic blog yang saya kelola. Baca juga catatan saya lainnya : Bertemu Blogger Hebat Bikin Ngeblog Makin Semangat

3. Mendapatkan Pengetahuan dan Informasi Baru

Pada saat blogwalking, tentunya saya harus membaca apa yang disajikan dalam blog tersebut. Disinilah eksra manfaat dari blogwalking bisa saya dapatkan. Dengan membaca artikel didalamnya, tentu saja ada banyak pengetahuan dan informasi baru yang bisa saya dapatkan. Salah satu informasi penting yang saya dapatkan adalah mengenai pengetahuan blog. Saya sendiri awalnya tidak begitu paham tentang web hosting dan seluk beluk blog lainnya, tapi berkat blogwalking akhirnya saya sekarang lumayan paham.

Layanan Hosting Murah Dari Hostinger

4. Memunculkan Inspirasi Baru Buat Bahan Tulisan
Inspirasi datangnya tidak hanya dari pikiran sendiri saja, kebanyakan datangnya dari luar pikiran. Dengan membaca berbagai konten saat blogwalking, saya sering mendapatkan inspirasi baru untuk bahan tulisan. Pemikiran dan gaya bahasa dari blog lain kerap menginspirasi saya untuk membuat sebuah tulisan baru yang tentunya sesuai dengan gaya dan pemikiran saya sendiri.

Itulah beberapa manfaat blogwalking yang sudah saya rasakan. Mungkin anda yang suka blogwalking bisa memberikan tambahan, kira-kira apa manfaat blogwalking yang sudah dirasakan. Jangan lupa tinggalkan komentarnya supaya saya bisa blogwalking balik ke blog anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!