Cara Ampuh Menghilangkan Kantuk Saat Sibuk Beraktivitas

Rasa kantuk yang tiba-tiba menyergap adalah hal alamiah yang dialami oleh banyak orang. Semua orang pasti pernah menguap saat belajar, bekerja atau beraktifitas harian. Ketika mulut sudah menguap, pertanda tubuh mulai jenuh dan mata mulai ngantuk. Biasanya paling enak langsung dilanjut dengan tidur.

Namun bagaimana jadinya jika kantuk datangnya terus-terusan dan datang disaat yang tidak tepat. Misalnya di jam-jam sibuk, dimana masih banyak pekerjaan atau aktivitas yang perlu dilakukan. Hal itu tentu sangat menyebalkan. 

Menghilangkan Kantuk

Cara paling umum yang biasa dilakukan untuk menghilangkan kantuk adalah dengan mengkonsumsi kopi. Akan tetapi tahukah anda bahwa mengkonsumsi kopi berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Kopi mengandung zat nikotin yang tidak baik bagi tubuh jika dikonsumsi terus menerus. Minum kopi saat kantuk datang justru tidak dianjurkan. 

Sebenarnya ada beberapa cara yang tidak biasa namun aman untuk menghilangkan kantuk saat bekerja. Akan tetapi jarang yang mengetahuinya. Bagi anda yang sering merasa ngantuk entah itu saat bekerja atau belajar, kali ini saya akan berbagi tips menarik untuk menghilangkan kantuk yang saat sibuk beraktivitas. 

1. Minum air putih

Dehidrasi atau kekurangan zat cair dalam tubuh adalah salah satu penyebab datangnya kantuk saat bekerja. Karena berbagai kesibukan, biasanya orang lupa untuk minum sehingga menimbulkan kantuk. Jika tidak ingin kantuk datang selama sibuk beraktivitas, jangan lupa minum air putih secukupnya.

Baca juga : Sebab Air Sedikit Menjadi Berlimpah

2. Bernapas dalam-dalam

Saat kantuk mulai menyerang, cobalah untuk bernapas dalam-dalam. Saat kita bernafas, tubuh sebenarnya bukan hanya diberi asupan oksigen. Bernafas dalam dalam juga dapat membuat pikiran jadi lebih tenang dan fokus. Untuk cara yang lebih efektif saat ingin menghilangkan kantuk adalah dengan bernafas dalam dalam sambil diiringi jalan-jalan atau menggerakkan tubuh/olahraga ringan.

3. Mendengarkan musik jazz

Mendengarkan musik saat bekerja memang mengasyikkan. Namun jika yang didengarkan adalah musik yang mendayu-dayu, rasa kantuk akan cepat datang. Cobalah dengarkan musik jazz saat bekerja atau saat beraktivitas. Melodi dan irama dari musik jazz bukan hanya nyaman didengarkan, namun juga sangat ampuh mencegah datangnya kantuk.  

4. Naik turun tangga

Sesekali anda cobalah naik turun tangga, jangan hanya menggunakan lift saja saat di kantor. Dengan naik turun rangga akan meningkatkan kecepatan detak jantung kita, sehingga rasa kantuk akan terusir jauh. Kerja jadi lebih produktif dan aktivitas lancar tanpa kantuk yang menyergap. 

Baca juga : Lowongan Kerja Sampingan Yang Cocok Untuk Mahasiswa

5. Menurunkan suhu AC

Jika kantuk mulai datang menyerang, cobalah untuk menurunkan suhu AC sampai level yang paling dingin. Rasa dingin akan membuat mata lebih terjaga. Atau jika di kantor/rumah menggunakan kipas angin, cobalah untuk mematikannya beberapa saat, karena hawa dari kipas angin bisa membuat kantuk cepat datang.

6. Ngemil buah-buahan

Buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Dengan makan/ngemil buah-buahan tubuh akan mendapat asupan energi yang maksimal sehingga tubuh dan pikiran tetap fress dan segar.

Baca juga : Cara Mengembangkan Potensi Diri

7. Mengganti posisi tubuh

Rasa Kantuk yang datang mungkin terjadi karena posisi duduk yang kurang tepat. Posisi duduk yang uewenak dan terlalu nyaman bisa jadi penyebab rasa kantuk. Cobalah untuk merubah posisi tubuh, Anda bisa mencoba duduk dengan posisi tegak sambil menyilangkan kaki, atau coba untuk berdiri sebentar kemudian duduk lagi. Selain itu anda bisa berjalan sambil ke toilet mungkin untuk sekedar cuci muka agar kantuk cepat pergi. 

8. Gunakan Wangi-wangian

Anda juga bisa mencoba membawa parfum dan menggunakannya. Jika merasa ngantuk tidak bisa ditahan, anda bisa mengoleskan parfum tersebut di pergelangan tangan atau di awah hidung. Tapi ingat hindari wangi lavender, karena wanginya bisa bikin tambah ngantuk. 

Itulah berbagai cara ampuh menghilangkan kantuk saat sibuk beraktivitas. Apabila ada yang kurang jelas atau ingin menambahkan, jangan sungkan untuk menyampaikan melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share zaaa….. 

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!