Cara Membuka Usaha Kuliner Supaya Cepat Sukses

Siapa yang tidak ingin menjadi seorang pebisnis? Memiliki bisnis yang besar dan sukses adalah dambaan banyak orang. Penghasilan seorang pebisnis yang lebih menjanjikan dibandingkan dengan seorang karyawan biasa menjadi salah satu daya tarik dunia bisnis.

Untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis tentu tidak gampang. Ada banyak tahapan yang mesti dilakukan. Lebih-lebih jika ingin terjun dalam bisnis kuliner. Bisnis jenis ini sudah sangat banyak digeluti pebisnis yang lainnya. Kebutuhan makanan memang tidak ada habisnya, karena semua orang selalu memerlukan makan setiap hari tanpa batas waktu.

Saat seseorang mengharuskan dirinya sedang dalam masa menghemat, maka dia akan lebih memilih untuk mengerem berbagai kebutuhan sekunder lainnya seperti pakaian, kendaraan dan lain sebagainya. Namun, berbeda dengan kebutuhan makanan, meskipun sedang dalam masa menghemat, jika perut sudah merasa lapar, maka orang tersebut tidak akan sungkan dalam membeli makanan. Karena itu sudah kebutuhan dasar yang urgent.

Alasan tersebutlah yang membuat sebuah bisnis kuliner sangat-sangat menjanjikan untuk para pebisnis. Tak heran bila saat ini sudah sangat banyak pebisnis makanan yang bertebaran dimana-mana. Dari pelosok desa hingga ke kota. Dari pedagang kaki lima di pinggir jalan yang menjual makanan tradisional hingga pedagang atau pebisnis makanan modern seperti yang ada di café ataupun restaurant di kota kota besar.

Melihat peluang tersebut, Mungkin Anda kini bisa mulai mencoba hal serupa yakni terjun kedalam dunia bisnis kuliner. Anda tidak harus mengikuti jejak para orang sukses yang sudah menemukan jalannya dengan membuka restoran ataupun sebuah usaha kuliner secara langsung. Namun bisa dari usaha kecil kecilan yang sesuai dengan keahlian dan kemauan diri sendiri. Tidak perlu juga mengikuti tren saja yang kemungkinan besar tidak tahu cara melakukannya.

Nah, jika niat Anda sudah bulat dalam membuka usaha kuliner, maka Anda juga memerlukan beberapa tips untuk membuat usaha menjadi cepat sukses. Beberapa tipsnya adalah sebagai berikut:

1. Memiliki Modal Untuk Usaha

Untuk membuka sebuah usaha, yang harus dilakukan pertama kali adalah memiliki modal usaha yang cukup.Namun, yang sering terjadi adalah ternyata modal untuk membuka usaha masih kurang.

Sebenarnya ada beberapa cara dalam menutupi kekurangan untuk modal usaha, misalnya dengan melakukan kerja sama dengan orang lain atau melakukan pinjaman kepada suatu koperasi atau lainnya seperti meminjam di http://www.monily.id/ atau di Pinjaman24.id untuk Anda sebagai pelaku UKM.

Namun, bila Anda sudah memiliki modal sendiri walaupun sedikit atau tipis dan tidak ingin melakukan pinjaman, maka itu tidak jadi masalah. Ada tetap bisa melakukannya dengan modal secukupnya tersebut sendiri. Anda juga dapat lebih berfokus kepada pemasaran produk.

Baca juga : Langkah Cepat Mendapatkan Modal

Janganlah memusingkan hal yang lainnya karena akan mengganggu jalannya usaha nanti. Jika bisa, berhematlah dengan modal yang dimiliki dengan baik. Misalnya ketika Anda membuat usaha keripik pisang dengan modal usaha Rp 10.000,- .Dengan modal tersebut Anda bisa membuatnya menjadi 20 bungkus dengan harga Rp 1.000,- atau Rp 1.500,- . Dengan begitu, Anda akan mendapatkan uang 2x lipat atau lebih dari modal usaha.

Namun, jika Anda memilih untuk meminjam uang kepada koperasi atau lembaga keuangan lainnya, maka sebisa mungkin dalam membuat laporan untuk keuangannya setelah usaha berjalan dengan lancar.

2. Harus Memiliki Lokasi Usaha

Sebagai pebisnis yang sukses pasti harus melewati jatuh bangun dalam dunia bisnis. Mungkin pertama memulai bisnis Anda bisa menjalankan bisnis tanpa adanya lokasi usaha .Tetapi jika usaha atau bisnis Anda sudah lancar, usahakan untuk memiliki tempat atau lokasi usaha yang sesuai.

Untuk memilih lokasi, pilihlah lokasi yang strategi atau banyak dikunjungi oleh orang-orang atau banyak diketahui oleh orang. Ketika memilih lokasi usaha juga harus mempertimbangkan modal yang dimiliki. Jangan habiskan modal hanya untuk menyewa atau membeli tempat lokasi.

Baca juga : Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Sebidang Tanah

Sebenarnya selain menyewa atau membeli lokasi tempat usaha, Anda bisa melakukannya dengan menitipkan dagangan ke tempat lain yang strategis atau dikeramaian yang banyak orang. Lokasi usaha yang tepat misalnya di sekitar kantor, pasar, sekolahan, kampus, tempat wisata, dan perumahan.

3. Memiliki Menu Andalan

Sebalum usaha atau bisnis Anda dimulau, akan lebih baik jika melakukan sebuah survey tentang menu makanan apa saja yang sedang laris di pasaran. Pilihlah menu yang kira-kira belum banyak dijual oleh pebisnis lainnya dan akan disukai oleh banyak orang. Menu yang akan Anda pilih ini akan menjadi menu andalan untuk usaha Anda, sehingga tidak sama seperti pebisnis lainnya dan dapat megurangi adanya tingkat persaingan. Selain itu, menu yang akan Anda pilih sebagai andalan juga sebaiknya disesuaikan dengan target konsumen.

4. Ada Tempat Pemasok Tetap Untuk Bahan Baku

Sebagai pebisnis yang profesional, Anda harus memiliki tempat pemasok yang tetap untuk membeli bahan baku sebagai bahan untuk membuat produk usaha sehari-harinya. Hal ini memang salah satu yang harus diperhatikan demi kelancaran produksi yang dilakukan nanti. Jika sudah memiliki tempat yang paten untuk pemasok bahan baku, maka Anda akan diberi harga yang relative lebih murah karena sudah sering membeli bahan baku di tempat tersebut. Namun, tetap pilihlah beberapa pemasok untuk cadangan lainnya untuk berjaga-jaga jika pemasok langganan Anda sedang tidak memiliki persediaan bisa langsung beralih ke pemasok yang satu lagi.

5. Sumber Daya Manusia (SDM)

Ini merupakan salah satu bagian dari rencana bisnis Anda supaya lancar. Idealnya Anda harus memiliki seorang juru masak, pelayan, serta kasir yang akan membantu usaha kuliner nanti. Namun, jika usaha yang sedang dijalankan masih termasuk usaha kecil kecilan, untuk memiliki asisten pribadi yang dapat membantu apapun saja sudah cukup. Yang terpenting, Anda mampu membayar gaji yang sepadan dan tepat waktu kepada karyawan yang bekerja.

Baca : Potensi Kota Surabaya Dalam Berbagai Bidang

6. Target Untuk Pemasaran

Anda juga harus menyesuaikan jenis usaha dengan para target pasarnya. Inilah salah satu kunci dari sebuah kesuksesan bisnis Anda. Misalnya, terapkan harga yang sesuai dengan target pasar, atau namun jangan menjualnya dengan harga yang murah tetapi kualitasnya tidak bagus, karena hal tersebut akan menjadi kendala untuk usaha Anda.

7. Lakukan Promosi yang Tepat

Untuk promosi produk, melakukannya dengan cara mempromosikannya sendiri seperti mulut ke mulut selalu menjadi andalan bagi banyak pebisnis. Apalagi jika menemukan konsumen yang mendengar usaha kuliner dan menjadi pelanggan setia Anda. Namun, akan lebih baik jika promosi dilakukan melalui media lainnya seperti lewat spanduk, leaflet, jejaring sosial seperti Facebook atau twitter, dan lainnya.

8. Memiliki Perizinan Usaha

Pastikan Anda sudah memiliki surat perizinan usaha yang sah dari sebuah instansi Pemerintah atau dari pihak yang berwenang. Jika usaha yang Anda jalankan sudah semakin berkembang harus melakukan pengurusa nNomor Pokok Wajib pajak (NPWP) untuk usaha dan mengurus perizinan kepada Kementerian Kesehatan, serta harus ada sertifikasi halal untuk usaha makanan Anda ke Majelis Ulama Indonesia (MUI).

9. Perhatikan Sikap

Memperhatikan sikap serta perilaku dari diri sendiri akan lebih baik jika sedang berhadapan dan berkomunikasi dengan konsumen. Sebisa mungkin Anda bersikap ramah dan sopan terhadap semua konsumen agar memiliki nilai plus tersendiri di mata konsumen.

10. Berdoa

Jika semua tips atau cara atau usaha sebelumnya sudah dilakukan, selanjutnya adalah berdoa demi kelancaran dan kesuksesan bisnis kuliner Anda ke depannya nanti. Berdoa kepada Yang Maha Kuasa sangatlah penting untuk mendapatkan izin menjalankan usaha Anda tersebut.

Demikian 10 tips termudah yang dapat Anda lakukan untuk membuat usaha kuliner cepat lancar. Jangan cepat menyerah dengan adanya persaingan di luar sana. Tetap memiliki prinsip sendiri dalam menjalankan usaha kuliner Anda dengan bantuan tips di atas. Semoga berhasil.

(Visited 31 times, 1 visits today)
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!