Ciri – Ciri Kehamilan Muda yang Sehat dan Normal

Kehamilan merupakan salah satu hal yang di tubuh dan juga diharapkan oleh banyak wanita, khususnya Anda yang baru saja menikah. Dengan adanya kehamilan ini maka si buah hati akan muncul di tengah keluarga anda dan juga melengkapi keturunan Anda. Anda yang baru saja memiliki program kehamilan atau memasuki hamil muda  tentu saja Anda ingin tahu berbagai informasi terkait ciri-ciri kehamilan, salah satunya adalah ciri-ciri hamil muda yang sehat dan juga normal. Hal ini sangat penting untuk diketahui karena anda yang baru pertama kali merasakan kehamilan pasti merasa bingung atau tidak tahu.

Ciri-ciri Kehamilan

Bagaimana mengetahui kondisi kehamilan muda yang sehat dan juga kuat dan Berikut ini adalah informasi terkait hal tersebut.

1. Berat badan

Hal pertama yang bisa menandakan bahwa ciri-ciri kehamilan muda anda tetap sehat dan juga normal adalah berat badan. Di mana ketika anda positif hamil melalui serangkaian tes ataupun uji yang anda lakukan. Anda dapat mengkonsultasikan kepada dokter kandungan, yang juga bidan. Umumnya dokter akan menyarankan kenaikan berat badan kurang lebih 15 kilo pada wanita yang sedang hamil. Sedangkan bagi anda yang memiliki kelebihan berat badan. Justru dokter menganjurkan untuk menjaga kesehatan sehingga ketika hamil ibu dan janin tetap terjaga. Baca juga : Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

2. Perubahan Hormon

Ciri-ciri kehamilan muda yang sehat dan juga normal selanjutnya adalah kondisi hormon. Di mana adanya perubahan hormon sangat wajar terjadi perubahan ini akan dialami. Selama kehamilan baik secara fisik ataupun psikis. Selain itu salah satu perubahan hormon yang dapat terjadi adalah naiknya hormon progesteron yang dapat mencapai 400 mg ketika wanita hamil selanjutnya.

Hormon yang mengalami perubahan adalah hormon estrogen yang memiliki peranan penting. Bagi wanita hamil yakni mampu membentuk jaringan dan juga menampung janin yang ada di dalam perut.

3. Kadar Gula dan Tekanan Darah

Ciri kehamilan muda yang sehat dan normal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah tekanan darah serta kadar gula darah. Ibu hamil yang normal pasti mengalami perubahan pada kadar gula darah, mana Namun tidak perlu khawatir dengan adanya perubahan tekanan darah dan juga gula darah, hanya saja Perubahan tersebut tidak secara dramatis. Dimana tekanan darah dan kadar gula akan berubah secara perlahan. Sebagai ibu hamil, anda bisa memeriksakan diri ke dokter bersamaan dengan jadwal check up dan juga pemeriksaan menyeluruh dari janin maupun sang ibu.

4. Rahim dan Plasenta

Selanjutnya hal normal ataupun hal yang bisa menandakan bahwa anda hamil secara sehat adalah kondisi rahim dan juga plasenta. Dimana kehamilan yang sehat ditandai dengan plasenta dan juga rahim yang sehat. Untuk hamil muda umumnya hal ini sebelum terlalu terlihat. Namun menjaga rahim dan plasenta yang sehat dapat dilakukan jauh-jauh hari sebelum kehamilan mulai menua. Dengan cara menjaga kesehatan ataupun dengan gaya hidup yang sehat. Untuk yang memiliki riwayat kesehatan yang berhubungan dengan rahim baik untuk berkonsultasi kepada dokter kandungan sebelum merencanakan kehamilan.

Baca juga :

5. Pertumbuhan janin

Terakhir untuk mengetahui ciri-ciri kehamilan muda yang sehat dan juga normal adalah pertumbuhan janin. Tentu saja pertumbuhan janin ini sangatlah penting, untuk mengetahui apakah kondisi janin yang ada dalam perut sehat dan juga berkembang dengan baik. Umumnya cara untuk mengetahuinya dengan melakukan tes USG yang dilakukan secara rutin setiap anda melakukan pemeriksaan.

11 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!