EFEK NEGATIF MEMINUM KOPI

Minum kopi merupakan salah satu kebiasaan umum yang dilakukan banyak orang di seluruh penjuru dunia. Baik laki-laki maupun perempuan semuanya menyukai minuman yang bernama kopi. Minuman berwarna hitam pekat tersebut dianggap bermanfaat untuk tubuh dan dapat meningkatkan energi. 

Bagi para penikmatnya, kopi juga dapat merangsang sistem saraf serta menghilangkan kantuk. Walaupun demikian, minum kopi yang terlalu banyak dan berlebihan ternyata bisa menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Hal itu dikarenakan di dalam kopi terkandung zat berbahaya bernama kafein yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.  

Efek Negatif Meminum Kopi
Ilustrasi secangkir kopi (sumber : pixabay.com)

Banyak yang menganggap sepele terkait efek buruk meminum kopi secara berlebihan. Padahal itu sudah terbukti nyata dan sudah banyak yang terkena dampaknya. Para ahli kesehatan juga banyak yang mengakuinya. Berikut ini adalah beberapa efek negatif dari minum kopi. 

1. Kematian dini

Di dalam zat Kopi terdapat banyak senyawa biologis aktif, seperti asam fenolik, kalium, dan kafein. Mereka yang suka minum kopi mempunyai resiko kematian dini yang lebih besar dibandingkan dengan yang lain. Hal itu akibat dari zat senyawa yang disebut diatas tersebut. 

Zat dalam kopi tersebut juga bisa mengakibatkan penyakit jantung, kanker, penyakit pernapasan kronis, diabetes, pneumonia dan lain-lain. Penyakit-penyakit tersebut akan membuat kematian lebih cepat datang menghampiri. 


2. Tekanan darah tinggi

Dalam sebuah study yang dikeluarkan oleh Charalambos Vlachopoulos, MD, didapatkan sebuah temuan bahwa zat kafein dapat meningkatkan kekakuan arteri besar lebih cepat pada orang yang mempunyai tekanan darah tinggi. Zat Karena yang biasanya terdapat dalam kopi juga dapat meningkatkan tekanan darah. Akibat minum kopi, orang yang mempunyai tekanan darah normal dapat terkena tekanan darah tinggi,sehingga perlu hati hati jangan sampai kebanyakan minum kopi. 

 3. Kolesterol

Efek negatif dari minum kopi lainnya adalah ternyata kopi dapat meningkatkan serum dan kolesterol jahat dalam tubuh. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa zat cafestol yang terdapat pada kopi dapat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam memetabolisme dan mengatur kolesterol. Minum kopi lebih dari 4 cangkir setiap hari bisa mengakibatkan kadar kolesterol darah naik sebesar 6 hingga 8%. Bagi yang sudah punya kolesterol darah yang tinggi, diharapkan untuk segera berhenti mengkonsumsi kopi. 

4. Penyakit jantung

Kebiasaan minum kopi berhubungan erat dengan penyakit jantung. Konsumsi kopi 1-4 cangkir per hari dapat meningkatkan kadar homosistein dalam darah sehingga penyakit kardiovaskular seperti stroke, penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah perifer mudah menghampiri. Yang tidak pernah punya penyakit jantung bisa terkena penyakit ini jika minum kopi terus menerus. 


5. Masalah Pencernaan

Zat kafein dalam kopi dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Orang yang minum minuman berkaitan seperti kopi banyak yang mengeluhkan sering sakit perut dan gangguan pencernaan. Terutama bila mengkonsumsinya saat perut kosong. Kopi memang bisa mengenyangkan tapi kenyangnya bohongan. Kopi efeknya sangat tidak baik untuk organ dalam tubuh 

6. Diabetes

Para ahli kesehatan telah banyak mengingatkan bahwasanya kopi dan kafein dapat meningkatkan tingkat insulin dan juga gula darah. Satu cangkir kopi yang mengandung 100 mg kafein, positif berdampak buruh terhadap kondisi gula darah. Penyakit diabetes adalah merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di dunia dan salah satu pencetusnya adalah karena minum kopi. 

Diabetes
Sumber gambar : pixabay.com


6. Ginjal

Kafein yang terkandung dalam kopi juga dapat mengakibatkan ketegangan pada ginjal. Karena kafein dapat merangsang aliran darah dan meningkatkan tekanan darah serta stres pada ginjal. Batu ginjal juga dapat terbentuk dari konsumsi kafein yang berlebih. 

Itulah beberapa efek negatif meminum kopi yang bisa terjadi pada anda. Untuk itu waspadalah, jika memang tidak bisa menghentikan minum kopi setiap hari, minimal kurangilah dosisnya. Hal itu demi kesehatan anda sendiri. Semoga anda lebih cermat dan waspada.

2 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!