Faktor Penyebab Burung Pandai Berkicau

Setiap orang tentunya pernah mendengar suara burung yang sedang berkicau. Meskipun jumlahnya sekarang sudah jauh berkurang karena perburuan liar dan faktor lingkungan namun suara burung yang sedang berkicau masih sering terdengar. Para penghobi burung berkicau juga kian hari makin banyak.

Banyak yang mengira bahwasanya suara burung berkicau itu merupakan sebuah nyanyian indah yang keluar dari seekor burung tanpa ada maksud didalamnya. Namun tahukah anda, ternyata bagi burung itu sendiri, suara kicauan yang sering dikeluarkannya tersebut mempunyai tujuan yang beragam. Ada kalanya saat berkicau, burung tersebut ingin menunjukan kehebatan kicauannya pada yang lain, termasuk pada pemiliknya. Ada kalanya juga suara kicauan didengarkan untuk menunjukkan kalau burung tersebut sedang mencari perhatian lawan jenisnya karena ingin kawin atau bisa juga karena sebab-sebab lainnya.

Hal yang patut diperhatikan, ternyata tidak selamanya jenis burung berkicau seperti Kenari, Pendet dan mau dan pandai berkicau. Ada kalanya mereka ini tidak mau berkicau karena berbagai sebab. Misalnya karena sakit, lapar atau karena faktor lingkungan. Burung kicauan yang dipelihara dirumah bisa pandai berkicau karena berbagai faktor yang mempengaruhinya.

Apa saja faktor penyebab burung pandai berkicau? Berikut ini ulasannya :

1. Faktor lingkungan

Penempatan sangkar/kandang yang baik menjadi faktor terpenting yang mempengaruhi berkicaunya burung peliharaan. Sangkar harus ditempatkan dengan baik dan disesuaikan dengan kondisi psikis burung supaya burung menjadi lebih jinak dan tidak kelabakan. Penempatan Sangkar yang baik akan membuat burung jadi lebih nyaman dan akhirnya mau mengeluarkan kicauan yang merdu.

Baca juga : Dinamika Peternakan Itik di Pedesaan

2. Faktor Keturunan

Faktor keturunan juga sangat berpengaruh terhadap kualitas suara burung. Jika induk burung memiliki suara yang bagus tentu anak-anak yang dihasilkan dari telurnya juga memiliki suara bagus. Sifat anakan yang baik karena merupakan hasil turunan sifat dari induknya

3. Faktor Perawatan

Faktor penyebab burung pandai berkicau paling penting adalah cara perawatannya. Perawatan memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil kicauan burung. Perawatan meliputi perawatan sangkar, proses memandikan dan pemberian pakan setiap hari. Pemilik burung yang sudah merawat burung kicauannya dengan baik, akan membuat burung peliharaannya senang dan rajin berkicau.

Baca juga : 7 Alasan Mengapa Memelihara Kelinci itu Menyenangkan

4. Faktor Makanan

Asupan gizi yang didapat burung kicauan dari makanan sangat penting dalam proses berkicaunya burung peliharaan. Burung kicauan juga harus diberikan makanan secara teratur dan sesekali diberikan makanan tambahan untuk menambah staminanya. Makanan tambahan untuk burung kicauan diantaranya adalah kroto dan jangkrik yang dapat diberikan setiap 3 hari sekali (pagi hari dan sore hari).

5. Faktor Masteran

Masteran suara burung yang diputar di dekat sangkar burung peliharaan ternyata merupakan salah satu faktor penyebab burung pandai berkicau. Masteran dari burung lain misalnya burung cendet sangat bagus untuk dijadikan pancingan burung kicauan lainnya. Caranya dengan mendekatkan burung peliharaan didekat sangkar burung cendet supaya lebih pandai berkicau.

Baca juga: Stimulasi dan Nutrisi Yang Tepat Untuk Perkembangan Si Kecil

6. Faktor Jenis Kelamin

Yang tak kalah penting adalah faktor jenis kelamin. Burung yang berjenis kelamin jantan suara kicauannya tentunya lebih bagus dan lebih nyaring daripada burung berjenis betina.

Demikian faktor-faktor penyebab burung pandai berkicau yang bisa saya ulas, semoga bermanfaat. Jika ada yang punya pengalaman atau informasi lain, jangan segan-segan untuk menuliskan di kolom komentar supaya bisa saling berbagi informasi.

(Visited 42 times, 1 visits today)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!