Jangan Sajikan Nasi Goreng Saat Sahur, Begini Akibatnya

Persiapan menghidangkan makanan sahur menjadi rutinitas dadakan para ibu rumah tangga di Bulan Ramadhan. Walaupun harus bangun dini hari, dengan mata yang masih mengantuk. Para ibu tetap menuju ke dapur untuk memasak dan mempersiapkan makanan sahur seluruh keluarga. Semua itu dilakukan dengan ikhlas demi keluarga dan mendapatkan berkah serta pahala Allah SWT.

Beraneka ragam makanan bisa disajikan saat sahur. Mulai dari yang sederhana seperti telur ceplok, sandwich hingga yang mewah seperti kare, Soto ayam Lamongan dan lainnya. Semuanya disajikan untuk anggota keluarga supaya lebih semangat bangun makan sahur dan mencukupi kebutuhan energi saat puasa esok hari.

Nasi goreng
Perlu diperhatikan bagi ibu-ibu di rumah, untuk menu sahur, sebaiknya para ibu menghindari menyajikan nasi goreng. Membuat nasi yang digoreng dan diberi bumbu saat malam hari memang lebih praktis. Selain bumbunya mudah didapat, hawa dingin saat sahur bisa di antisipasi dengan hangatnya nasi tersebut.

Namun tahukah anda, bahwasanya ahli gizi dan kesehatan menyarankan untuk tidak mengkonsumsi nasi goreng saat sahur?. Hal itu dikarenakan bahan dasar nasi yang digoreng menggunakan bermacam macam bumbu dan juga minyak akan membuat tubuh merasa cepat haus.

Hakekat puasa adalah menahan lapar dan haus dari fajar hingga maghrib tiba. Ibadah puasa tidak akan terasa jika dilakukan secara rutin dan menjaga pola makan saat sahurnya. Nasi goreng yang dikonsumsi saat sahur dikhawatirkan akan membuat tubuh cepat letih dan selalu ingin minum. Oleh karena itu mengkonsumsi nasi goreng saat sahur sebaiknya dihindari.

Selain itu nasi goreng juga tidak baik untuk matebolisme tubuh karena bisa memicu datangnya beberapa penyakit berbahaya seperti jantung, stoke, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Kandungan di dalam minyaklah yang dapat memperburuk kesehatan pada organ kardiovaskular dalam tubuh kita.

Bukan hanya nasi goreng yang harus dihindari saat sahur, namun makanan lain yang mengandung goreng-gorengan juga harus dihindari karena minyaknya akan membuat tubuh cepat merasa haus. Jika ingin tetap menyantap nasi yang digoreng saat bulan Ramadhan, menu tersebut bisa disantap saat buka puasa atau ketika bersantap setelah terawih atau sebelum tidur malam hari. Pokoknya jangan saat sahur.

Supaya puasa tubuh tetap fit dan dapat menjalaninya dengan mudah. Sebaiknya menambah asupan vitamin dan mineral yang bisa didapat dari buah dan sayur-sayuran. Tambahan suplemen dapat menjadi pilihan jika diperlukan supaya puasa dan ibadah yang lancar.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!