Kenali 10 Penyebab Bau Mulut Ini

Penyebab bau mulut kelihatannya sepele, namun ternyata memiliki dampak besar terhadap pergaulan. Orang yang memiliki bau mulut memang tidak merasakan efeknya secara langsung, namun orang lainlah yang berhadapan dengan orang tersebutlah yang merasa tidak nyaman karena mencium aroma yang tidak sedap dari mulut.

Akibat ketidaknyamanan dalam bersosialisasi, seseorang yang memiliki masalah bau mulut biasanya akan dijauhi. Orang yang berhadapan atau berkomunikasi pastinya merasa tidak enak berbicara dengan orang yang napasnya bau.

Penyebab Bau Mulut

Penyebab bau mulut atau dalam istilah ilmiah disebut dengan halitosis ini ternyata sangat beragam. Walaupun terbilang wajar dan hampir dialami semua orang, namun bau mulut yang didiamkan bisa menjadi kronis dan benar benar mengganggu. Supaya bisa terhindar dari bau mulut akut, ada baiknya mengenal penyebabnya.

Berikut ini 10 penyebab bau mulut yang harus diperhatikan

1. Kurang Minum Air

Akibat dari kurang minum ternyata banyak sekali. Selain rawan terkena penyakit ginjal dan dehidrasi, kurang minum juga bisa menyebabkan mulut berbau tidak sedap. Itu menjawab pertanyaan kenapa orang yang berpuasa kebanyakan memiliki bau mulut.

Kurangnya minum air akan menyebabkan produksi saliva atau air liur berkurang drastis. Saliva tersebut fungsinya adalah membersihkan segala bakteri yang ada pada mulut. Sel-sel yang berada di mulut bisa tetap hidup karena bantuan dari saliva tersebut. Jika saliva produksinya berkurang, sel-sel dalam mulut akan mati dan akhirnya malah berubah menjadi sumber bau tak sedap. Takaran air minum yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi adalah sebanyak 1,8-2 liter sehari. Kurang dari itu tubuh dan bagian mulut rentan terkena hidrasi.

2. Tingginya Kadar Asam Lambung

Kadar asam lambung yang tinggi juga merupakan salah satu penyebab bau mulut. Saat asam lambung meningkat, otomatis penyakit maag kambuh. Pada kondisi yang demikian, kala bersendawa ada aroma tak sedap yang ikut keluar dari mulut. Bau yang keluar dari mulut biasanya ada kemiripan dengan bau asam cuka.

Menghindari makan coklat, mengonsumsi alkohol, kayu manis dan makanan pemicu naiknya asam lambung adalah solusi yang tepat menghilangkan bau mulut efek dari naiknya asam lambung.

3. Gigi dan Lidah Kurang Bersih

Gigi dan lidah yang kurang bersih terbukti mampu memicu bau mulut yang tidak sedap. Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi akan menimbulkan bakteri jahat pada mulut. Bakteri inilah yang menjadi pemicu datangnya bau yang tidak sedap dari mulut.

Bakteri menyukai tempat yang hangat, lembab, penuh sisa makanan dan basah untuk tempat perkembangbiakkan. Disamping didalam gigi, bakteri juga dapat bersembunyi di bawah lidah. Oleh karena itu, penting sekali berkumur-kumur dan menggosok gigi secara teratur. Paling tidak menggosok gigi 2 kali sehari supaya gigi bersih dan berkumur menggunakan obat kumur supaya mulut jauh dari bau tak sedap.

Baca juga : Panduan Cara Memutihkan Gigi Menggunakan Baking Soda

4. Makanan Berbau Tak Sedap

Penyebab bau mulut yang umum diketahui adalah dari makanan yang dikonsumsi. Makanan yang baunya kurang sedap, akan terpengaruh terhadap bau mulut orang yang mengkonsumsinya. Jenis makanan yang perlu dihindari jika tidak ingin bau mulutnya tak sedap antara lain adalah kopi, jengkol, petai, bawang putih serta bawang merah. Namun jika sudah terlanjur gemar makan makanan tersebut, ada baiknya langsung menyikat gigi dan berkumur hingga bersih supaya bau tidak sedapnya tidak tertinggal di mulut.

Baca juga : 7 Kesalahan Dalam Menyikat Gigi

5. Mulut Kering

Mulut kering biasanya dikarenakan tubuh mengalami dehidrasi, namun ada kalanya kondisi mulut kering disebabkan karena terlalu sering bernapas melalui mulut. Beberapa orang yang menderita alergi pada umumnya akan mengalami kesulitan saat bernapas melalui hidung, oleh karena mereka memilih untuk bernafas lewat mulut. Hal inilah yang menjadi pemicu mulut cepat kering dan mudah mengeluarkan bau yang kurang enak.

Asupan cairan dalam tubuh dan kesehatan perlu diperhatikan dengan baik, khususnya pada penderita alergi tertentu supaya tak berimbas pada bau mulut.

6. Merokok

Bahaya merokok sudah banyak diketahui orang. Dari gangguan pernapasan, kerusakan gigi hinga penyakit kanker paru-paru mengintai orang yang gemar merokok. Selain penyakit berbahaya tersebut, efek lain perokok aktif adalah membuat napasnya beraroma tak sedap.

7. Infeksi Sinus

Bau tidak sedap yang keluar dari mulut bisa juga disebabkan karena terjadinya infeksi sinus. Jika penyebabnya adalah infeksi sinus, solusi terbaik sebagai pemecahanya adalah antibiotik. Padahal antibiotiknya berdasar pada resep dokter supaya tidak menimbulkan efek samping lainnya.

8. Penyakit Kanker

Kanker di bagian leher, telinga, tenggorokan dan hidung merupakan salah satu penyebab bau mulut. Walaupun cukup jarang ditemui, namun penyakit kanker di area tersebut membuat bau mulut tak sedap karena bakteri di dalam kankernya.

Baca juga : 5 Obat Herbal Untuk Mengobati Kanker Serviks

9. Radang Tenggorokan

Sama seperti infeksi sinus, radang tenggorokan juga dapat menimbulkan bau mulut tidak sedap. Peradangan yang dipicu oleh infeksi amandel tersebut memproduksi butiran-butiran kalsium  dan bakal muncul di bagian belakang tenggorokan. Butiran kalsium inilah yang membuat aroma napas menjadi kurang enak saat keluar dari mulut.

10. Infeksi Gusi

Infeksi gusi atau istilah lainnya infeksi periodontal sebenarnya sangat mengganggu proses pencernaan mulut. Infeksi yang terjadi di jaringan yang menyokong gigi ini merupakan sumber bau mulut yang tidak sedap. Oleh karena itu penting sekali menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta gusi demi menjaga kesehatan seluruh mulut. Menggosok gigi dengan sikat yang lembut tak akan membahayakan gusi.

Setelah mengetahui segala penyebabnya, sudah saatnya untuk mengetahui cara menghilangkannya. Anda dapat melakukan pencegahan sebelumnya dan dapat juga mencoba Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Aman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!