JIKA INGIN OTAK CERDAS, MAKANLAH IKAN

image
Ikan segar yang baru panen

Indonesia adalah negara maritim yang sebagian besar wilayahnya berupa lautan. Hasil laut terbesar sekarang ini adalah berupa ikan yang ditangkap oleh para nelayan. Ikan ikan itu sendiri beraneka jenis, yang berada di laut disebut dengan ikan laut. Sedangkan ikan yang ada di sungai, tambak dan usaha pemeliharaan ikan di darat lainnya disebut dengan ikan darat.

Contoh ikan laut diantaranya adalah : ikan tongkol, ikan cucut, ikan manyung, cumi cumi, kepiting, ikan tengiri, ikan kakap dan sebagainya. Contoh ikan darat diantaranya adalah ikan lele, ikan gabus, ikan tombro, ikan gurami, ikan tawes dan sebagainya.
Setiap hari kita makan nasi, sayur dan juga lauk pauk. Lauk pauk ini tentunya dapat berupa ikan, baik ikan laut atau ikan darat semuanya akan terasa lezat jika disantap dengan dimasak atau diolah terlebih dahulu. Makan dengan lauk ikan sangat dianjurkan sekali karena didalam ikan banyak mengandung zat protein (zat putih telur), lemak dan minyak omega 3. Zat tersebut sangat diperlukan oleh tubuh kita setiap hari.

Jika kekurangan zat protein, tubuh akan terasa lemas dan kurang sehat, otak juga akan menjadi lemah. Jika otak sudah lemah maka tidak bisa diajak untuk berfikir dengan cepat. Daya pikir Otak sangat berhubungan dengan kecerdasan. Anak yang cerdas adalah anak yang berfikirnya cepat dan kuat.

Ikan yang hidup di dalam laut  banyak mengandung lemak dan minyak ikan yang disebut omega 3 terutama  bagian matanya.   Lemak dan omega 3 yang terkandung dalam ikan baik sekali untuk perkembangan otak terutama otak bayi dan anak yang masih dalam masa perkembangan dan pertumbuhan.
Anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan. Karena omega 3 yang ada di dalam ikan berguna untuk meningkatkan kemampuan daya ingat dan konsentrasi dalam masa pertumbuhan serta dipercaya juga dapat mengurangi resiko penyempitan otak.

Agar tubuh menjadi kuat dan sehat serta otak menjadi cerdas, maka yang diperlukan adalah makan ikan setiap hari. Menurut penelitian para ahli ilmu kesehatan, setiap orang harus makan ikan sebanyak 29,5 kg setiap tahunnya untuk menunjang kesehatan tubuh dan otaknya.

Kalau ada pendapat yang menyatakan bahwa anak yang banyak makan ikan akan menderita cacingan, sebenarnya adalah pendapat yang tidak benar. Penyakit cacingan didapat karena kebersihan yang tidak terjaga dan juga sistem imun tubuh yang lemah.
Agar cerdas, Sudah makan ikan apa kita hari ini ?
Jangan lupa tinggalkan komentarnya zaaa….. !!

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!