MASALAH SAMPAH DAN CARA PENGELOLAANNYA

image

Salah satu dari penyebab kerusakan lingkungan saat ini adalah adanya pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh menumpuknya sampah yang dihasilkan oleh manusia.
Sampah adalah benda / barang yang sudah tidak terpakai lagi dan dibuang oleh manusia. Setiap benda atau barang apapun yang dipakai manusia seperti makanan, pakaian, kendaraan dan lain sebagainya, pada akhirnya nanti akan menjadi sampah dan dibuang. Sebelum dipakai atau digunakan suatu benda terkadang ada bagian yang dibuang dan menjadi sampah. Misalnya baju yang kita beli, pasti ada sampah yang terbuang berupa struk belanjaan, plastik pembungkus, label dan sebagainya.

Sampah rumah tangga yang menumpuk
Sampah rumah tangga yang menumpuk

Sampah yang telah dibuang oleh masyarakat kita jika langsung dibuang ke lingkungan tanpa pengolahan terlebih dahulu tentunya nanti dapat menjadi beban bagi lingkungan sekitar.  Segala kegiatan yang terjadi di dapur setiap hari menjadi penyumbang tumpukan sampah terbesar disamping aneka sampah-sampah lainnya.
Sampah yang setiap hari muncul akan menjadi sebuah masalah di lingkungan sekitar jika tidak dikelola dengan baik dan benar. Sudah banyak bukti yang terjadi di berbagai wilayah yang penyebabnya ditimbulkan oleh tumpukan sampah. di antaranya adalah banjir yang melanda karena saluran got tertutup sampah, berbagai penyakit akibat sampah, lingkungan yang terkesan kumuh dan banyak lagi dampak buruk lainnya.
Pada dasarnya sampah terbagi menjadi 3 jenis yaitu :
1. Sampah nonorganik (kering) contoh: kertas,  gelas, plastik, logam, karet, potongan kain dll
2. Sampah organik (basah) contoh : sisa sayuran, sisa makanan, dedaunan dll.
3. Sampah mengandung B3 (Bahan Berbahaya Beracun) contoh : baterai bekas, jarum, pampers bekas dll.
Dampak buruk dari menumpuknya sampah dapat kita kurangi dengan melakukan pengolahan sampah yang dimulai dari diri sendiri. Jika berhasil tentu nantinya banyak orang yang akan meniru dan mencontohnya.

Pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan menggunakan teori 3R yakni : Reuse (menggunakan kembali), Reduce (mengurangi), Recycle (mendaur ulang)
Penjelasan masing-masing adalah sebagai berikut :

REUSE (MENGGUNAKAN KEMBALI),
yaitu Kegiatan menggunakan kembali sampah secara langsung, baik untuk fungsi yang sama menyusun fungsi lain. Contohnya menggunakan kembali wadah kemasan untuk berbagai keperluan dan menggunakan kantong/tas plastik yang dapat digunakan berulang-ulang

REDUCE (MENGURANGI) artinya mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah. Contohnya : memilih produk dengan pengemasan yang dapat didaur ulang, menghindari pemakaian dan  pembelian produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah  yang besar, menggunakan produk yang dapat diisi ulang, mengurangi penggunaan bahan sekali pakai.

RECYCLE (MENDAUR ULANG), adalah memanfaatkan kembali sampah setelah megalami proses pengelolaan. Contohnya Pengolahan sampah organik menjadi kompos dan Pengolahan sampah non organik menjadi kerajinan tangan

Bagaimana dengan anda ? apa yang sudah dilakukan untuk kebersihan lingkungan anda ?

Jangan lupa tinggalkan komentarnya zaa…..

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!