Memasak Ketupat Dengan Cepat Menggunakan Panci Presto

Ketupat merupakan menu wajib saat lebaran tiba. Tradisi kupatan di hari raya memang berbeda-beda, namun keberadaannya selalu dinantikan. Di Indonesia, lebaran dan ketupat merupakan rangkaian yang tidak bisa dipisahkan. Untuk menyongsong lebaran yang kurang dari 1 bulan lagi. Ada baiknya menyiapkan segala sesuatunya.

Resep pembuatan makanan, kue dan semacamnya perlu disiapkan mulai sekarang. Alat dan bahan pembuatan ketupat juga mesti dipikirkan karena memasak ketupat berbeda dengan memasak nasi atau makanan lain. Memasak ketupat tidak bisa sembarangan. Ada cara dan teknik tersendiri dalam memasaknya. Mulai awal pemilihan beras yang digunakan, pemilihan janur yang baik, hingga metode perebusannya.

Memasak ketupat dengan cepat

Memasak ketupat memerlukan waktu yang relatif lama. Dengan Panci biasa, memasak ketupat perlu waktu 3 hingga 4 jam. Namun sekarang kita bisa memasak ketupat dengan cepat menggunakan panci presto. Salah satu perkakas dapur serba guna ini ternyata bisa menghemat waktu, tenaga dan juga biaya perebusan ketupat. Hasil ketupatnya juga bagus, sama seperti perebusan ketupat pada umumnya.

Ukuran Panci Presto bermacam-macam. Anda bisa memasak ketupat sesuai kapasitas dan ukuran Panci Presto yang anda punya. Sebelum memasak ketupat dengan cepat menggunakan panci presto, Anda harus memastikan kekencangan mur-baut prestonya. Jika terasa kendor harus dikencangkan terlebih dahulu. Pastikan juga karet pengaman di dalam tutup panci presto dalam kondisi bersih. Karet pengaman tersebut bisa diberi sedikit minyak goreng supaya awet dan tidak mudah rusak. Lubang udara juga harus diperhatikan, jangan sampai ada kotoran atau debu yang menghalangi sirkulasi udaranya.

Jika Panci Presto sudah siap tersedia dan tidak ada kendala apa-apa. Sekarang tinggal memasak ketupatnya menggunakan panci presto tersebut.

Cara Memasak Ketupat Dengan Cepat

Pertama-tama siapkan janur yang akan digunakan sebagai ketupat. Anda dapat membentuk ketupat sesuai kebiasaan. Bisa berbentuk segi empat, segi lima maupun segi enam. Tergantung ketrampilan yang dimiliki. Namun jika tidak bisa membuatnya, silahkan beli selongsong ketupat yang sudah jadi. Banyak kok yang menjualnya.

Takar beras sesuai kapasitas dan rendam sekitar 30 menit supaya mendapatkan hasil yang lebih lembut dan cepat matang. Setelah direndam, beras tersebut ditiriskan dan dimasukkan kedalam  selongsong ketupat. Jika beras yang digunakan berjenis pulen, pengisian ketupatnya 2/3 bagian selongsongnya. Jika berasnya sedikit pera, isikan 1/3 bagian saja. Pokoknya jangan sampai kepenuhan dalam pengisiannya.

Masukkan ketupat yang sudah diisi beras dalam panci presto, tambahkan air bersih ke dalamnya. Pastikan ketupatnya terendam sempurna di dalam air. Sisakan sekitar 3 ruas jari dari panci paling atas supaya airnya tidak meluap keluar. Tutup panci prestonya dan nyalakan api kompornya.

Panci presto

Masak ketupat hingga mendidih. Jika ada tanda bunyi nyaring yang keluar dari panci presto itu tandanya ketupat sudah mendidih. Tapi jangan diangkat dulu karena belum matang. Saat Panci presto sudah berbunyi nyaring, kecilkan api kompor hingga ukuran sedang. Biarkan proses memasaknya hingga kurang lebih 1 jam.

Setelah ketupat matang sempurna, matikan kompor dan angkat pancinya.
Sebelum membuka tutup panci presto, pastikan uapnya sudah sudah tidak ada.
Anda bisa mengganjal katup yang ada di tutup panci menggunakan sendok atau benda lainnya supaya uap panasnya cepat keluar. Setelah uap sudah keluar semua, buka tutup panci. Ambil ketupat, tiriskan lalu gantung atau angin-anginkan hingga dingin.

Ketupat panas tidak enak untuk dinikmati. Oleh karena itu harus bersabar menunggu dingin dulu. Anda bisa menyimpan ketupat dalam kulkas dengan membungkusnya menggunakan plastik terlebih dahulu. Untuk menghangatkannya kembali, cukup mengukusnya lagi. Tidak perlu direbus. Supaya terjaga keawetannya, biarkan ketupat utuh tanpa dipotong potong. Kalau ingin dimakan baru dipotong-potong.

Baca juga : Makna Tersirat Dari Kupat dan Lepet

Bagaimana? Apakah masih ada kendala lain saat memasak ketupat dengan cepat menggunakan panci presto? Silahkan dicoba dulu dan berikan komentarnya.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!