Begini Caranya Mencegah dan Menghilangkan Noda Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan rempah-rempah yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Harganya yang murah dan perawatannya yang sangat gampang membuat bahan rempah yang satu ini stoknya melimpah. Manfaatnya juga melimpah.

Disamping dapat digunakan sebagai bumbu dapur untuk membuat soto, nasi kuning, goreng ikan dan lain-lain, Kunyit juga dapat digunakan sebagai obat herbal, bahan pewarna alami dan juga perawatan kecantikan. Tak heran hampir semua orang pasti pernah bersentuhan dengan bahan satu ini.

Di antara sekian banyak manfaat dan kegunaannya, ada satu hal yang kadang bikin jengkel saat berhadapan dengan Kunyit. Bahan Kunyit ini sering meninggalkan noda kuning di tangan, kuku dan juga benda-benda yang bersentuhan langsung dengannya. Noda ini tentunya sangat mengganggu dan sulit dihilangkan.

Tahukah anda? Supaya tidak terlalu repot dengan urusan noda Kunyit, sebenarnya kita bisa menghindari dan mencegah noda Kunyit tersebut dari awal. Sebelum noda Kunyit datang, kita bisa mencegahnya. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengupas Kunyit Di Air Mengalir

Saat mengupas Kunyit, sebaiknya dilakukan dibawah air yang mengalir. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir warna Kunyit yang menempel di kulit. Warna Kunyit dapat hilang seiring dengan aliran air yang membasahi kunyit.

2. Menggunakan Sarung Tangan Atau Plastik

Untuk mencegah noda Kunyit yang menempel di tangan dan kuku, anda bisa melapisi tangan dengan sarung tangan plastik atau lateks saat mengupasnya. Dengan cara ini kulit tangan tidak akan menyentuh Kunyit secara langsung sehingga nodanya dapat diminimalisir.

3. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak Kelapa ternyata juga bisa mencegah warna kuning dari Kunyit menempel di kulit. Caranya adalah dengan mengoleskan Minyak Kelapa di permukaan tangan sebelum mengupas Kunyit. Setelah mengupas, segera cuci tangan hingga bersih. Dijamin noda Kunyit akan hilang dengan segera. Sifat Minyak Kelapa yang licin akan membuat noda Kunyit sulit menempel ditangan.

4. Jangan Ditekan Dan Cuci Tangan Segera

Jika keadaan darurat dan semua cara diatas tidak bisa dilakukan. Cara paling mudah untuk menghindari noda Kunyit yang menempel di tangan adalah dengan tidak menekan Kunyit terlalu dalam saat mengupas. Kunyit juga jangan dipegang terlalu erat. Setelah selesai mengupas, segera cuci tangan dengan sabun atau lap kain serbet.

Baca juga : Manfaat Bawang Putih Untuk Kulit Wajah

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya noda Kunyit di kulit atau kuku saat mengupas. Namun apabila noda Kunyit sudah terlanjur menempel di tangan atau benda-benda yang bersentuhan langsung dengannya, caranya tentu beda lagi.

Menghilangkan Noda Kunyit
Noda kunyit di tangan

Berikut ini adalah cara terbaik menghilangkan noda Kunyit yang menempel di tangan dan benda-benda lainnya.

1. Menggunakan Lengkuas

Saat memarut atau memotong Kunyit menggunakan pisau atau parutan, noda kuning pasti langsung menempel. Ini tentunya sangat mengganggu, karena bisa jadi alat tersebut digunakan lagi untuk keperluan lainnya. Untuk menghilangkannya cukup mudah, ambil seruas Lengkuas, potong sedikit, lalu gosok-gosokkan pada noda kuning di pisau atau parutan. Setelah digosok hingga nodanya tertutup semua, cuci peralatan dengan sabun seperti biasa lalu bilas hingga bersih. Cara ini tidak hanya untuk pisau atau parutan, namun bisa juga digunakan untuk peralatan masak dari stainless steel lainnya.

2. Baking Soda
Jika di rumah tidak ada Lengkuas, kita bisa juga menggunakan Baking Soda sebagai media pembersih. Caranya adalah dengan membuat pasta dari campuran Baking Soda dan air secukupnya. Pasta in bisa digosokkan pada noda kuning yang menempel di peralatan masak. Setelah merata, cuci hingga bersih. Cara ini juga dapat digunakan untuk membersihkan noda pada blender.

Baca juga : Pembuktian Serai Untuk Mengusir Nyamuk

3. Minyak Kayu Putih, Minyak Zaitun, Atau Minyak Jarak
Noda kunyit yang menempel di tangan serta kuku sangatlah mengganggu penampilan. Hal ini bikin kesal dan butuh waktu lama untuk menghilangkannya. Tapi tenang!!, anda tetap bisa menghilangkannya dengan segera. Caranya, ambil Minyak Kayu Putih, Minyak Zaitun, atau Minyak Jarak (bisa pilih salah satu). Tuangkan salah satu minyak tersebut ke tangan, lalu gosok berlahan pada tangan yang terkena noda kuning. Setelah itu gosoklah tangan dengan handuk atau kain hangat. Cuci hingga bersih.

4. Campuran Air Jeruk Lemon dan Baking Soda
Untuk noda Kunyit di kuku, caranya juga relatif mudah. Campurkan air jeruk lemon dengan baking soda hingga membentuk pasta. Lalu gosokkan ke kuku menggunakan sikat gigi hingga noda hilang.

5. Campuran Baking Soda, Air Hangat dan Cuka
Saat memasak Opor Ayam atau Soto, kadang kuahnya tidak sengaja terciprat ke baju atau pakaian. Bisa juga saat sedang mengiris Kunyit, tanpa sadar kita mengelap tangan ke baju yang digunakan. Akibatnya terdapat noda kuning khas kunyit pada baju dan sulit dihilangkan.

Supaya tidak permanen, noda kunyit tersebut harus segera ditangani. Caranya adalah dengan membilas bagian pakaian yang terkena noda Kunyit menggunakan air dingin. Lalu campurkan baking soda, air hangat, dan cuka hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada pakaian/baju yang terkena noda. Gosok secara perlahan dan diamkan hingga 10 sampai 15 menit. Bilas dengan air dingin lagi.

Baca juga : 5 Cara Alami Samarkan Kerutan di Wajah

6. Sabun Cuci Piring
Cara lainnya untuk menghilangkan noda Kunyit pada pakaian adalah dengan menggunakan sabun cuci piring. Caranya, basuh pakaian yang terkena noda dengan menggunakan air dingin. Lalu oleskan sabun cuci piring pada bagian yang terkena noda. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin. Terakhir, oleskan cuka putih pada bagian baju yang terkena noda dan cuci seperti biasa.

Pada dasarnya Kunyit adalah bahan serba guna dan banyak manfaatnya. Jadi, kalau sudah tahu cara menghindari dan menghilangkan noda Kunyit seperti ini, tak perlu lagi takut lagi berekapresi dan bergulat dengan Kunyit. Silakan dicoba dan dipraktekkan.

(Visited 95 times, 1 visits today)
12 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!