MENGAPA ADA TUJUH HARI DALAM SEMINGGU ?

 

Mengapa dalam seminggu ada tujuh hari ? mungkin ada sebagian dari kita yang bertanya tanya dan penasaran kenapa dalam seminggu tidak 4 hari, 5 hari, 8 hari dan seterusnya. Ada apa dengan angka 7 ? Penjelasan dibawah ini semoga saja bisa mengobati rasa penasaran kita.

Pada zaman dahulu orang-orang berkeyakinan bahwa tujuh benda langit mempengaruhi bumi. Ini selanjutnya dikaitkan dengan kepercayaan akan adanya tujuh lapis langit. Di langit pertama ada bulan. Langit kedua ditempati Markurius (bintang utarid). Venus (bintang kejora) berada di langit ketiga. Sedangkan matahari ada di langit keempat. Di langit kelima ada Mars (Bintang Marikh). Di langit keenam ada Yupiter (Bintang Musytari) langit ketujuh ditempati oleh Saturnus (Bintang Siarah). Itulah keyakinan lama yang mengaanggap bumi sebagai pusat alam semesta. namun tidak berlaku untuk masa sekarang.

Orang-orang zaman dahulu percaya bahwa ketujuh benda langit mempengaruhi kehidupan di bumi. Pengaruhnya bergantian dari jam ke jam dengan urutan mulai dari yang terjauh Saturnus sampai yang terdekat Bulan. Karena itulah hari pertama dalam bahasa Inggris disebut Saturday (Hari Saturnus) atau dalam bahasa jepang disebut dengan Doyoubi (Hari Saturnus/Dosei). Dalam bahasa Indonesia Saturday adalah sabtu. Menurut penelitian kalau kita menghitung mundur sampai tahun 1 Masehi, tanggal 1 Januari pada tahun 1 Masehi memang jatuh pada hari Sabtu.

Jam kedua dipengaruhi oleh Jupiter, selanjutnya Mars. Matahari, Venus, Merkurius, Bulan. Saturnus dan Jupiter. Demikianlah berulang seterusnya. Kemudian pukul 24 dipengaruhi oleh Mars. Maka jam pertama di hari berikutnya dipengaruhi oleh Matahari. Karena itulah hari berikutnya disebut dengan “Hari Matahari” atau Sunday” dalam bahasa Inggris atau nichiyobi dalam bahasa Jepang. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan Ahad atau Minggu.

Kalau diurutkan lagi setiap jamnya, maka jam pertama di hari ketiga dipengaruhi oleh bulan, karena itu disebut dengan “hari bulan” yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Monday atau dalam bahasa Jepang disebut Getsutobi dan dalam bahasa Indonesia disebut Senin. Jam pertama hari keempat dipengaruhi oleh Mars dan disebut dengan “hari Mars” (selasa). Hari kelima pada jam pertama dipengaruhi oleh Merkurius dan disebut dengan hari Merkurius (Rabu). Hari Kamis jam pertamanya dipengaruhi oleh Jupiter dan disebut “Hari Jupiter”. Hari ketujuh (Jumat) dipengaruhi oleh Venus dan disebut dengan “Hari Venus”.

hari dlm seminggu

Itulah sekilas sejarah lahirnya pembagian nama tujuh hari dalam sepekan yang berasal dari pemahaman orang-orang terdahulu tentang tujuh langit. Semoga bisa mengambil manfaat didalamnya.

 

11 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!