MENGAPA KITA HARUS BANGGA MEMAKAI BATIK? 

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki budaya yang sangat banyak dan beragam. Aneka suku bangsa yang bermukim di tanah Indonesia dan tersebar di ribuan pulau menjadi salah satu pemicu kayanya budaya bangsa ini. Salah satu hasil kebudayaan yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia dan terkenal hingga mancanegara adalah seni batik. 

Desain dan motif batik yang unik dan berbeda dengan tekstil lainnya membuat karya seni budaya asli Indonesia ini berhasil masuk ke dalam pasar internasional. Berbagai motif batik terbaik Indonesia disukai oleh para wisatawan asing. Hal ini terlihat dengan tingginya minat para wisatawan terhadap seni batik. Mereka membeli berbagai produk batik Indonesia untuk digunakan sendiri dan dijadikan buah tangan dari Indonesia. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang mempelajari dengan seksama cara membuat batik. 

Memakai batik
Motif batik (sumber gambar : batikkerisonline.co.id)

Kita sebagai rakyat Indonesia tentunya harus memiliki rasa bangga terhadap seni batik. Jangan mau kalah dengan wisatawan asing yang hanya bertamu di negara kita. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kita harus merasa bangga memakai batik : 

1. Batik Adalah Seni Budaya Asli Indonesia

Pakaian bernuansa batik saat ini telah dikenal sebagai pakaian khas dari Indonesia. Batik tidak hanya merupakan sebuah karya seni yang berbentuk kain tradisional. Namun lebih daripada itu, didalam motif batik terkandung nilai sejarah dan nilai seni yang sangat tinggi. Batik merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang telah berhasil diwariskan secara turun temurun dan dari generasi ke generasi. Batik menjadi salah satu seni budaya asli Indonesia yang masih terjaga hingga kini. Tidak ada satupun negara di dunia yang mempunyai karya seni budaya seperti batik. 

2. Batik Manifestasi Budaya Dunia

Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO sebagai badan resmi PBB yang mengurus Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan telah menobatkan batik sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity, atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi. Hal inilah yang membuat pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Dengan demikian, batik bukan hanya sebagai produk seni budaya indonesia, namun batik juga termasuk salah satu manifestasi dunia. 

3. Membuat Indonesia Lebih Dikenal Di Dunia

Tidak dapat dipungkiri lagi, batik telah menjadi produk seni budaya bangsa Indonesia yang terkenal hingga mancanegara. Kain dan juga baju batik terbaik Indonesia telah menjadi buah tangan khas yang kerap dibawa oleh para wisatawan asing saat kembali ke negara mereka. 

Para artis top dunia seperti Jessica Alba, Reese Witherspoon dan juga Julia Roberts pernah terlihat memakai baju batik dalam keseharian mereka. Hal ini tentunya membuat kita semakin bangga, batik telah berhasil go internasional dan dikenal di berbagai belahan dunia. Jika melihat batik, negara yang terlintas pertama kali di pikiran adalah Indonesia. 

4. Batik Merupakan Karya Seni Bernilai Tinggi

Sudah banyak diketahui, batik mempunyai beragam jenis motif dan pola yang sangat banyak. Desain, pola dan motif batik merupakan sebuah karya seni yang berasal dari tangan-tangan terampil para seniman batik. Proses pembuatannya juga tidak sebentar dan melewati beberapa tahap. 

Memakai batik
Proses membuat batik (sumber gambar : pixabay.com)

Batik dibuat dengan motif dan pola tertentu yang memiliki makna dan filosofi tertentu. Motif-motif tersebut disesuaikan dengan asal daerah pembuatan batik dan mengandung nasihat yang baik untuk kehidupan umat manusia. Setiap guratan motifnya, terdapat sebuah maha karya seni yang bernilai tinggi. 

5. Bangkitkan Rasa Nasionalisme

Berbagai macam motif batik yang ada di indonesia menjadi ciri khas yang dapat mempersatukan rakyat indonesia. Di acara-acara kenegaraan, pemimpin-pemimpin kita sering menggunakan batik sebagai pakaian resmi mereka. Di acara pernikahan, sebagian besar masyarakat yang hadir banyak yang memakai batik. Dikampus kampus atau perkantoran, juga marak sekali pemakaian batik di hari-hari tertentu. 

Baca juga : Ibu-ibu Pemakai Daster

Secara tidak langsung, memakai batik dapat menjadikan seseorang menunjukkan identitasnya. Hal inilah yang menjadikan siapa pun merasa bangga jadi orang Indonesia dan membangkitkan semangat nasionalisme di dalam dada.

6. Batik Lebih Nyaman Dibandingkan Pakaian Tradisional Bangsa Lain

Dalam kesehariannya, kain batik telah menjadi pakaian yang dipakai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Pakaian Batik tidak kalah dengan Kimono dari Jepang ataupun hanbok dari Korea Selatan. 
Kelebihan pakaian batik dibandingkan dengan pakaian tradisional dari negara lain adalah lebih mudah dipakai, nyaman dan dapat disesuaikan model dan potongannya. Batik dapat dipakai setiap hari dengan nyaman dan untuk berbagai macam kegiatan.

7. Batik Ikut Memajukan Perekonomian Lokal

Memakai batik
Pengrajin batik (sumber gambar : pixabay.com)

Dengan membeli dan memakai kain batik, berarti kita telah membantu para pembuatnya lebih maju dan berkembang. Pembuat kain batik yang notabennya adalah penduduk lokal suatu daerah, perekonomiannya akan terangkat bila batik buatannya laris manis. Hal itu akan membuat perekonomian lokal dapat maju lebih baik. 

Demikian beberapa alasan mengapa kita harus bangga memakai batik. Dengan bangga memakai batik, maka akan membuat batik menjadi semakin dikenal secara luas dan menjadi tuan rumah di dalam negaranya sendiri. Kalau bukan kita, Siapa lagi?? Ayo lestarikan batik!!!!!   

3 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!