Mengenal Berbagai Macam Jerawat Pada Wajah

Mempunyai wajah yang putih, bersih dan berseri merupakan dambaan bagi setiap orang, baik pria maupun wanita. Karena hal itu merupakan prasyarat agar terlihat goodlooking di hadapan orang lain. Namun keinginan tersebut seolah-olah sirna ketika wajah mengalami masalah. Masalah wajah yang sering ditemui adalah jerawat. 

Sebagian besar orang sangatlah merasa terganggu dengan yang namanya jerawat, mereka melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya, salah satunya adalah dengan memakai obat jerawat supaya dapat menghilangkan gangguan tersebut baik dari dalam maupun luar.



Jerawat merupakan permasalahan yang paling umum dan sering muncul pada kulit, yang ditandai dengan adanya komedo, kulit kemerahan karena iritasi, noda hitam, atau bintik merah membengkak hingga bernanah. Masalah jerawat ini memiliki beragam jenis yang berbeda. Hal tersebut disebabkan karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, sehingga berpengaruh pada jerawat yang timbul dan karakter jerawat yang berbeda pula. Macam-macam jerawat tersebut diantaranya:

Komedo terbuka dan tertutup

Komedo terbuka merupakan gangguan kulit yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit. Selain itu juga disebabkan oleh kadar minyak berlebih yang dihasilkan oleh kelenjar keringat. Secara fisik jenis permasalahan kulit ini tidak memicu peradangan dan biasanya timbul di hidung maupun bokong. Sedangkan komedo tertutup areal timbulnya jerawat bisa dimana saja.

Papula

Papula memiliki karakter gundukan merah dan agak meradang, namun tidak terisi nanah. Jika hal ini terus dibiarkan maka papula ini bisa berubah wujud menjadi pustula.

Pustula

Pustula merupakan papula yang timbul jika tidak diobati dengan segera. Umumnya pustula ini merupakan karakter jerawat yang biasanya selama ini sudah diyakini masyarakat.

Nodul atau kista

Jerawat ini timbul kerika sebuah folikel yang tengah meradang meletus tepat di bawah permukaan kulit, terasa sakit ketika disentuh dan merupakan jerawat lebih parah dari jenis jerawat sebelumnya

Jerawat conglobata

Jerawat ini ditandai dengan benjolan berukuran besar yang meradang dan akan bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. Sehingga perlu penanganan obat alergi kulit yang tepat untuk menghindari jerawat ini.

Jerawat fulminans

Jerawat ini merupakan jenis jerawat yang terbentu disaat jerawat conglobata tidak dapat disembuhkan dengan baik, terasa sakit serta terjadi menimbulkan terjadinya peradangan pada sendi.

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!