Mengenal Tentang Pelabuhan

Kereta api punya jalur bagi jalannya sendiri yakni rel. Bus, taksi, mobil sedan, truk dan sebagainya juga mempunyai jalur yang bernama jalan raya.
Alat transportasi laut dan udara meskipun tidak punya jalur yang terlihat jelas, namun tempatnya sudah ditentukan yakni diatas awan. Kapal, perahu, verry dsb jalurnya di wilayah perairan laut / sungai, sementara pesawat, helicopter, jet dsb jalurnya ada di udara.
Tempat pemberhentian masing-masing alat transportasi juga berbeda-beda. Kereta api mempunyai tempat berhenti dan berangkat bernama stasiun. Bus, taksi, truk dan lain-lain mempunyai terminal atau pangkalan, sementara alat transportasi udara mempunyai bandara sebagai tempat berhenti atau berangkatnya. Alat transportasi laut seperti perahu atau kapal juga mempunyai tempat pemberhentian yang disebut dengan pelabuhan.
Pembahasan saya kali ini adalah mengenai sebuah tempat bernama pelabuhan, yang tidak semua kota/tempat bisa mempunyainya.

image

Pelabuhan dibuat ditepi pantai yang dalam namun tidak berombak, ada juga yang dibuat ditepi sungai-sungai besar.
Pelabuhan tidak boleh dibuat di perairan yang dangkal, karena kapal-kapal besar tidak akan bisa merapat di tempat dangkal dan akan kandas. Padahal fungsi pelabuhan adalah sebagai tempat berlabuhnya semua kapal baik besar maupun kecil. Pelabuhan juga tidak boleh dibuat di tepi laut yang berombak, kapal kapal yang berlabuh tidak akan tenang karena akan terganggu oleh ombak besar. Sehingga hal itu akan menyulitkan kapal untuk bongkar muat penumpang dan barang. Pelabuhan juga tidak boleh terletak dalam teluk atau di belakang sebuah pulau karena tidak baik dan menyulitkan dalam mencapai tempatnya.
Di Negara Indonesia, saat ini terdapat kurang lebih 600 pelabuhan. Dari waktu ke waktu jumlahnya akan terus bertambah seiring kebutuhan. Pemerintah Indonesia saat ini juga sedang mengupayakan agar di setiap tempat / daerah yang mempunyai laut, dapat disinggahi oleh kapal. Hal itu bertujuan agar sarana transportasi kian lancar dan tidak ada lagi tempat yang terisolir / terpisah dengan daerah lainnya.
Beberapa nama pelabuhan besar yang ada di Indonesia diantaranya yaitu : Pelabuhan Tanjung Priuk di Jakarta, Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, Pelabuhan Teluk Bayur di Belawan dan lain-lain.
Di tiap-tiap pelabuhan terdapat gudang tempat untuk penyimpan barang-barang, alat-alat untuk bongkar muat barang, kantor bea cukai dan sebagainya. Untuk perawatan kapal kapal yang rusak dan juga pembuatan kapal-kapal baru banyak pula didirikan dok. Di Surabaya Jawa Timur terdapat sebuah pabrik pembuatan kapal yang bernama PT PAL.
Di Pulau yang banyak terdapat sungai-sungai besar dan hutan belantara dibangun juga pelabuhan kecil yang diperuntukkan untuk sarana perhubungan bagi perahu dan kapal-kapal kecil. Terdapat juga bus Air yang dapat digunakan untuk mengangkut penumpang. Sungai Kapuas di Kalimantan dapat dilayari sampai jauh ke pedalaman dan dibuat pelabuhan di salah satu tepinya. Begitu juga dengan pelabuhan Palembang di Sumatra yang dibangun di tepi sungai Musi. Dengan adanya pelabuhan di tepi sungai, Kapal-kapal besar maupun kecil dapat berlabuh dan berlayar sampai ke pedalaman yang jauh dari laut.

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!