CARA RUMAHAN MENGOLAH DAGING MENJADI SOSIS

​Pada hari raya Idul ADHA, hampir seluruh warga masyarakat mempunyai stok daging di rumahnya. Aneka masakan dari bahan dasar daging diolah dan disajikan ibu-ibu dirumahnya. Ada yang dibuat gulai, dibuat sup, sate, pentol dan lainnya. 


Ada satu lagi makanan yang bisa diolah dari daging yakni sosis. Makanan jenis ini memang sudah tersedia cukup banyak di toko. Namun sayangnya banyak mengandung bahan pengawet dan bahan-bahan pembuatnya banyak bahan kimia, sehingga kandungan gizinya juga meragukan. Jika bisa membuat sendiri di rumah tentu tak perlu membeli di toko lagi. 

Bagi yang tidak tahu cara pembuatan sosis, berikut kami sajikan  resep membuat sosis yang mudah, enak dan bergizi. Bahannya sederhana dan prosesnya juga cepat. 

Bahan-bahan Sosis Rumahan yang lezat :

  1.  500 gram daging dipotong kecil-kecil
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 bungkus lada bubuk
  4. 4 sdm tepung maizena
  5. 4 sdm tepung tapioka
  6. Penyedap rasa
  7. 1 butir telur
  8. 1 batang bawang daun 
  9. Air secukupnya

Langkah – langkah pembuatannya

  1. Haluskan daging bersama bawang putih, lada bubuk, bawang daun dan air. Bisa menggunakan blender atau mesin penghalus daging. Setelah halus, tuangkan kedalam wadah yang disiapkan.
  2. Masukkan tepung maizena, tepung tapioka dan penyedap rasa ke wadah berisi daging halus. Aduk hingga rata. Jangan lupa sedikit diicipi untuk mengetahui rasanya. Kalau kurang asin bisa ditambahi garam, kalau keasinan bisa ditambahi tepung dan bumbu lain.
  3. Jika rasanya sudah enak dan pas, masukkan adonan ke dalam plastik. Bisa menggunakan plastik es atau plastik contong. Lalu ikat sampai kencang dengan rafia atau karet. Usahakan tidak ada rongga udara yang terbentuk. Jika masih ada rongga udara dalam plastik, tusuk-tusuk dengan jarum supaya udara keluar.
  4. Kukus bahan-bahan itu selama 30 menit. Setelah 30 menit, angkat dan tiriskan sambil diangin-angin sampau dingin.
  5. Jika sudah dingin masukkan ke dalam kulkas supaya kenyal dan padat. 

Sosis yang kenyal dan enak telah siap disajikan. Cara memakannya bisa langsung dimakan menggunakan saus, digoreng, dipanggang atau digunakan sebagai campuran sayur. 

Selamat mencoba !! 

Baca juga Cara membuat pentol bakso

Jangan lupa tinggalkan saran dan komentar di bawah za….. 

One Comment

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!