Motivasi Dan Harapan Mengikuti ODOP 

Istilah ODOP sekarang ini sangat booming. Saya yang belum pernah mengikuti jadi pengen untuk mencobanya. Mumpung ada grup Blogger Muslimah Indonesia yang mengadakannya di bulan Oktober ini. Ada banyak motivasi dan harapan mengikuti ODOP tersebut.

Bagi yang belum pernah mendengar istilah tersebut pasti bingung, Apa sih ODOP itu?. Disini saya akan sedikit menjelaskan. Yang sudah mengetahui harap diabaikan saja. ODOP adalah singkatan dari One Day One Post. Ini merupakan istilah dalam perbloggingan dimana penulis harus menulis dan mempostingnya di satu blog selama waktu yang ditentukan. Syarat dan Ketentuannya berbeda di masing-masing grup.

Menulis Blog

Pada bulan Agustus kemarin, Grup Blogger Muslimah Indonesia sudah mengadakan program ODOP bagi anggotanya. Tapi saat itu saya tidak bisa mengikutinya karena merasa tidak sanggup. Di bulan Agustus biasanya ada banyak kegiatan baik di tingkat RT, Desa hingga Kecamatan. Saya sendiri khawatir tidak bisa konsisten menulis karena sibuk mengikuti kegiatan Agustusan tersebut. (Baca : Lomba Agustusan Brillian).

Saat ODOP dibuka di Bulan Oktober ini, saya buru buru untuk mendaftar. Disamping untuk mengasah kemampuan, saya juga ingin mendapatkan berbagai manfaat dari ODOP ini seperti yang sudah dituliskan oleh para Blogger lain.

Ketentuan ODOP Blogger Muslimah seperti yang tertera di grup facebook adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan pendaftaran di thread yang sudah dibuat PJ. Hanya satu blog selama satu bulan.
  2. Melakukan posting di blog yang terdaftar terhitung tanggal 2 Okt-31Okt 2017.
  3. Postingan minimal 300 kata. Sesuai niche masing-masing blog. Boleh mengikuti lomba atau yang lainnya. Kecuali pada postingan pertama tema ditentukan oleh PJ.
  4. Submit link postingan di thread yang akan dibuka oleh PJ setiap harinya. 
  5. Diberikan libur (boleh tidak posting) dalam satu bulan maksimal 4 kali. Boleh diambil secara berturut-turut ataupun secara acak. 
  6. Pada saat submit, berikan hestek sesuai dengan urutan postingan yang telah dibuat di blog masing-masing. Contoh hestek: #ODOPOKT1 #ODOPOKT2Libur tidak dihitung, jadi hestek dilanjutkan sesuai urutan posting yang sudah dilakukan. Jadi jika hari ketiga libur dan hari keempat atau kelimanya baru posting, maka hestek tetap jadi #ODOPOKT3.
  7. Menyediakan label khusus (untuk blogspot) atau tag (untuk WP) di blog dengan nama ODOP BLOGGER MUSLIMAH OKT 2017. Semua postingan wajib masuk ke label/tag itu.
  8. Khusus postingan pertama tanggal 2 Okt 2017, semua peserta wajib menulis dengan tema: Jangan Melupakan Sejarah. Tulisan tidak harus bernuansa politik, olah sebisa mungkin agar menarik dan sesuai dengan blog masing-masing. Wajib memberi link ke www.bloggermuslimah.id pada kalimat Blogger Muslimah Indonesia. Ini hanya untuk postingan hari pertama yang temanya ditentukan.
  9. Untuk postingan berikutnya tema bebas, dan di akhir postingan kalau bisa (tidak wajib) tuliskan: Tulisan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post Blogger Muslimah.
  10. Wajib pasang banner logo Blogger Muslimah Indonesia di blog.

Motivasi Harapan ODOP

Bagi saya menulis adalah hobi. Salah satu sarana penyaluran hobi menulis saya adalah lewat blog. Setelah menekuni dunia blogging setahun belakangan ini, ternyata saya menemukan berbagai manfaat dan juga keuntungan didalamnya. Akhirnya sampai sekarang tetap pengen berkecimpung didalamnya tanpa pengen ganti yang lain. Kalau ada stimulus seperti ODOP ini jadi lebih bersemangat dalam melakukannya.

Baca juga : Bertemu Blogger Hebat Bikin Ngeblog Makin Semangat

Motivasi dan harapan mengikuti ODOP ini sengaja saya tulis untuk lebih meneguhkan niat saya mengikuti ODOP. Menuliskan Motivasi dan harapan mengikuti ODOP juga saya jadikan bahan postingan Blog ini di hari kedua ODOP. Meski agak sedikit telat, semoga kedepannya bisa lancar ya dan lebih baik.

Blog Coretan Dari Desa ini adalah blog utama, namun saya punya beberapa Blog lain yang juga perlu diisi. Biasanya saya memang selalu menulis, tapi tidak rutin setiap hari. Hanya saat ada waktu luang saja. Tulisan tersebut saya sebar di berbagai blog yang saya kelola.

Keputusan untuk mengikuti ODOP ini mungkin akan berdampak pada blog lainnya. Blog TBM BINTANG BRILLIANT,KB-RA MUSLIMAT dan Desa Pucangro mungkin sedikit terabaikan. Begitu juga dengan Blog Generasi Indonesia dan Blog Munasyaroh Fadhilah kemungkinan akan kosong di bulan ini karena mau fokus dengan ODOP di Blog Coretan Dari Desa.

Untuk penulisan ODOP bulan ini, saya sudah mempunyai banyak rencana dan strategi. Ada banyak bahan yang sudah berputar putar di benak saya dan pengen dikeluarkan. Disamping itu ada banyak draf tulisan yang sudah saya punyai tapi tak kunjung terpublis karena berbagai alasan. Dengan adanya ODOP ini semoga saya lebih termotivasi menyelesaikan draf draf tersebut dan mempostingnya di blog.

Acara pelatihan di Bali yang saya ikuti di pertengahan Oktober ini, nantinya juga akan jadi bahan tulisan yang mengasyikkan. Buat para pembaca setia blog ini semoga tidak bosan untuk berkunjung dan membaca artikel yang saya tulis nanti. Maafkan saya jika artikel artikel di blog ini nantinya banyak berisi curhatan dan pengalaman pribadi yang tidak berkenan di hati.

Motivasi dan harapan mengikuti ODOP bukanlah sebagai ajang pamer atau riya. Dengan mengikuti program #ODOPOKT #bloggermuslimahindonesia ini, saya berharap kemampuan mendapatkan ide dan menulis makin terasah dan para pembaca bisa mengambil manfaatnya.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam One Day One Post Blogger Muslimah Indonesia.”

#ODOPOKT2

4 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!