Nutrisi Penting Buat Ibu Hamil

Mempunyai buah hati yang lucu dan gemesin adalah dambaan bagi semua pasangan yang telah menikah. Namun tak jarang penantian untuk memiliki buah hati tidak kunjung terwujud. Berbagai cara agar cepat hamil dicoba agar bisa mendapatkan buah hati secepatnya. Bagi yang berhasil tentu harus bersyukur, sedangkan yang belum, pasrah kepada Allah SWT dan terus berusaha menjadi jalan terbaik.

Nutrisi penting buat ibu hamil
Sumber gambar : pixabay.com

Proses mendapatkan buah hati diawali dengan masa kehamilan yang dialami oleh seorang wanita. Dalam masa kehamilan, seorang wanita atau yang disebut dengan ibu hamil membutuhkan tambahan nutrisi dalam tubuhnya. Nutrisi yang dibutuhkan 2 kali lipat dari biasanya karena nutrisi tersebut bukan hanya untuk dirinya sendiri, namun juga untuk calon buah hati dalam perutnya.

Program hamil yang sudah sukses harus diteruskan dengan pemberian nutrisi yang cukup bagi ibu hamil agar kesehatan fisik dan mental ibu hamil serta janinnya terjaga.

Berikut ini adalah beberapa nutrisi penting buat ibu hamil yang harus dicukupi kebutuhannya.

1. Zat besi
Pada masa kehamilan, kebutuhan zat besi dalam tubuh ibu hamil jadi lebih banyak dibanding saat normal. Hal itu dikarenakan janin di dalam perut juga membutuhkan pasokan darah dari sang ibu. Pasokan darah didapat dari zat besi yang berfungsi sebagai pembuat sel darah merah di dalam tubuh. Jika zat besi mencukupi, ibu hamil tidak akan cepat lelah dan terhindar dari penyakit anemia.

Nutrisi penting buat ibu hamil yang berupa zat besi bisa didapatkan dari susu, daging merah tanpa lemak, ikan, daging ayam, kacang merah, kubis, bayam dan berbagai sayuran hijau lainnya.

Baca juga : Aneka Tanaman Pertanian dan Perkebunan

2. Asam Folat
Nutrisi yang berupa Asam Folat sebenarnya sudah dibutuhkan ibu hamil saat sedang merencanakan kehamilannya. Pada saat hamil, kebutuhannya juga harus tetap tercukupi. Asam folat ini gunanya untuk mencegah keguguran, kelahiran prematur, dan anemia saat hamil.

Makanan seperti sayuran hijau, jeruk, lemon, mangga, tomat, kiwi, melon, strawberi, kacang-kacangan, merupakan sumber nutrisi Asam Folat. Pada beberapa ibu hamil, asupan Asam Folat mungkin membutuhkan bantuan dari produk suplemen seperti harvest supplement khusus ibu hamil.

3. Kalsium
Pada masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan kalsium yang cukup tinggi sebagai penunjang nutrisi tubuhnya. Zat Kalsium dapat mencegah ibu hamil terkena tekanan darah tinggi dan juga diperlukan untuk mengganti kalsium dalam tubuhnya yang diambil oleh janin dalam kandungan.

Saat dalam kandungan janin atau bayi membutuhkan banyak kalsium untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Bayi mengambil kebutuhan kalsiumnya dari tubuh sang ibu, sehingga untuk menjaga kepadatan tulang ibu, sang ibu membutuhkan banyak asupan kalsium.

Nutrisi penting buat ibu hamil yang berupa kalsium bisa didapatkan dari susu, yogurt, keju, kacang almond, ikan salmon, bayam, brokoli, dan lainnya.

Baca juga : Bunga Bunga Yang Bisa Dimakan

4. Vitamin D
Vitamin D dibutuhkan ibu hamil untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi calon bayi. Vitamin D juga diperlukan untuk membantu tubuh ibu menyerap kalsium yang didapat dari makanan.

Sinar Matahari pagi adalah sumber vitamin D yang baik bagi ibu hamil. Disamping itu, Vitamin D juga bisa diperoleh dari sumber makanan seperti susu, jus jeruk atau sereal yang sudah diperkaya dengan vitamin D, telur, serta ikan.

5. Vitamin C
Vitamin C berguna untuk membantu tubuh menyerap zat besi dan menjaga kesehatan pembuluh darah serta sel darah merah. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang, gigi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Asupan vitamin C dapat diperoleh dengan mengonsumsi jeruk, lemon, mangga, kiwi, melon, strawberi, brokoli, tomat, kentang dan lainnya.

6. Kalori
Selama proses kehamilan, ibu hamil memiliki kebutuhan energi yang meningkat. Energi ini digunakan untuk pertumbuhan janin, pembentukan plasenta, pembuluh darah, dan pembentukan jaringan baru. Selain itu, tambahan kalori dibutuhkan sebagai tenaga untuk proses metabolisme jaringan baru.

Sumber kalori dapat diperoleh dari makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Misalnya nasi, umbi-umbian dan susu.

Selain 6 nutrisi diatas, ibu hamil juga membutuhkan zat gizi lainnya seperti vitamin B1, B2, asam pantotenat, niasin (vit.B3 yang larut air), vitamin B6 dan B12, mineral, protein, dan lain-lain. Bagi yang sedang melakukan berbagai Tips cepat hamil setelah KB nutrisi penting buat ibu hamil yang disebutkan diatas perlu diperhatikan juga. Karena hal itu penting sekali bagi kesehatan ibu dan bayi.

(Visited 1 times, 1 visits today)
5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!