Peringatan Hari Blogger Nasional

Bagi bangsa Indonesia tanggal 28 Oktober adalah salah satu hari yang bersejarah dan selalu diperingati setiap tahunnya. Tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari Sumpah pemuda dan menjadi tonggak persatuan dan kesatuan Indonesia. Bagi para blogger Indonesia, sehari sebelum tanggal 27 Oktober juga menjadi hari yang penting. Pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Blogger Nasional.

Blogger adalah sebutan bagi orang yang menulis di sebuah blog dan menjadi salah satu profesi/pekerjaan sehari-hari. Ada yang menyebut profesi ini dengan dobel g, ‘blogger’, ada juga yang menulisnya dengan hanya satu g, yakni bloger. Keduanya punya arti yang sama. Saya harap tidak ada yang mempermasalahkan hal ini. 

Awal mula blog sendiri adalah singkatan dari web log yang berarti tulisan serupa jurnal/buku harian yang ditampilkan di web. Ciri khas dari sebuah blog adalah tulisan didalamnya tersusun secara kronologis, dimana tulisan terbaru ada pada bagian paling awal/atas, sedang tulisan yang lebih lama berada dibawahnya. Pada perkembangan selanjutnya web log disebut sebagai blog, dan mulai ditambahkan berbagai fasilitas penunjang didalamnya seperti kolom komentar, RSS feed, dan lainnya.

Baca juga : Ngeblog Lebih Happy Dengan Alat Canggih

Syarat utama untuk menjadi blogger adalah bisa menulis dan punya jaringan internet. Perlengkapan dan sarana lain bisa menyusul. Ada berbagai banyak pilihan teknologi yang bisa digunakan untuk blogging, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Petunjuk tentang metode dan teknik blogging juga sudah tersedia banyak di dunia maya. Asalkan tekun mencari informasi, pasti akan bisa. Untuk menjadi blogger yang terpenting bisa menulis dan punya jaringan internetnya. 

Bagi yang tidak terlalu mendalami dunia blogging, pasti tidak begitu tahu tentang adanya Hari Blogger Nasional ini. Padahal sudah 10 tahun diperingati. Banyak yang beranggapan bahwa profesi Blogger adalah profesi abal-abal dan tidak penting. Keberadaan mereka dianggap sebelah mata. Padahal profesi ini sangat mudah dalam menghasilkan uang, tidak kalah dengan profesi lainnya. 

Pada awalnya Hari Blogger Nasional dikenal dan diperingati sebagai Pesta Blogger. Kebetulan event tersebut diadakan pada tanggal 27 Oktober 2007. Kala itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Bapak Muhammad Nuh membuka sebuah acara yang digagas untuk mewadahi para blogger yang tersebar di seluruh Indonesia. Sejak saat itu, Beliau mencanangkan bahwa pada tanggal 27 Oktober ditetapkan sebagai Hari Blogger Nasional. Dengan demikian bisa dibilang tanggal 27 Oktober 2007 merupakan tonggak ditetapkannya Hari Blogger Nasional.

Baca : Bertemu Blogger Hebat Bikin Ngeblog Makin Semangat

Seiring perkembangan waktu, setiap tahun bahkan setiap saat bermunculan blogger-blogger baru. Kemunculan blogger awalnya masih banyak yang sekedar menulis curhatan saja atau perjalanan hidup mereka. Namun semakin ke sini, para blogger semakin berkembang dan mulai beralih fokus dari hanya sekedar curhatan berganti menjadi profesi yang menggiurkan.

Melalui monentum peringatan Hari Blogger Nasional ini saya mengucapkan SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL buat seluruh Blogger tanah air. Tetap terus menulis dan berbagi informasi pada yang membutuhkan. 

One Comment

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!