MENGUAK POTENSI KOTA SURABAYA DALAM BERBAGAI BIDANG

SURABAYA adalah salah satu kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota yang dijuluki sebagai kota pahlawan ini sangat istimewa. Perkembangannya yang begitu pesat membuat banyak orang tertarik dengan kota yang satu ini. Berbagai potensi kota Surabaya dalam berbagai bidang kian bersinar dan diakui sampai kancah internasional.

Konferensi Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Permukiman pada Juli 2016 memilih Kota Surabaya menjadi Kota Inspiratif Dunia. Surabaya dipilih menjadi kota inspirasi bagi kota lain di dunia berkat pengembangan berbagai bidang yang dimilikinya. Inovasi dan kreativitas yang dilakukan pemerintah kota bersama masyarakat dan juga pihak ketiga patut diapresiasi dan dicontoh oleh pemerintah kota lainnya.

Potensi Kota Surabaya
Patung Suro dan Boyo ikon Kota Surabaya

Kota Surabaya memiliki benyak potensi di berbagai bidang yang terus dikembangkan dan bisa menjadi aset berharga di masa mendatang. Akan tetapi banyak yang tidak menyadarinya dan memandang sebelah mata. Berkat Inovasi dan kreativitas pemerintah kotanya, potensi Kota Surabaya makin bersinar.

Diantara bidang yang mempunyai potensi tinggi di kota Surabaya adalah sebagai berikut :

1. Sarana dan Prasarana Yang Mumpuni dan Ramah Lingkungan

Sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, Kota Surabaya mempunyai banyak sarana dan prasarana yang mumpuni. Berbagai pembangunan terus di galakkan. Mulai pembangunan infrastruktur fisik seperti jalan, gedung pemerintahan, jembatan, stasiun, Terminal hingga penyediaan fasilitas umum seperti taman kota, sarana olah raga dan ruang terbuka hijau.

Yang patut diacungi jempol, ternyata pembangunan-pembangunan yang dilakukan tersebut, ternyata kesemuanya tetap memperhatikan aspek estetika dan keindahan lingkungan. Pembangunan yang berwawasan lingkungan menjadi mekanisme baku yang diterapkan oleh pemerintah kota Surabaya. Meskipun banyak gedung dan bangunan baru yang dibangun, namun ruang terbuka hijau sebagai sumber oksigen tetap dipertahankan. Malah diperbanyak lagi berdampingan dengan infrastruktur yang ada. Di sudut-susut bangunan Kota Surabaya banyak pepohonan/bunga yang diletakkan untuk memperindah dan menyejukkan mata. Di Terminal Bungurasih/Purabaya yang serasa Bandara juga banyak tanaman di sudut-sudutnya.

 2. Pengembangan Bidang Pariwisata

Surabaya memiliki banyak potensi di bidang pariwisata yang terus dikembangkan. Mulai dari wisata budaya, wisata alam, wisata kuliner, wisata religi, hingga wisata rekreasi dan wisata belanja. Semuanya lengkap ada di Kota Surabaya. Dari ujung timur hingga Barat Kota Surabaya dan dari ujung utara hingga Selatan banyak tempat wisata yang bertebaran. Tempat-tempat wisata tersebut kian hari kian ramai di datangi wisatawan.

Berkembangnya bidang pariwisata di Surabaya ini berimbas pada menggeliatnya industri kreatif masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Banyak pelaku industri kreatif di bidang pariwisata yang bermunculan. Para pelaku industri ini sangat banyak dan beragam. Mulai dari pemilik hotel, pemilik restoran, biro perjalanan wisata, UMKM yang membuat souvenir atau bahkan toko souvenir sendiri.

3. Lingkungan Yang Asri 

Pembangunan kota-kota besar di seluruh dunia beberapa dekade belakang ini menjadi tidak sehat karena banyak aspek, terutama yang berkaitan dengan lingkungan, yang diabaikan. Hal ini terjadi akibat derasnya arus kapitalisasi dan industrialisasi. Namun, pembangunan kawasan kota Surabaya dapat menjadi inspirasi bagi dunia.

Dibawah kepemimpinan Tri Rismaharini sebagai walikota, kota Surabaya telah berulang kali berhasil meraih piala Adipura kategori kota Metropolitan. Tahun 2012 kota Surabaya juga dinobatkan menjadi kota terbaik se-Asia Pasifik dalam mengelola lingkungan hidup. Melalui program “Green and Clean” atau Hijau dan Bersih, Kota Surabaya mendapat julukan sebagai kota pelopor kebersihan di Indonesia. Program ini telah menular dan menjadi inspirasi bagi kota kota lain di sekitarnya, seperti Gresik, Sidoarjo, Lamongan dan kota-kota lain di Indonesia. (baca : Syair Lagu Lamongan Green And Clean)

4. Industri Kreatif Makin Berkibar

Saat ini, Kota Surabaya memantapkan diri sebagai kota perdagangan terbesar kedua di Indonesia dan memegang peranan penting di Indonesia Timur. Pilar utama perdagangan memang berada di pusat bisnis modern dan aktifitas ekspor-impor, namun sektor industri kreatif melalui pasar tradisional dan produk-produk usaha kecil dan menengah juga makin berkibar.

Ada ribuan unit Usaha Menengah Kecil dan Mikro yang tumbuh dan berkembang di Surabaya. Unit usaha-usaha tersebut juga menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit. UMKM-UMKM ini mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah daerah dan disediakan tempat-tempat khusus untuk sentra penjualannya. (baca : Sentra UKM MEER)

Khusus untuk UMKM dibidang makanan dan minuman, Pemerintah Kota memberikan sertifikasi halal. Juga dukungan penuh agar UMKM bisa mendapat akses pasar dengan memberi fasilitas stan di pasar-pasar modern dan mall-mall sehingga mereka sangat diuntungkan. Kegiatan ekonomi jadi makin maju dan berkembang berkat berkibarnya industri kreatif ini.

5. Majunya Bidang Pendidikan 

Sektor pendidikan di Surabaya termasuk sektor yang diunggulkan. Surabaya memiliki sistem pendidikan yang berkualitas terbaik. Dibuktikan dengan status akreditasi A level Nasional yang dimiliki oleh berbagai institusi pendidikan, mulai tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkompeten, pemerintah kota Surabaya juga mencetuskan beberapa program di bidang pendidikan. Diantaranya : Wajib belajar 9 tahun, peningkatan kualitas tenaga pengajar, pelatihan bahasa Inggris, pemberian beasiswa dan juga pendirian rumah pintar (perpustakaan mini/Taman Baca) di berbagai sudut kota.  

Pendirian Rumah Pintar untuk anak-anak yang disokong oleh Astra (sumber : satuindonesia.com)

Perpustakaan kota Surabaya yang merupakan salah satu pendukung dalam bidang pendidikan mendapatkan predikat sebagai perpustakaan daerah terbaik se-Indonesia. Hal itu membuktikan bahwa sistem pendidikan di Surabaya sudah sangat maju dan bisa menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, memiliki pola pikir positif, dan juga berkarakter. (baca Juga : Pengalaman Berkunjung Ke Perpustakaan Surabaya)

 

Surabaya yang merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur memiliki potensi yang sangat besar dalam berbagai bidang. Pengembangan dan kemajuan yang diraih oleh Kota Surabaya saat ini tentu tidak lepas dari peran pihak swasta didalamnya. Private partnership yang terbangun telah mendorong sektor ekonomi industri kreatif makin menggeliat. Tanpa peran pihak swasta dan juga masyarakat, Surabaya tidak akan semaju dan sekuat saat ini. Salah satu pihak swasta yang memberi kontribusi positif pada pembangunan kota Surabaya adalah Astra Indonesia.

Peran Astra bagi kota Surabaya diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Melalui program Kampung Berseri, Astra telah berhasil mengubah kampung kumuh di Keputih Sukolilo Surabaya menjadi kampung yang indah, bersih dan Berseri.
  2. Di bidang pendidikan, Astra telah memberikan bantuan beasiswa kepada ratusan pelajar dan mahasiswa di Surabaya. Bantuan beasiswa juga diberikan kepada para guru/pendidik yang menempuh pendidikan master dan doktoral dalam bentuk bantuan biaya penelitian.
  3. Kontribusi Astra dalam dunia pendidikan juga diwujudkan dengan mendirikan Rumah Pintar/Taman Baca di berbagai sudut Kota Surabaya.
  4. Astra juga telah melakukan banyak hal untuk perkembangan Usaha Kecil dan Menengah di Surabaya. Ada banyak kelompok UKM  yang telah mendapatkan pembinaan dari Astra.

    60 tahun Astra selalu memberikan kontribusi dalam perkembangan Bangsa Indonesia. Sejak pertama kali didirikan, Astra bertekad bahwa kegiatan bisnis bukan hanya berbicara soal pertumbuhan profit semata, namun juga tentang kontribusi terhadap pembangunan Bangsa Indonesia. 

    Komitmen perusahaan Astra bukan hanya soal keuntungan, namun juga harus berkelanjutan. Untuk mencapai itu semua kegiatan bisnis Astra tidak pernah menutup mata dengan keadaan lingkungan dan masyarakat sekitar. Astra terus berkarya untuk Indonesia dengan fokus kepada sumber daya manusia, lini bisnis dan kontribusi sosial. Bravo buat Astra, Maju terus Kota Surabaya.

    22 Comments

    Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

    error: Content is protected !!