PROPOSAL KELOMPOK PETERNAK AYAM

Berikut ini adalah proposal kelompok peternak ayam yang coba saya buat sebagai contoh dan draf saja.

A. LATAR BELAKANG
Pengembangan ekonomi merupakan usaha untuk merubah kekuatan ekonomi potensial menjadi kekuatan ekonomi riil. Keberhasilan usaha peningkatan produksi maupun faktor-faktor produksi menjadi salah satu ukuran bagi kemajuan ekonomi. Pembangunan ekonomi menghasilkan masyarakat mandiri. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas yang dapat tercapai dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi yang berasal dari tumbuhan maupun hewan.

Daging dan telur adalah makanan bergizi tinggi dan berprotein yang berasal dari hewan ternak  unggas  seperti  ayam, bebek dan itik. Ayam merupakan unggas pedaging dan petelur.  Kualitas daging dan telur  ayam memiliki komposisi gizi yang lebih lengkap dibanding dengan unggas lainnya. Daging dan telur ayam dapat mudah diperoleh dari peternakan ayam.

Usaha peternakan ayam merupakan langkah masyarakat yang harus dibina dan didukung olah pemerintah dan semua elemen masyarakat, karena selain membuka lapangan pekerjaan juga terciptanya sumber perbaikan perekonomian bagi masyarakat garis menengah kebawah. Sub sektor peternakan dengan komoditas ternak ayam memegang posisi yang cukup penting dalam memajukan ekonomi di desa, karena berfungsi ganda yakni sebagai penghasil telur dan juga daging. Selain itu ternak ayam memiliki periode produksi yang lebih singkat bila dibandingkan dengan ternak besar seperti kambing atau sapi.

Adanya program pemberdayaan masyarakat  diharapkan akan menghasilkan peningkatan pendapatan yang berakibat pada meningkatkannya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa. Berdasarkan latar belakang tersebut kami kelompok ternak bermaksud untuk mengajukan bantuan dalam usaha peternakan ayam yang disusun dalam proposal kelompok peternak ayam ini.

B. TUJUAN DAN MANFAAT
Adapun tujuan dan manfaat dari proposal kelompok peternak ayam  ini antara lain :
1. Meningkatkan kesejahteraan taraf hidup masyarakat
2. Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat
3. Membangun kemandirian masyarakat
4. Meningkatkan pendapatan kelompok dan masyarakat pada umumnya
5. Meningkatkan produktifitas usaha
6. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia

C. SASARAN KEGIATAN
Sasaran kegiatan kelompok ternak ayam adalah :
1. Peternak yang telah masuk dan terdaftar menjadi anggota kelompok ternak ayam
2. Masyarakat di lingkungan sekitar yang memiliki kemauan dan semangat yang tinggi untuk mengembangkan usaha peternakan.

D. POTENSI SUMBER DAYA ALAM (SDA)
Sumber Daya Manusia di, sebagian besar sudah tamat pendidikan Menengah Atas sehingga kemampuan lokal tersebut memberikan peluang dan tantangan yang besar bagi masyarakat untuk tumbuh berkembang seiring perkembangan jaman.

E. POTENSI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
Potensi SDM anggota kelompok adalah berpengalaman, terampil, dan memiliki minat yang tinggi dalam usaha pengembangan ternak ayam. Beberapa anggota  telah beternak ayam selama bertahun-tahun dan menggantungkan hidup dari hasil ternak ayam.
Dari segi sosial ekonomi masyarakat, anggota kelompok kami telah terbiasa melakukan kegiatan pertanian, perikanan dan peternakan untuk menambah pendapatan dan penghasilan. Budaya tersebut akan kami kembangkan bersama  dengan ilmu-ilmu baru agar hasilnya berkembang dan lebih memuaskan.

Penerimaan terhadap ilmu dan pengetahuan baru serta adanya kesempatan membuat kelompok kami sangat bergairah dalam memajukan usaha ini. Kemauan yang besar dari kelompok kami ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung terselenggaranya masyarakat yang maju dan sejahtera serta berpeluang menciptakan kesempatan kerja masyarakat pedesaan secara mandiri.

Perkembangan Kelompok ternak ayam  sangat baik, terbukti dengan antusiasnya masyarakat terhadap pembentukan kelompok dan minat anggota yang sangat besar.  Para anggota kelompok mempunyai keinginan yang besar dan kuat untuk maju dan berkembang sehingga nantinya dapat berhasil dan usahanya menjadi besar dan sukses. Untuk perkembangan selanjutnya ilmu dan ketrampilan tersebut akan ditularkan kepada masyarakat lainnya.

F.  SUSUNAN KEPENGURUSAN KELOMPOK
Susunan kepengurusan kelompok dipimpin oleh seorang ketua yang dibantu oleh seorang sekretaris dan seorang bendahara. Anggota kelompok ini terdiri dari 10 anggota dengan nama-nama sebagaimana terlampir.

G.  PEMASARAN PRODUK
Permintaan pasar terhadap telur ayam semakin meningkat seiring dengan banyak bermunculan usaha industri rumah tangga seperti usaha produk kue olahan yang berbahan dasar telur ayam disamping sebagai konsumsi masyarakat sehari-hari. Selain itu, harga telur ayam yang relatif terjangkau oleh semua kalangan membuat telur ayam memiliki peluang pasar yang besar.

Potensi wilayah yang strategis yakni terdapat sebuah pasar Desa  membuat pemasaran telur ayam menjadi lebih mudah. Disamping itu itu juga ada pasar lain yang  dekat dengan yang buka setiap hari sehingga membuat peluang untuk memasarkan telur dan daging ayam dalam berbagai produk yang siap dikonsumsi juga cukup besar.

H. PERMOHONAN BANTUAN
Untuk meningkatkan produksi dan hasil dari peternakan ayam yang kami kelola, kelompok kami membutuhkan bantuan dari pihak-pihak terkait melalui program yang dijalankan.

Adapun bantuan yang diharapkan dari Kelompok Ternak Ayam kami adalah sebagai berikut :
1.Ternak ayam dewasa siap produksi 550 ekor
2.Pembuatan kandang tambahan  10 unit
3.Penyediaan pakan 20 zak
4.Obat-obatan 10 paket
5.Ember plastic tempat pakan 10 unit

I. PENUTUP
Demikian Proposal kelompok peternak ayam ini kami buat untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan. Besar harapan kami proposal ini mendapatkan persetujuan dan bisa terealisasikan sehingga kegiatan usaha kelompok ini dapat terlaksana dengan baik sesuai yang telah direncanakan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!