PRUPRIME HEALTHCARE SYARIAH, PERSEMBAHAN TERBARU DARI PRUDENTIAL SYARIAH

Pada hari Selasa tanggal 16 Mei 2017 kemarin, saya berkesempatan untuk menghadiri Konferensi Pers Perayaan Ulang tahun PRUSyariah ke-10 di Kantor Pemasaran Prudential Surabaya Tunjungan Plaza 5 Surabaya. Dalam Konferensi Pers yang dihadiri oleh awak media dan juga para Blogger tersebut, Prudential Syariah meluncurkan produk baru yang bernama PRUprime healthcare syariah.

Pada acara ini, saya mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan baru mengenai asuransi terutama yang berbasis syariah. Informasi mengenai asuransi ini akan saya tulis dan bagikan di blog ini agar banyak orang yang mengetahuinya serta dapat mengambil berbagai manfaat didalamnya. Siapa tahu nanti ada yang ingin daftar asuransi syariah šŸ˜‰. 

Suasana Konferensi Pers 10 tahun Prudential Syariah

Asuransi merupakan suatu cara untuk melindungi atau menanggulangi sesuatu yang kita miliki dari resiko kerusakan, kerugian atau kehilangan keuntungan. Banyak asuransi yang dapat kita ikuti untuk melindungi keluarga kita, dan salah satu perusahaan terbaik dalam bidang asuransi adalah Prudential. Prudential sendiri sudah ada sejak tahun 1849 dan masuk di Indonesia sejak tahun 1995. 

Sejak 10 tahun yang lalu, Prudential Indonesia telah mengeluarkan program asuransi yang membidik segmen syariah bertitel Prudential Syariah. Lewat program ini Prudential terus mengajak para peserta asuransi untuk saling tolong menolong dan berbagi resiko dengan berasuransi secara syariah. 

Sampai saat ini Prudential telah diakui sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia dan senantiasa berkomitmen untuk melayani kebutuhan para nasabahnya dengan menawarkan produk dan layanan yang inovatif. Sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, Prudential melihat Indonesia sebagai negara dengan potensi pertumbuhan yang tinggi oleh karena itu Prudential Indonesia berkomitmen untuk mendukung pengembangan perekonomian syariah yang merupakan bagian dari rencana pemerintah.

Sejak berkiprah di segmen asuransi jiwa syariah, Prudential Indonesia mampu menempati posisi pemimpin pasar, dengan kontribusi dana tabarru per akhir tahun 2016 sebesar Rp 2,2 triliun.  Prudential Indonesia juga mencatat lebih dari 510,000 polis syariah yang aktif, serta aset sebesar Rp 3,4 triliun.

PRUprime healthcare syariah
Program PRUprime healthcare syariah dari Prudential Syariah

Tahun 2017 ini, Prudential Indonesia memperingati tahun kesepuluh beroperasinya asuransi jiwa syariah di Indonesia. Sejalan dengan moment Prudential 10th anniversary, Prudential Syariah meluncurkan sebuah produk baru yang bernama PRUprime healthcare syariah. 

PRUprime healthcare syariah adalah produk asuransi jiwa rawat inap komprehensif yang berbasis syariah. Produk ini membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan dengan jangkauan global dan manfaat yang dapat berkembang. Produk PRUprime healthcare syariah menawarkan beragam keunggulan inovatif. Salah satunya adalah fitur di mana Prudential Indonesia akan membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan, sehingga nasabah bisa lebih fokus terhadap pemulihannya.

Menurut Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing & Communications and Sharia Director, Prudential Indonesia yang menjadi salah satu narasumber dari konferensi pers yang saya ikuti tanggal 16 Mei kemarin, Produk PRUprime healthcare syariah diluncurkan oleh Prudential syariah karena Prudential senantiasa mendengarkan dan memahami kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan perlindungan berdasarkan prinsip dan nilai-nilai universal syariah. 

Ibu Nini Sumohandoyo juga mengungkapkan bahwa penetrasi asuransi syariah masih sangat kecil di Indonesia. Hal ini terkendala oleh edukasi mengenai jasa keuangan syariah. Berdasarkan riset dan penelitian, ternyata sampai saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak memanfaatkan jasa asuransi. Kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang asuransi jiwa syariah menghalangi banyak orang dalam memilih asuransi sebagai perlindungan masa depan. Oleh karenanya edukasi asuransi syariah perlu digalakkan. 

Sebagai salah satu langkah mengedukasi masyarakat mengenai asuransi syariah, Prudential Indonesia dalam rangka memperingati Prudential 10th anniversary menyelenggarakan perss conference di beberapa kota besar di Indonesia. Salah satunya adalah di Surabaya yang kebetulan bisa saya ikuti ini. Selain Surabaya, kota lainnya seperti Bandung, Samarinda, Makasar, Palembang dan Jambi juga akan menjadi tempat terselenggaranya acara sejenis. 

Rinaldi Mudahar, salah seorang narasumber press conference di Surabaya yang juga Country CEO Prudential Indonesia, pada materinya banyak menjelaskan mengenai sejumlah keunggulan inovatif dari produk asuransi syariah yang bertitel PRUprime healthcare syariah ini. Menurutnya, PRUprime healthcare syariah menawarkan berbagai manfaat dan keunggulan bagi nasabah. Manfaat dari PRUprime healthcare syariah sendiri juga akan terus berkembang. 

PRUPRIME HEALTHCARE SYARIAH Prudential
Berbagai Keunggulan dari PRUprime healthcare syariah

Dalam fitur No Claim Bonus, Prudential Indonesia akan memberikan penambahan sebesar 10% dari batas manfaat tahunan awal jika tidak ada klaim yang dilakukan nasabah selama satu tahun polis berjalan. Penambahan bisa diberikan hingga maksimal 50% dari batas manfaat awal, sehingga perlindungan dapat terus terjaga di tengah biaya pengobatan yang terus meningkat setiap tahunnya. Fitur ini merupakan yang pertama di industri asuransi jiwa syariah dan menjadi keunggulan yang tidak dipunya oleh produk asuransi lain.

Keunggulan unik lain yang ditawarkan oleh PRUprime healthcare syariah adalah PRUprime limit booster. PRUprime limit booster adalah sejumlah dana tambahan yang dapat digunakan apabila seluruh batas manfaat tahunan telah terpakai. Apabila digabungkan dengan batas manfaat tahunan, maka fitur ini dapat memberikan dana tambahan hingga Rp 35 miliar, yang merupakan nilai perlindungan rawat inap tertinggi di Indonesia.

PRUprime healthcare syariah juga menawarkan fitur Global Coverage (perlindungan global) dimana para nasabah bisa melakukan perawatan inap dalam kondisi darurat di luar negeri. Produk ini memberikan fasilitas perawatan secara cashless di jaringan rumah sakit yang luas di Indonesia, Singapura dan Malaysia, di mana nasabah cukup menunjukkan kartu PRUprime healthcare syariah tanpa harus mengeluarkan uang sendiri dan langsung bisa rawat inap di RS luar negeri. 

Dalam produk PRUprime healthcare syariah juga terdapat manfaat Santunan Dana Marhamah, atau santunan kasih sayang, yang diberikan jika peserta yang diasuransikan meninggal dunia karena sakit ataupun kecelakaan. Santunan Dana Marhamah tersebut akan menambahkan santunan asuransi dasar yang diterima oleh penerima manfaat apabila peserta yang diasuransikan meninggal dunia. 

Selain Nini Sumohandoyo dan Rinaldi Mudahar, pada konferensi pers tanggal 16 Mei kemarin, hadir pula sebagai narasumber Ahmad Nuryadi, Sharia Supervisor Broad Prudential Indonesia dan juga Paradikma Sumbawa, Product Planning and Development, Prudential Indonesia. 

PRUprime healthcare syariah Prudential
Narasumber dalam press conference Prudential Syariah

Mempelajari pemaparan dari para narasumber kemarin, saya mendapatkan pemahaman baru bahwa ternyata ada banyak perbedaan yang nyata antara asuransi konvensional dan asuransi syariah. Jika dalam asuransi konvensional, keuntungan dalam pengelolaan premi dimiliki oleh perusahaan asuransi, maka dalam asuransi syariah keuntungan dan kelebihan tabarru akan dibagi antara perusahaan dan peserta. Pembagian keuntungan ini disebut dengan surplus sharing

Dalam surplus sharing peserta yang masih aktif polisnya dan tidak melakukan klaim berhak untuk memperoleh imbal hasil dari keuntungan tersebut dalam setiap periode. 30 persen dari surplus sharing akan ditahan sebagai dana cadangan tabarru dan sisanya sebesar 70 persen  akan dibagikan ke peserta dan perusahaan dengan porsi pembagian 80 persen dibagikan ke peserta dan 20 persennya menjadi hak perusahaan sebagai bagian dari keuntungan.

Tabarru adalah jenis sumbangan atau donasi yang diberikan oleh setiap peserta asuransi (shahibul maal) untuk menolong peserta  lainnya dalam menghadapi musibah. Jadi Setiap peserta asuransi yang terdaftar dapat menolong peserta lainnya yang membutuhkan melalui dana tabarru yang disisihkan oleh pihak asuransi syariah. Inilah yang membedakan asuransi syariah dengan asuransi konvensional.

Dalam Prudential Syariah Terdapat 2 akad yang berlandaskan syariah, yaitu:

  1. Akad tijarah (mudharabah), ini adalah akad antara Prudential syariah sebagai pengelola tabbarru dengan nasabah. Dalam akad ini Prudential syariah bertindak sebagai mudharib (pengelola) dan nasabah bertindak sebagai shahibul mal (pemegang polis).
  2. Akad tabarruā€™ (hibah), yaitu akad antar sesama nasabah prudential. Nasabah memberikan hibah yang akan digunakan untuk menolong nasabah lain yang terkena musibah. Sedangkan Prudential bertindak sebagai pengelola dana hibah. Dana adalah milik nasabah, Prudential hanya mempunyai kewajiban untuk mengelolanya sesuai prinsip syariah yang diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.

Prudential sendiri memegang prinsip universal dari Syariah yaitu saling tolong menolong, berbagi resiko, dan keuntungan untuk semua yang diaplikasikan ke semua orang dan dapat memenuhi kebutuhan dari keluarga Indonesia. Prudential Indonesia percaya bahwa prinsip-prinsip syariah berlaku universal sehingga mereka menggunakan tema PruSyariah untuk semua dalam mengedukasi masyarakat. Meskipun titelnya syariah, namun Asuransi Syariah berlaku untuk semua masyarakat Indonesia tanpa membedakan agamanya. Prudential Syariah terbuka untuk masyarakat muslim dan non muslim. 

Kita sebagai manusia tentunya sangat ingin melindungi dan membahagiakan keluarga kita. Salah satu cara melindungi keluarga kita dari berbagai resiko yang mungkin terjadi adalah dengan asuransi. Oleh karena itu mulailah berpikir dari sekarang untuk melindungi keluarga kita dengan asuransi. PRUprime healthcare syariah dari Asuransi Prudential Syariah adalah solusi perlindungan buat kita dan keluarga. 

6 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!