Review Pencapaian Blog di Tahun 2018

Sebagaimana kebiasaan-kebiasaan di tahun sebelumnya, postingan pertama di tahun 2019 saya isi dengan review pencapaian blog di Tahun 2018 yang lalu. Setelah 2,5 tahun menggeluti dunia blogging, ternyata di tahun 2018 blog ini banyak mengalami kemajuan dan juga beberapa kemunduran. Meskipun dalam hal pendapatan dan juga nila DA PA sudah lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya, namun dari segi pengunjung blog dan lainnya mengalami penurunan drastis.

Pencapaian blog di tahun 2018

Di awal 2018 yang lalu, saya sudah pernah menuliskan pencapaian Blog Munasya di tahun  2017. Di Awal Januari 2019 ini, saya ingin mengulas dan membandingkannya untuk perbaikan diri. Semoga kedepannya saya bisa introspeksi dan mendapatkan motivasi supaya bisa lebih baik lagi. Kritik dan saran dari teman-teman dan para pembaca sangat saya harapkan untuk perbaikan di masa depan.

Berikut review pencapaian Blog ini di tahun 2018 dan perbandingannya di tahun 2017 :

1. Trafik Kunjungan

Trafik blog yang ini di tahun 2018 sungguh memprihatinkan. Pengunjung blog perhari terjun bebas ke angka yang bikin miris hati. Jika di Tahun 2017 yang lalu pernah mencapai 1000 kunjungan perhari, tahun 2018 sudah tidak pernah lagi mendapatkan traffic setinggi itu. Dalam sehari maksimal cuma dapat  400an pengunjung saja.

Sejak Bulan Juni 2018, blog munasya mengalami banyak masalah. Situs seringkali down dan tidak bisa dibuka. Saya sendiri sudah berusaha untuk memperbaikinya, namun tak kunjung membuahkan hasil. Dimulai dari mencari di berbagai sumber internet hingga meminta tolong pada master blogging dan juga customer servicenya hosting sudah saya lakukan. Namun semuanya tidak mendapatkan hasil yang maksimal.

Server eror
Peringatan Server eror yang sering muncul

Setelah hapus plugin Jetpack dan plugin broken link checker, masalah internal akses yang tidak bisa membuka memang teratasi. Namun trafik blog tidak kunjung membaik. Malah cenderung turun. Kadang blog juga gak bisa dibuka. Alternatif lain yang mungkin saya ambil adalah mengganti template atau mengganti server hostingnya. Tapi masih bimbang dan ragu karena masih sangat suka dengan template yang ini. Mungkin ada diantara pembaca yang pernah mengalami hal ini dan bisa membantu saya menyelesaikan permasalahan tersebut. Saya masih butuh banyak belajar dan ingin diajari supaya lebih baik lagi.

2. Jumlah Postingan

Di akhir tahun 2017, di blog munasya.com sudah terdapat 289 artikel. Di awal tahun 2019, jumlah postingan bertambah menjadi 344 artikel. Itu berarti selama tahun 2018 postingan yang terpublish sebanyak 55 artikel. Hal itu berbeda jauh dengan pencapaian tahun 2017 yang sudah berhasil menulis 174 artikel. Setiap bulan artikel yang terpublish antara 6 sd 12 artikel saja.

Kesibukan saya dalam menjalankan program-program sosial di lingkungan tempat tinggal saya mungkin menjadi salah satu penyebab kemalasan saya dalam menulis. Kalau tidak benar-benar nganggur, saya sudah teramat jarang menulis blog. Jadi malu neh sama blogger lainnya. Ngaku Blogger tapi malas nulisnya.

3. Postingan Populer

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya Diantara 300an artikel yang sudah dipublis di munasya.com, artikel yang paling banyak dibaca di Tahun 2018 adalah artikel yang berjudul : Langkah Pendirian Bank Sampah. Artikel ini sudah dibaca oleh 14.185 orang. Disusul di peringkat selanjutnya adalah artikel berjudul Begini Cara Mengelola Bank Sampah dan Proposal Pengelolaan Sampah Mandiri di Pemukiman.

Google Analitik
Postingan terpopuler versi Google Analitik.

Selama 3 tahun berturut-turut, artikel pendirian bank sampah selalu menduduki peringkat tertinggi dan menjadi postingan terpopuler di blog ini. Meskipun sudah lama ditulis, namun para pembacanya tetap banyak.

Kebalikan dari postingan terpopuler tersebut, ada beberapa artikel di blog ini yang sedikit dibaca oleh orang. Salah satunya adalah artikel yang berjudul Dibalik Awarding Lingkungan Hidup 2018 di Kabupaten Lamongan. Artikel ini baru dipublikasikan 3 hari yang lalu sehingga wajar jika pembacanya sedikit.

4. Penghasilan

Dari segi penghasilan, pencapaian blog ini di tahun 2018 sungguh luar biasa. Jumlahnya meroket naik dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hampir setiap bulan saya mendapatkan job untuk diposkan di blog ini. Mulai dari job review, job liputan hingga job content placement secara rutin saya dapatkan tiap bulan. Meskipun penghasilan naik turun dan tidak tetap, namun Alhamdulillah dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Pinjaman uang

5. Prestasi Lomba Blog

Bidang prestasi lomba blog, tahun 2018 blog ini mengalami kesuraman. Tidak ada satupun lomba blog yang berhasil saya menangkan. Sepanjang tahun 2018, blog ini tercatat mengikuti lomba blog sebanyak 10 kali. Dari 10 lomba tersebut, hanya satu yang murni ingin ikut lomba. Selebihnya karena pesan sponsor dan ada bayarannya. Kalau saya ikut lomba penulisan blog, saya lebih sering menuliskannya di blog lainnya yang masih berdomain blogspot dan wordpress dot com. Alhamdulillah salah satunya bisa jadi pemenang.

6. Grafik DA dan PA

Pencapaian blog tahun 2018 yang paling menyenangkan adalah grafik DA dan PA. Terhitung selama 6 bulan terakhir DA dan PA blog ini kontinyu di angka 35 dan 42. Angka yang tergolong tinggi ini tentunya berimbas pada penghasilan dan juga tawaran job yang didapatkan. Harapan di tahun ini dan juga tahun-tahun selanjutnya, nilai DA dan PA blog terus meningkat tanpa harus turun lagi.

7. Pencapaian Lain

Disamping review pencapaian blog di 2018 yang telah ditulis diatas, saya masih mendapatkan hal-hal lain yang bermanfaat. Diantaranya adalah dapat bertemu langsung dengan Blogger-blogger hebat yang sudah kompeten dalam dunia perbloggingan. Bahkan saya bisa kopdaran dengan 3 Blogger Lamongan lain yang sebelumnya hanya ketemu di dunia maya. Ada Mas Rudi pemilik blog Belalang Cerewet, ada Bunda Triana pemilik Blog Trianadewi dan Mbak Ika pemilik blog Iamsusanti. Saya ketemu mereka di event-event berbeda dan dapat bertemu secara bersamaan pada event Festival Millenial Berkarya di Gresik.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Di tahun 2019 ini, saya mempunyai harapan yang besar terhadap kemajuan blog ini. Saya masih harus terus belajar dan terus belajar tentang berbagai hal utamanya bidang perbloggingan dan sejenisnya. Kritik, saran dan dukungan sangat saya harapkan dari anda para pembaca semuanya. Silahkan tuliskan semuanya di kolom komentar atau bisa hubungi saya di semua media sosial yang tercantum di blog ini.

21 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!