SAAT BOOMING POKEMON GO MELANDA

Aplikasi game atau permainan di dalam gadget sangat disukai banyak orang terutama anak-anak muda. Aplikasi yang awalnya diciptakan sebagai sarana hiburan, sekarang ini sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup. Orang akan dianggap kuper dan kupdet jika tidak tahu tentang suatu game yang booming.

Setelah game COC yang lebih dulu booming, sekarang netizen dan pelaku dunia maya sedang demam dan booming game Pokemon Go. Sebagian besar dari mereka yang berusia muda sedang membicarakannya. Rasa penasaran tingkat tinggi akan game ini menyeruak dan butuh jawaban, pada akhirnya banyak yang pengen mencobanya juga.

image

APA SEBENARNYA POKEMON ITU ?
Bagi para pecinta kartun atau yang masa kecilnya suka menonton film kartun, tentu tidak asing dengan istilah *Pokemon* ini. Pokémon adalah salah satu judul serial animasi dari Jepang yang sampai sekarang masih berproduksi dan ditayangkan di berbagai negara di dunia. Kata Pokemon sendiri adalah singkatan dari nama Jepang yakni Pocket Monsters.

Serial Pokemon pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2001 dan ditayangkan di SCTV, karena berbagai alasan serial animasi ini diambil alih oleh Indosiar dan masih tetap tayang hingga sekarang.

Episode pertama dari serial Pokemon ini menceritakan tentang tokoh utama bernama Satoshi yang bersama teman-temannya berambisi menjadi menjadi seorang Pokemon Master atau pelatih Pokemon terbaik. Satoshi memilih Pikachu untuk menjadi makhluk Pokemon pertamanya sekaligus team partnernya.

Jalan cerita di dalam serial Pokemon kebanyakan mengkisahkan tentang hubungan pertemanan antara Sathosi, Pikachu dan beragam jenis Pokemon lainnya beserta para pelatihnya. Sesekali juga ditampilkan kisah asmara antara tokoh-tokoh didalamnya dan tak lupa pertandingan-pertandingan antar pokemon yang selalu ada di tiap episodenya.

 

GAME UNIK POKEMON GO

Game Pokemon Go adalah game yang mengadaptasi monster dari serial animasi Pokemon dari Jepang. Lewat game ini, pemain diajak untuk menjadi seorang pelatih Pokemon seperti Sathosi di dunia nyata.

image

Game ini merupakan hasil kerja sama dari Nintendo dan Niantic Lab dengan perusahaan pembuat Pokemon. Berbeda dengan game lainnya yang membuat para pemainnya duduk manis di depan gadget, game ini menghadirkan konsep lain yang berbeda. Pokemon Go mengharuskan para pemainnya menelusuri jalanan dan gedung-gedung untuk mencari pokemon dengan ponselnya. Pokemon Go ini mendukung konsep dunia maya + dunia nyata dengan memanfaatkan kamera dan GPS di ponsel pintar yang dimiliki pemainnya.

 

 

Pemain game ini bisa melihat dunia Pokemon melalui layar ponsel mereka. Pemain bisa melihat berbagai animasi dan objek 3D di layar tersebut yang berupa makhluk-makhluk Pokemon. Tempat bersembunyinya pokemon bisa dimana saja, di kamar mandi, di warung, di jalan raya atau tempat-tempat lainnya. Tempat-tempat tersebut benar-benar ada di dunia nyata tapi makhluk pokemonnya hanya muncul di dalam layar ponsel yang memiliki aplikasi game pokemon. Untuk menangkapnya pemain harus berada di dalam radius tertentu menurut jangkauan gps ponsel mereka.

Baca juga :

Pemain berperan sebagai Trainer/pelatih yang bertugas untuk menangkap sebanyak mungkin Pokemon. Berbagai jenis Pokemon dapat ditemukan di beberapa area geografi dunia. Sebagai contoh, jika pemain pergi ke daerah sungai, akan menemukan Pokemon berjenis air. Kalau di pegunungan, akan muncul pokemon gunung dan sebagainya. Setelah menangkap, pemain bertugas untuk melatih Pokemon yang telah ditangkap dan meningkatkan level dari Pokemon tersebut agar semakin kuat.

Sebuah tempat bertarung juga diciptakan dalam permainan ini. Pemain dapat berkompetisi di tempat tersebut dengan membuat Pokemon saling bertarung. Tempat bertarungnya juga menempati sebuah tempat yang real dan nyata yang di modif sedemikian rupa di dunia pokemon dalam layar ponsel.

APAKAH DI INDONESIA SUDAH ADA

Secara resmi, Game Pokemon Go untuk saat ini belum tersedia di Google Play Store dan Apple App Store di Indonesia. Game baru ini baru ada di Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat saja.arencana perilisan berikutnya di Kanada, Eropa, dan Amerika Selatan.

Meski Game Pokemon Go belum dirilis secara resmi di Indonesia, namun sudah banyak orang-orang Indonesia yang sudah mencoba dan memainkannya. Tentu saja tidak melalui jalur resmi, namun mengunduhnya lewat APK yang tersebar luas di dunia maya. Banyak blog-blog yang sudah mengadaptasinya. Tinggal cari di google saja sudah bisa menemukan dan mendownloadnya. Karena tidak resmi, Pokemon Go yang di download lewat Apk ini memiliki beberapa keterbatasan dan tidak sama dengan versi aslinya

PRO KONTRA POKEMON GO
Di Indonesia, keberadaan Pokemon Go ini menimbulkan pro kontra dari berbagai pihak. Banyak persepsi dan intepretasi yang bermunculan seiring bomingnya game ini.

Yang Pro tentunya sangat antusias dengan game ini dan menganggap sebagai mainan baru yang mengasyikkan. Bisa digunakan melepas penat dan stress. Sementara yang kontra menganggap bahwa game Pokemon Go bisa mencuri data geografis dan membahayakan data-data statistik dan juga data penting negara. Bahkan ada juga yang menghubungkan game ini dengan bahasa dan aliran tertentu.

Apapun persepsi dan interpresrasi yang berkembang saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa Game Pokemon saat ini benar-benar booming. Baik buruknya game ini tergantung dari kebijakan pribadi pemainnya.

4 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!