Tips Belanja Online Hemat di Tokopedia Untuk Kebutuhan Ramadhan Ekstra

Gak terasa sebentar lagi bulan suci ramadhan akan segera tiba. Meskipun tiap tahun selalu ada, namun datangnya Bulan Ramadhan selalu dinanti-nantikan umat Islam seluruh dunia. Umat Islam akan berlomba-lomba mencari pahala dan kebaikan di bulan Ramadhan karena bulan tersebut adalah bulan yang ekstra. Setiap ibadah, kebaikan dan amal perbuatan baik akan mendapatkan pahala ekstra dari Allah SWT.

Bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Selain menahan nafsu untuk makan dan minum, di bulan suci ramadhan ini tidak ada salahnya untuk bijak dalam berbelanja sehingga pengeluaran bisa di hemat. Bulan Ramadhan adalah bulan untuk mengejar banyak kemuliaan dan keberkahan, tidak sepatutnya digunakan untuk berhura-hura dalam pengeluaran dan belanja.

Tak dapat dipungkiri setiap bulan Ramadhan tiba, pengeluaran juga meningkat. Disamping karena barang kebutuhan yang semakin banyak, menjelang bulan ramadhan hingga hari raya harga-harga barang kebutuhan juga naik drastis. Untuk memenuhi kebutuhan sebelum dan selama bulan Ramadhan, masyarakat tidak hanya berbelanja secara offline, namun masyarakat juga berbelanja secara online.

Berdasarkan survei dari berbagai pihak, aktivitas belanja online semakin diminati oleh masyarakat. Kecenderungannya bahkan meningkat ketika memasuki bulan Ramadhan. Hal ini tentunya menjadi berkah tersendiri bagi perusahaan eCommerce lokal ataupun asing. Perusahaan-perusahaan tersebut selalu mengadakan promosi besar-besaran untuk menarik para pembeli atau customer.

Tips Belanja Online Hemat

Dihadapkan dengan berbagai pilihan program dan promo menarik saat Ramadhan, kita sebagai konsumen atau pembeli haruslah bijak memilih tempat berbelanja yang tepat agar mendapatkan harga dan kualitas barang yang terbaik. Tokopedia adalah salah satu e-comerce yang selalu memberikan promo dan diskon saat bulan Ramadhan.

Berikut beberapa tips belanja online hemat di Tokopedia untuk kebutuhan bulan Ramadan Ekstra :

1. Bandingkan harganya

Di Tokopedia terdapat banyak sekali toko-toko online yang berkualitas. Setiap toko menawarkan harga yang berbeda. Meskipun barangnya sama, namun harganya berbeda-beda. Kita cukup mengetik jenis barang/produk yang ingin dibeli. Dalam waktu yang singkat, ribuan produk dengan berbagai harga akan ditampilkan. Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Pilihan harga produk bisa dipilah sendiri sesuai keinginan, bisa dari harga terendah ke tertinggi ataupun sebaliknya. Jika ingin menghemat pengeluaran belanja online terutama saat bulan Ramadhan, kita bisa pilih-pilih produk sesuai spesifikasi yang diinginkan dengan harga yang paling murah.

Tips Belanja Online Hemat
Menu urutan pencarian harga di Tokopedia

2. Pilih produk dari kreator lokal
Dalam mengarungi bulan Ramadhan Ekstra, bukan berarti kita harus menggunakan barang mewah atau barang branded dengan harga yang selangit. Barang-barang dari kreator lokal pastinya juga bisa memenuhi kebutuhan kita. E-commerce Tokopedia memiliki berbagai koleksi produk yang lengkap. Ada banyak produk hasil kreasi kreator lokal dan juga produk dari brand terkenal dunia yang kualitasnya tidak diragukan lagi. Jika ingin menghemat pengeluaran belanja di bulan Ramadhan, kita bisa memilih berbagai produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.

Baca juga : Cara Mudah Menemukan Toko Kamera Online

3. Cari toko online yang lokasinya terdekat
Komponen biaya tambahan yang selalu ada saat berbelanja online adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Dalam beberapa kasus, biaya ongkir kadang melebihi harga barang itu sendiri. Salah satu tips belanja online hemat yang disarankan adalah dengan cara memilih toko online yang lokasinya paling dekat dengan tempat tinggal kita. Hal itu untuk mengurangi biaya ongkir berlebihan. Semakin dekat lokasi tokonya, belanjanya pasti semakin murah. Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail melalui menu yang disediakan sehingga kita bisa memilih toko online dengan lokasi terdekat.

Ramadhan ekstra Tokopedia
Menu pencarian berdasarkan lokasi di Aplikasi Tokopedia

4. Pilihlah cara pembayaran yang paling sesuai
Salah satu keunggulan berbelanja online di Tokopedia adalah cara pembayarannya. Cara pembayaran di Tokopedia termasuk yang paling gampang dan mudah karena terdapat berbagai metode pembayaran yang dapat digunakan. Pembayaran dapat dilakukan lewat kantor pos, transfer bank, melalui kartu kredit, cicilan, Saldo Tokopedia hingga pembayaran di minimarket. Kita bisa memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan keinginan kita.

5. Cari metode pengiriman paling efisien
Masih berkaitan dengan ongkos kirim yang selalu ada pada saat belanja online, metode pengiriman barang juga mempengaruhi besarnya ongkos kirim. Setiap jasa pengiriman memberikan biaya yang berbeda-beda. Oleh karena itu dalam melakukan pengiriman barang, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional seperti JNE, POS, J&T dll, hingga kurir instan melalui jasa transportasi ojek online. Saat memilih metode pengiriman di Tokopedia, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim dan waktu terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita. Tips belanja online hemat ini tidak hanya diberlakukan saat bulan ramadhan saja, namna bisa diterapkan di bulan yang lainnya.

6. Manfaatkan promo dan diskon
Adanya Promo atau diskon tentunya memberikan pengaruh yang signifikan dalam menghemat pengeluaran. Terutama saat berbelanja online. Pihak Tokopedia tentu sangat mengerti hal itu. Dalam rangka promo dan memudahkan customer, di bulan Ramadhan ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi para pelanggan setianya untuk menikmati bulan Ramadhan dengan berbagai rangkaian promo yang amat sangat menarik. Promo ini pastinya selalu mengiringi sepanjang bulan Ramadhan dan bisa kita gunakan untuk membuat Ramadhan kali ini makin Ekstra.

Kejutan yang membuat Ramadhan makin Ekstra lagi ternyata masih ada. Nanti tanggal 25 Mei akan ada rahasia kejutan dari Tokopedia. Hal ini membuat Ramadhan Ekstra akan menjadi lebih Ekstra lagi!. Kejutan rahasianya seperti festival belanja online “Black Friday”. Kira-kira kejutan seperti apa za yang bakal membuat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih special? Hmmmm jadi tidak sabar neh….

Sapa tahu Tokopedia nanti akan mengadakan Ekstra Flash Sale dengan harga yang super hemat. Ada berbagai Ekstra Kejutan yang bisa menghemat pengeluaran dan juga menambah koleksi barang-barang impian. Pokoknya kita jangan sampai ketinggalan kejutan dari Tokopedia. Biar Ramadhan kali ini jadi Ramadhan Ekstra!

(Visited 14 times, 1 visits today)
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!