Tips Dan Trik Bisnis Kuliner Makin Laris

Setiap orang membutuhkan makanan setiap hari. Namun tidak semua orang bisa meyediakan makanan bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu bisnis kuliner makin laris tidak ada matinya. Banyak macam usaha bidang kuliner yang bisa ditekuni, semuanya berpeluang untuk untung dan sukses tergantung strategi yang dijalankan.

Sebelumnya saya pernah membahas Cara Membuka Usaha Kuliner Supaya Cepat Sukses namun adanya modal yang cukup, atau lokasi yang strategis bukan jaminan bisnis kuliner bisa laris manis. Ada banyak faktor lain yang bisa mendongkrak penjualan dan membuat pelanggan datang setiap hari.  Berikut ini adalah tips dan trik supaya bisnis kuliner makin laris manis yang dirangkum dari berbagai sumber :

1. Ciptakan Logo brand yang menarik

Dalam setiap usaha, logo brand  sangatlah penting. Tak terkecuali dalam bisnis kuliner. Untuk menarik minat calon pelanggan baru dan membuat pelanggan tetap terkesan serta tak gampang melupakan, usahawan kuliner harus bisa membuat logo brand yang menarik. Logo ini tentunya harus unik, menarik dan mencerminkan cita rasa yang diusung dalam usahanya.

Logo dan cita rasa juga harus klop dan saling mendukung. Kalau logonya bagus tapi cita rasa makanannya tidak enak, pelanggan pastinya malas datang lagi. Sebaliknya kalau cita rasa makanannya enak tapi logonya jelek dan tidak menarik, pelanggan baru tidak akan tertarik untuk datang. Jadi ciptakan logo semenarik mungkin dan tebarkan cita rasa seenak mungkin supaya usaha kulinernya laris manis.

2. Buat Daftar Menu Unik

Daftar menu menjadi salah satu syarat penting bagi yang berkecimpung di bisnis kuliner. Dengan adanya daftar menu, pembeli bisa lebih mudah melihat jenis makanan dan juga harganya. Agar bisnis kuliner makin sip dan laris, usahakan membuat daftar menu makanan yang unik dan berbeda dari yang lain. Daftar menu yang berbeda akan membuat pelanggan merasa penasaran dan ingin mencobanya. Contohnya menu es sarang burung, bakso penuh cinta, menu nasi kriuk-kriuk dsb.

3. Manfaatkan kekuatan Social Media

Sosial media bisa menjadi sarana ampuh untuk promosi dan memperkenalkan bisnis kuliner kita pada masyarakat. Banyak bisnis-bisnis baru yang melejit berkat kekuatan sosial media. Dengan memposting foto-foto bisnis kuliner yang menarik di akun Instagram, Facebook, whatshap grup dsb disertai dengan caption menarik akan membuat banyak orang tertarik dan tergiur untuk mencicipinya. Pada akhirnya akan banyak yang datang untuk memesan makanan tersebut.

4. Jangan sepelekan kebersihan, dan kenyamanan tempat usaha

Tips lain untuk membuat bisnis kuliner makin laris adalah dengan menjaga tempat usaha supaya senantiasa bersih dan nyaman. Tempat yang bersih dan nyaman akan membuat pelanggan betah dan akan kembali lagi ke tempat tersebut di lain waktu. Sebaliknya tempat usaha kuliner yang kotor dan berisik serta tidak nyaman akan membuat pelanggan iffiel dan tidak mau kembali walaupun makanannya enak.

5. Manfaatkan Teknologi Aplikasi Kasir

Di era revolusi industri 4.0 saat ini, pemanfaatan teknologi informasi untuk mendongkrak bisnis mutlak diperlukan.  Saat bisnis kuliner makin laris dan pelanggan mulai banyak, penghitungan dan pencatatan transaksi secara manual sudah tidak relevan lagi karena staf pastinya akan kerepotan dan pelanggan tidak nyaman menunggu antrian pembayaran yang lama. Kemungkinan staf melakukan kesalahan dalam penghitungan juga sangat besar. Oleh karena itu penggunaan aplikasi kasir sangat diperlukan untuk mempercepat transaksi dan menghindari salah hitung.

Aplikasi kasir atau Point of Sale adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk menghitung sekaligus mencatat transaksi penjualan retail. Salah satu aplikasi kasir yang direkomendasikan untuk usaha kuliner adalah SPOTS. Ada banyak keunggulan serta keuntungan didalamnya. Dengan aplikasi ini pelaku UMKM tidak hanya bisa menerima beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan, namun juga dapat terima pemesanan GO-FOOD, menerima pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dari transaksi penjualan.

Tentang SPOTS Aplikasi Kasir

SPOTS sendiri merupakan perangkat multifungsi dari GOJEK untuk semua kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. Dengan satu aplikasi, ada banyak kemudahan yang didapatkan. Aplikasi kasir SPOTS dapat menghemat waktu dan uang dengan mengotomatisasi banyak tugas penjualan sehari-hari sehingga pemilik bisnis kuliner bisa meningkatkan pelayanan pada pelanggan tanpa pusing memikirkan hitung-hitungan.

Jika selama ini mengetahui mesin kasir selalu identik dengan sebuah alat yang berukuran besar dan sulit dibawa kemana-mana, kemunculan SPOTS merubah segalanya. Mesin SPOTS bentuknya cukup kecil dan bisa dibawa kemana-mana. Ditaruh di gerobak makanan maupun di taruh di meja kecil tidak masalah. Meskipun berukuran kecil, namun Mesin Kasir SPOTS memiliki banyak fitur mumpuni yang sanggup cukup memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Di dalam aplikasi mesin tersebut sudah terdapat Daftar Menu, Kategori Menu, Jenis Transaksi Pesanan Langsung atau Go-Food, Metode Pembayaran (Tunai, Debit, Kartu Kredit, OVO, T-Cash, dan Go-Pay), serta Laporan Penjualan Harian yang meliputi Jumlah Nominal Pendapatan dan Jumlah Item Terjual.

Dalam dunia bisnis kuliner, para usahawan dituntut untuk memanfaatkan peluang dan mempersiapkan yang terbaik dalam perhitungan keuangan.
Dengan harga terjangkau (biaya aktivasi Rp. 290.000 dan biaya pemeliharaan Rp. 2.900/hari), siapa pun dapat menjalankan usaha dan meningkatkan pengelolaan pesanan dalam satu aplikasi kasir. Dari pemilik gerobak sate, mie ayam, bakso dsb, penyewa booth masakan rumah di kantin perkantoran, cafe, hingga restoran bercabang, semua bisa menggunakan perangkat SPOTS.

Ayo segera daftarkan bisnis kuliner kalian dan mulai gunakan aplikasi kasir SPOTS ini. Lebih lengkapnya bisa kunjungi website SPOTS di www.spots.co.id. Di website ini terdapat banyak informasi dan penjelasan detail mengenai aplikasi. Dengan berbagai usaha serta tips dan trik jitu, insyaallah bisnis kuliner makin laris serta mendapatkan keuntungan yang barokah.

7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!