TIPS HEMAT SELAMA BULAN RAMADHAN

Saat memasuki bulan ramadhan, umumnya masyarakat muslim mengalami perubahan aktivitas sehari-hari yang signifikan. Perubahan ini terlihat jelas pola makan, pola jam tidur, pola kerja dan juga pola pengeluaran keuangan. Disadari atau tidak, pada bulan ramadhan pengeluaran umat muslim ternyata bisa lebih banyak dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Saat bulan Ramadhan, pola makan kita memang berkurang dan hanya dilakukan saat sahur dan berbuka saja, namun terkadang aneka macam makanan seperti kue, buah cemilan, sirup dan sebagainya seperti wajib dihidangkan. Alasannya sih agar puasanya lebih semangat dan menambah nutrisi tubuh. Makanannya juga kadang berlebihan sehingga pengeluaran lebih banyak.

Baca Juga : Asuransi Berbasis Syariah

Pengeluaran Ramadhan juga ditambah dengan persiapan kebutuhan lebaran. Ada pakaian, kue, bingkisan lebaran, penggantian perabot dan lain-lain. Ditambah dengan adanya aktivitas seperti bukber dan ngabuburit di luar rumah bersama teman-teman atau keluarga, membuat pengeluaran tambah banyak dan membengkak.

Tips Hemat Selama Bulan Ramadhan

Untuk mencegah pemborosan dan pembengkakan anggaran selama Ramadhan, berikut ini adalah tips hemat selama ramadhan yang bisa dilakukan.

1. Menata Menu Buka dan Sahur Secara Proporsional

Di bulan Ramadhan, menu saat sahur dan berbuka harus ditata dengan proporsional. Catat pula berapa orang yang akan ikut memakan makanan yang dimasak nanti. Jika perlu catat juga bahan makanan apa saja yang dibutuhkan serta berapa banyak jumlah yang dibutuhkan. Misalnya berapa banyak minuman sirup yang dibutuhkan untuk buka puasa, berapa banyak lauk dan sayurnya untuk buka dan sahur, berapa banyak cemilan manis yang dibutuhkan untuk takjil dan sebagainya.

Hal ini tentunya untuk memudahkan dalam menghitung estimasi pengeluaran selama sebulan. Selain itu, dengan penataan menu yang proporsional, tidak akan ada sisa makanan yang berlebih, sehingga makanan tidak mubadzir dan terbuang.

Rutinitas selama seminggu yang telah terjalani ini atau pengalaman di bulan ramadhan tahun lalu bisa jadi rujukan, berapa banyak makanan yang harus dimasak dan disajikan.

2. Belanja Kebutuhan Langsung Untuk Sebulan Kedepan

Harga bahan pokok dan kebutuhan sehari-hari selama bulan Ramadhan diprediksikan akan terus meningkat. Hal ini sudah menjadi hal yang sangat umum dan diketahui banyak orang. Kenaikan harga tentunya akan berdampak besar pada membengkaknya pengeluaran bulanan.

Supaya bisa berhemat, alangkah baiknya jika berbelanja bahan pokok untuk jangka waktu satu bulan ke depan. Tentunya dengan catatan bahan tersebut yang tahan lama sehingga kita tidak perlu membeli barang tersebut ketika harganya mulai naik. Bahan pokok tahan lama misalnya beras, gula, minyak goreng, bumbu instan dan sebagainya. Selain hemat, aktivitas belanja juga jadi efektif karena tidak perlu berkali-kali belanja.

Baca juga : Cara Dapatkan Antrian Cepat di Kasir

 3. Membeli Persiapan Lebaran Sedini Mungkin

Menjelang Lebaran nanti, biasanya pengeluaran akan lebih banyak dari bulan biasanya. Terkadang makanan dan minuman yang tidak biasa dibeli, menjadi wajib dibeli saat hendak menjelang Lebaran.

Menjelang lebaran, dapat dipastikan pernak pernik kebutuhan lebaran seperti parcel lebaran, pakaian, kue dan sebagainya harganya akan melonjak naik. Oleh sebab itu jika ingin tetap hemat, sebaiknya berbelanja persiapan lebaranya dicicil sejak bulan Ramadhan.

 4. Membatasi Berbuka Puasa Di Luar

Saat bulan puasa, mungkin banyak ajakan untuk buka bersama atau BukBer dari teman kerja, sahabat maupun kenalan. Tentu hal ini sangat menyenangkan, karena merupakan bagian dari silaturahmi dan dapat melepas sedikit kepenatan. Tapi jangan sampai keseringan melakukan buka puasa di luar.

Meskipun kita tidak ikut membayar makanan tersebut tapi ongkos transportasi dari rumah ke tempat bukber juga menyedot anggaran. Apalagi jika kita yang mentraktir bukbernya, otomatis akan membuat kantong terkuras. Harga bahan makanan yang meningkat membuat harga makanan di luaran juga ikut naik.

 5. Manfaatkan Promo Khusus Ramadhan

Saat Ramadhan seperti ini, rata-rata tempat perbelanjaan akan menghadirkan promo menarik yang berkaitan dengan kebutuhan ramadan. Promo ini akan hadir berupa diskon harga khusus dalam jangka waktu tertentu. Manfaatkan promo atau diskon khusus ini agar pengeluaran bisa lebih hemat selama ramadhan. 
Demikian tips hemat selama bulan Ramadhan. Semoga selama puasa ke depan kita mampu menjaga agar hati tetap bersih dan menjaga kantong supaya nggak bolong. Jika ada tambahan, pertanyaan atau saran bisa disampaikan di kolom komentar.

13 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!