Tips Merawat Sepatu Futsal Agar Tahan Lama

Tidak hanya dijadikan sebagai rutinitas untuk menjaga kesehatan, hari ini aktivitas olahraga juga menjadi bagian dari hobi. Salah satu olahraga yang juga dipilih sebagai hobi adalah futsal. Olahraga ini mirip dengan sepak bola, hanya saja setiap timnya hanya memiliki lima anggota saja. Untuk bisa bermain dengan aman, setiap anggota diharuskan memakai perlengkapan yang memadai, terutama untuk sepatu futsal.

Sepatu Futsal
Sepatu Futsal (sumber gambar : pixabay.com)

Selain sepatu, perlengkapan lain yang harus disiapkan adalah kostum, kaos kaki, bola dan lapangan futsal. Perlengkapan ini untuk memudahkan sekaligus melindungi tubuh dari risiko cidera. Terlebih pada olahraga futsal yang dominan dengan gerakan lari dan menendang, perlindungan tubuh terutama kaki amat sangat diperlukan. Jadi pemilihan dan penggunaan sepatu yang tepat sangatlah dianjurkan.

Merawat Sepatu Futsal

Seperti benda lainnya, sepatu juga bisa mengalami kerusakan. Kerusakan ini bisa disebabkan karena intensitas pemakaian yang tinggi maupun kesalahan dalam merawat sepatu. Nah, supaya sepatu Anda tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka panjang, berikut akan kami uraikan cara merawat sepatu futsal :

Cuci secara berkala
Berbeda dengan pakaian yang harus dicuci setiap kali usai dikenakan. Untuk sepatu ini sebaiknya tidak terlalu sering dicuci. Terlebih sepatu ini digunakan di area indoor yang mana tidak berisiko membuat sepatu mudah terkena noda.

Sepatu yang terlalu sering dicuci akan membuat daya rekat lem menurun. Jadi, sebaiknya dicuci secara berkala atau cuci sepatu hanya ketika sepatu benar-benar kotor.

Longgarkan tali sepatu setelah digunakan
Apabila sepatu sudah selesai digunakan, jangan lupa untuk mengendurkan atau melonggarkan tali sepatu. Perlu diingat bahwa sepatu bisa basah karena terkena keringat. Agar tidak lembab dan menimbulkan jamur serta bakteri, usahakan untuk melonggarkan tali sepatu supaya udara lembab dari sepatu bisa keluar.

Sepatu Futsal

Cukup lap saja

Merujuk pada poin pertama, di mana sepatu tidak perlu sering dicuci. Alternatifnya adalah Anda bisa mengelap sepatu menggunakan lap kering setelah sepatu selesai dipakai.

Bersihkan alas sepatu dengan sikat atau tusuk gigi

Apabila bagian bodi sepatu bisa dibersihkan dengan lap kering. Maka untuk alas sepatu dapat Anda bersihkan dengan tusuk gigi atau sikat. Kotoran di alas sepatu yang tidak segera dibersihkan memungkinkan mengeras dan menumpuk sehingga mempengaruhi daya pijakan saat digunakan.

Baca juga : Tips dan Tempat Membeli Sepatu Branded Dengan Harga Murah

Menjemur sepatu
Karena tidak boleh sering dicuci, cara yang bisa dilakukan untuk menghindari munculnya bau pada sepatu adalah dengan menjemurnya. Namun sebaiknya tidak dijemur dengan sinar matahari langsung ya agar kualitas sepatu tetap terjaga.

Jangan disumpel
Tidak teliti dalam membeli sepatu memungkinkan Anda mendapatkan sepatu yang tidak pas dengan ukuran kaki. Ukuran sepatu yang terlalu longgar ini biasanya akan disiasati dengan menyumpelnya menggunakan kertas atau koran.

Memang ini cukup membantu, namun bentuk sepatu bisa berubah jika terlalu sering disumpel kertas.

Simpan di tempat yang kering
Selesai dibersihkan dan dikeringkan, sepatu bisa disimpan di tempat yang kering dan pastikan tali sepatu sudah dikendurkan. Bahkan akan lebih baik jika sepatu disimpan di kotak sepatu. Dengan begitu sepatu akan terhindar dari debu dan kotoran.

Baca juga : Cara Mencegah dan Menghilangkan Noda Kunyit

Demikianlah 7 cara merawat sepatu futsal yang dapat Anda terapkan. Mengingat sepatu ini tidak hanya dipakai sekali-dua kali, upayakan untuk rajin merawatnya ya. Perawatan yang tepat dan berkesinambungan akan membuat sepatu lebih awet.

Apabila ingin menambah koleksi sepatu futsal atau mungkin sepatu yang lama sudah rusak dan berencana membeli yang baru, Anda dapat membelinya di Bukalapak. Toko online Bukalapak menawarkan berbagai pilihan sepatu olahraga. Bagi Anda yang membutuhkan sepatu badminton juga bisa membelinya di sana.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!