Wonderful Indonesia, Sensasi Jazirah Arab di Kebun Kurma Pasuruan

Selama ini saya taunya Pohon Kurma itu hanya ada di Jazirah Arab atau negara-negara Timur Tengah. Kalau ingin melihat langsung Pohon Kurma dan memetik buahnya harus datang kesana. Namun ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar. Di Indonesia ternyata ada juga lho perkebunan kurma yang disulap jadi tempat wisata. Namanya Duta Wisata Kebun Kurma Pasuruan.

Kebun Kurma Pasuruan
Wisata Kebun Kurma Pasuruan

Masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa Timur yang ingin menikmati atau melihat buah kurma yang berasal dari pohonnya secara langsung, tak perlu lagi bersusah payah pergi ke Jazirah Arab, cukup datang saja ke Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Di salah satu bagian desa ini terdapat ratusan pohon kurma dari berbagai jenis yang dapat dilihat dan dinikmati.

Pada awal bulan November yang lalu, saya sempat datang ke lokasi wisata yang baru di buka tahun 2017 ini. Kedatangan saya kesana bersama rombongan TBM Bintang Brilliant dengan menggunakan 2 bis. Meskipun tempat ini baru dibuka tahun lalu, namun pesona wisata yang ditawarkan  pengelolanya menghipnotis saya dan rombongan lain yang datang. Sensasi Jazirah Arab sangat terasa sekali.

Kebun Kurma Pasuruan
Salah satu sudut Kebun Kurma Pasuruan

Meskipun namanya Kebun Kurma Pasuruan, yang ditanam bukan hanya buah kurma saja, namun juga ada Pohon Tin, Pohon Zaitun, Siwak, Matoa, Anggur pohon, Delima Hitam, Delima Merah, Kelengkeng, dan masih banyak lagi lainnya.  Jika selama ini saya hanya bisa melihat aneka ragam tumbuhan khas Jazirah Arab tersebut melalui gambar, layar televisi dan juga smartphone, di tempat ini saya bisa melihat dan menyentuh pohonnya secara langsung. Bahkan saya bisa foto-foto didekatnya.

Pohon Kurma
Pohon Kurma yang sedang berbuah lebat di Kebun Kurma Pasuruan

Sensasi Jazirah Arab makin terasa dengan adanya Miniatur Ka’bah lengkap dengan Hajar Aswadnya. Ada juga tempat simulasi melempar Jumroh Ula, Wustho dan Aqobah. Rute jalan yang bernama Shafa dan Marwah juga dibuat di lokasi wisata ini. Rute tersebut tentunya digunakan buat belajar Sa’i. Beberapa patung unta yang diletakkan di beberapa sudut lahan yang mempunyai luas kurang lebih 3,7 hektar tersebut menambah suasana Jazirah Arab makin terasa.

Berdasarkan informasi dari pengelolanya, lokasi wisata Kebun Kurma Pasuruan sering digunakan oleh anak-anak sekolah yang belajar manasik haji. Saya bersama rombongan, meskipun belum berkesempatan menunaikan ibadah umroh maupun haji ke tanah suci, namun sudah bisa foto-foto di dekat miniatur Ka’bah layaknya orang yang umroh seakan menjadi hiburan dan kesenangan tersendiri. Sekarang baru bisa foto di miniaturnya, mudah-mudahan tahun depan sudah bisa berangkat umroh dan beribadah langsung di Ka’bah Arab Saudi.

Kakbah di Kebun Kurma Pasuruan
Foto dengan latar belakang Kakbah di Kebun Kurma Pasuruan

Layaknya suasana di Jazirah Arab, di lokasi Wisata Kebun Kurma Pasuruan hawanya juga terasa gerah dan panas. Jika berencana kesini siap-siap untuk membawa kaca mata dan topi. Hawa Panasnya tidak bisa dihilangkan karena panasnya tempat ini merupakan penyebab utama pohon-pohon kurma disini bisa tumbuh subur dan berbuah. Kalau tidak terasa panas, para pengunjung tentunya tidak bisa melihat deretan pohon kurma yang tumbuh subur dan merasakan sensasi ala Jazirah Arab.

Baca juga : Wisata Kampung Coklat Blitar

Disamping menghadirkan suasana Jazirah Arab, Wisata Kebun Kurma Pasuruan juga dilengkapi aneka wahana permainan untuk memanjakan pengunjungnya. Ada permainan sepeda udara, trampolin, ATV dan lain-lain. Ada juga ruang terapi ikan, tempat penjualan souvernir yang berupa pesawat terbang dan beberapa tempat edukasi buat anak. Juga tak ketinggalan sejumlah spot selfie yang instagramhable dan cocok buat generasi milenial.

Spot selfie
Berbagai spot selfie yang instagramhable di Kebun Kurma Pasuruan

Terdapat beragam gambar dinding 3 Dimensi, jajaran mobil-mobil antik, bangunan oemah jungkir (rumah terbalik) dan masih banyak lagi yang lainnya. Semuanya itu dapat digunakan para pengunjung untuk berselfie ria dan memamerkannya di sosial media.

Salah satu tempat wisata terbaik di Pasuruan yang bernuansa Jazirah Arab ini dikelola oleh Duta Wisata Group dibawah kepemimpinan Haji Ruslan. Harga tiket masuknya cukup terjangkau. Pada saat saya datang kesini kemarin (November 2018) tiket masuknya adalah Rp. 10.000,- saat weekday dan Rp. 15.000,-  saat weekend. Harga tiketnya bisa berubah-ubah mengingat pengelolaannya yang terus berbenah ke arah yang lebih baik. Harga tiket masuk tersebut tidak termasuk harga masuk wahana permainan pendukung yang berada didalam lokasi.

Letak Kebun Kurma Pasuruan yang dekat dengan jalan raya Surabaya-Malang membuat lokasinya mudah dijangkau dari area mana saja. Baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum bisa dengan mudah menemukan lokasinya.

Ayo ikutan menikmati Wonderful Indonesia dengan datang ke Wisata Kebun Kurma Pasuruan. Nikmati sensasi Jazirah Arab di tanah air Indonesia. Atau jika anda punya cerita menarik lainnya tentang keindahan Indonesia, bisa ditulis ceritanya dan ikutan Wonderful Indonesia Blog Competition. Info lengkapnya bisa dibaca di sini atau lihat poster dibawah ini.

Wonderful Indonesia

(Visited 23 times, 1 visits today)
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!