Kesehatan

3 Tanaman Herbal Untuk Sistem Imun Tubuh

3 Tanaman Herbal Untuk Sistem Imun Tubuh – Setahun sudah virus corona merajalela. Dalam setahun perjalanannya, virus ini memakan banyak korban jiwa. Berdasarkan laporan terbaru per tanggal 18 Maret 2021 ada 1.443.853 yang terkonfirmasi positif terkena covid-19. Sebanyak 39.142 orang yang meninggal dunia, 718 diantaranya adalah tenaga kesehatan. Ini sungguh angka yang menyedihkan.

Saat ini pendistribusian vaksin memang terus berjalan, jadwal pemberian ke masyarakat sudah ditentukan. Namun adanya vaksin tidak serta merta dapat melenyapkan peredaran virus. Karena sejatinya Vaksin Covid-19 bukanlah obat. Vaksin fungsinya adalah untuk mendorong pembentukan kekebalan tubuh supaya kita tidak mudah terpapar virus covid-19 atau mengalami sakit berat jika tak sengaja terkena paparan virusnya.

Corona di bidang pendidikan

Semua pihak terus mengimbau, meskipun sudah vaksin namun harus tetap menjalankan protokol kesehatan dan juga menerapkan 5 M, yakni mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas. 5 M inilah yang bisa dijadikan senjata penghalang masuknya virus Covid-19 dari luar.

Selain menerapkan 5 M, Virus dapat ditangkal dengan penguatan sistem imun tubuh. Virus covid-19 sendiri menyerang sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Imunitas yang rendah membuat rentan terpapar berbagai macam virus, salah satunya adalah virus covid-19 tersebut. Oleh karena itu untuk menjaga daya tahan tubuh, selain berolahraga sebaiknya mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan jika perlu menambah dengan Imunomodulator.

Apa Itu Imunomodulator?

Imunomodulator adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respon imun,
mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif sehingga dapat mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu. Dengan kata lain Imunomodulator adalah zat yang dapat memperkuat sistem imun tubuh sehingga tubuh terlindungi dari infeksi atau mikroorganisme seperti virus, bakteri dan parasit.

Imunomodulator ada banyak macamnya. Untuk mendapatkannya juga tidak susah. Di sekitar kita ada banyak sekali tanaman yang mengandung Imunomodulator alami tanpa bahan kimia. Imunomodulator alami yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dapat diperoleh dari tanaman-tanaman herbal asli Indonesia. Apa saja tanaman herbal tersebut untuk sistem imun tubuh? Berikut 3 diantaranya :

1. Meniran

Tanaman herbal meniran untuk

Tanaman ini sering diabaikan dan dianggap sebagai tanaman liar. Namun tanaman yang memiliki nama latin Phyllanthus niruri ini adalah salah satu herbal yang bersifat Imunomodulator dan dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Berdasarkan sebuah studi di tahun 2014, ekstrak dari meniran menunjukkan adanya aktivitas antioksidan yang dapat membantu sel-sel tubuh dapat melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel dan penyakit. Selain itu, meniran juga bersifat imunostimulasi dan mempercepat penyembuhan infeksi akibat virus cacar air. Pemakaian herbal meniran aman digunakan dalam jangka panjang. Di India, Cina, Brazil, bahkan Amerika Selatan tanaman Meniran banyak digunakan untuk mengobati peradangan, demam, malaria, dan hepatitis.

2. Daun Kelor

Jenis tanaman yang bernama latin Moringa oleifera ini tidak hanya dimanfaatkan untuk kecantikan, namun juga bemanfaat untuk kesehatan. Di dalam Daun kelor mengandung berbagai sumber nutrisi seperti kalsium, zat besi, fosfor, kalium, zinc, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam folat dan biotin. Daun Kelor bersifat imunostimulasi dan aman untuk pemakaian jangka panjang. Daun kelor juga kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengatasi peradangan.

Manfaat daun kelor

Dalam penelitian yang dilakukan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, menyebutkan bahwa daun kelor yang dikeringkan menjadi bubuk memiliki kandungan gizi yang lebih banyak daripada saat tanaman ini berbentuk daun. Satu gram daun kelor kering mengandung 10 kali vitamin A lebih banyak dari wortel, 17 kali kalsium lebih banyak dari susu, dan 25 kali zat besi lebih banyak dari bayam.

3. Kunyit

Salah satu tanaman yang banyak digunakan dalam makanan Indonesia ini ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Kunyit memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sekaligus anti-inflamasi untuk meredakan peradangan.

Kunyit untuk

Tanaman bernama latin Curcuma longa/Curcuma domestica tersebut memiliki sifat imunostimulasi dan juga bersifat anti-radang. Kunyit dapat memelihara dan memperbaiki sistem pencernaan serta aman untuk pemakaian jangka panjang. Dalam sebuah penelitian yang dilansir US National Library of Medicine, menyebutkan bahwa zat curcumin yang ada di dalam kunyit memiliki kemampuan imunomodulator, yaitu senyawa yang dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

Imugard Dari Tanaman Herbal Untuk Membantu Meningkatkan Daya Tahan tubuh

Tiga tanaman herbal di atas memiliki banyak sekali zat Imunomodulatornya, oleh karena itu dapat di gunakan untuk menjaga daya tahan tubuh. Konsumsi imunomodulator alami yang berasal dari ketiga herbal tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu panjang dan tanpa batas durasi maksimal. Jika merasa kesulitan untuk mendapatkan tiga tanaman tersebut sekaligus dan mengolahnya untuk dikonsumsi, sekarang ada cara yang lebih praktis untuk mengonsumsinya.

Ada produk dari PT Deltomed Laboratories bernama Imugard yang dapat memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. PT Deltomed Laboratories sendiri adalah produsen obat herbal yang telah berpengalaman selama lebih dari 40 tahun dan selalu berkomitmen untuk mendukung kesehatan tubuh masyarakat Indonesia.

Imugard sistem imun tubuh

Imugard hadir dengan tiga formula herbal, yaitu ekstrak meniran, ekstrak daun kelor, dan ekstrak kunyit. Ketiga ekstrak tanaman herbal ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan melindungi tubuh dari patogen, seperti virus dan bakteri. Imugard telah mengantongi izin BPOM dan bersertifikasi halal jadi aman untuk dikonsumsi.

Produk herbal imugard dapat dikonsumsi oleh anak di atas 12 tahun, dewasa, maupun lansia. Dosis umum pemakaian sebanyak 1 kaplet saja setiap hari. Tapi jika kondisi tubuh sedang turun atau membutuhkan lebih, bisa mengkonsumsi 2 kaplet sehari. Imugard dapat dibeli di apotek dan toko obat terdekat serta di beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, dan Bukalapak. Khusus buat pembaca Blog ini bisa dapatkan potongan harga 10% dengan memasukkan kode promo Diskon : Deltomo pada saat pembelian. So harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Imugard tersedia dalam bentuk dus isi 3 blister dengan isi 1 blister sebanyak 10 kaplet. Untuk informasi lengkap dan tips-tips menarik seputar kesehatan lainnya, Anda dapat mengikuti Instagram Imugard di @imugard_id. Konsumsi Imugard secara teratur efektif dapat membantu memelihara dan memperkuat sistem pertahanan tubuh.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

20 Komentar

  1. Adriana says:

    Kunyit nih manfaatnya emang banyak banget ya mbaaaa.. wah semuanya ada dalam imungard ini yaa, oke banget nih kayanya buat dikonsumsi jadi vitamin harian yaaa

  2. Waah aku baru tau kalau meniran bisa untuk imun tubuh. Kalau daun kelor dan kunyit sudah tahu khasiatnya

  3. Ah.. Meniran adalah tanaman liar yang hebat berarti ya kak. Bisa jadi imunomodulator. Selain itu, daun kelor memang paling seger dijadikan sayur sih. Fungsinya tetap menjadi imunomodulator kan ya meski kita sudah memasaknya?

  4. Euisry Noor (isrinur.com) says:

    Ya ampun, itu Meniran sering liat tumbuh liar. Gak nyangka ternyata punya khasiat buat imun ya…
    Daun kelor tahu sih byk khasiatnya, tapi kayaknya udah lama banget deh gak makan itu, di tukang sayur sini gak ada sih… Jadi kangen masa kecil dulu Deket rumah juga ada pohonnya :'(.
    Kalo kunyit sih sering Konsumsi, selain di bumbu masakan juga suka minum jamunya.
    Ternyata udah ada cara praktis utk dapetin semua khasiat 3 tanaman tsb ya… Semua ada di Imugard.

  5. Kelebihan Imugard ini mengandung ke3 imunomodulator ya mbak,, meniran, kunyit dan daun kelor, kl produk yg lain,, salah satu saja

  6. wahh iya, ternyata banyak ya tanaman herbal yg bermanfaat buat jaga imun tubuh ya..
    nah sekarang enak, sudah ada imugard, bisa konsumsi tanaman herbal yg sangat bermanfaat jaga daya tahan tubuh

  7. Kalau kunyit sih udah paham dari lama, bisa jadi toga. Tapi iani loh, kukira daun kelor cuma bisa dibuat sayur. Eh ternyata 😀

  8. Lasmicika says:

    Untungnya bisa dibeli online ya mba, Imugard ini melalui olshop official nya. Soalnya rumah saya lumayan jauh dari kota dan apotik kadang belum cukup lengkap.

  9. wuaaaah 3 tanaman itu sering banget aku temuin
    ternyata kalau dijadikan 1, bisa banget ya untuk penambah sistem imun
    untungnya udah diproses jadi satu di imugard
    beres deh

  10. Meniran, daun kelor dan kunyit memang terbukti banyak manfaatnya buat daya tahan tubuh atau imunitas. Apalagi sudah dijadikan satu dan dikemas bagus salam bentuk herbal imugard.

  11. baca soal daun kelor, aku jadi keingetan sama proyek bikin minuman sehat dari daun kelor saat masih jadi mahasiswa , ehehe

  12. Fenni Bungsu says:

    Membuat minuman herbal buat jaga daya tahan tubuh, gak perlu rempong atau takut tangan jadi kuning, karena udah ada yang simple buat dikonsumsi yaitu dari Imugard dengan kombinasi 3 kandungan pilihan

  13. Daun kelor memang banyak manfaatnya ya kak. Pakde ku suka banget konsumsi daun kelor belakangan ini. Eh ternyata bisa didapat dari Imugard ya. Nice.

  14. ternyata 3 tanaman ini memiliki khasiat yang bagus yaa. Wah sudah ada suplemen yang mengandung ketiganya, praktis ya gak perlu ramu-ramu tinggal minum saja

  15. Kunyit dan daun kelor yang sering dikonsumsi, Mbak. Kalau daun meniran kayaknya lama banget, dulu pas kecil kali ya. Namun sekarang ya paling enak minum obat herbal aja seperti Imugard ini, ga repot kudu nyeduh atau memarut dulu. Jaminan bahannya alami dan produsennya tepercaya, kita tinggal memetik manfaatnya. Makasih ya infonya, ada diskon segala 🙂

  16. Di rumah saya sudah ada pohon kelor dan tanaman kunyit, Mbak. Dan memang semua banyak manfaatnya dan sering digunakan. Hanya meniran ini saya belum tanam. Nanti saya cari.
    Dan bagus juga Imugard ini ya, Mbak. Praktis langsung minum dan menjaga kesehatan.

  17. Wuih, bermanfaat banget Ka tulisannya…. Saya juga suka minum teh daun kelor, malah di masak itu enak rasanya…

  18. Kalo sudah yang herbal-herbal seperti tumbuhan diatas memang banyak ya khasiatnya, selain untuk mengobati juga dapat menjaga daya tahan tubuh.

    Semua tanaman yang disebutkan di artikel ini memang banyak sekali ditemui, khususnya di tempat tinggalku di Kalimantan

  19. Baru tahu kalo tiga tanaman itu bisa menjadi penambah imunitas tubuh di saat pandemi seperti ini. Kalo ga mau ribet mengolah ketiga tanaman itu, Imugard cocok banget tuh buat dikonsumsi.

  20. Bisa ni di stok dirumah, lumayan buat nambah daya tahan tubuh biar lebih kuat dimasa sekarang. makasih infonya kak syaroh 🙂

Tinggalkan Balasan ke Fenni Bungsu Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *