Apa Saja Risiko Properti dari Sudut Pandang Broker Asuransi?

Aset Properti seperti bangunan dan harta benda merupakan sebuah aset berharga yang memiliki batas waktu panjang untuk disimpan dan/atau dimiliki. Berbagai keuntungan yang dapat didapatkan di masa depan membuat banyak orang berlomba-lomba untuk memilikinya. Hal ini memamg sangat wajar. Tapi  sebelum memikirkan berapa banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari properti yang dimiliki, sebaiknya pelajari dahulu jenis-jenis risiko yang kemungkinan dihadapi oleh aset properti. Kemungkinan risiko terkena gugatan hukum juga harus diwaspadai.

Risiko umum yang biasanya dapat terjadi atas properti (bangunan dan harta benda) yang dimiliki mencakup beberapa hal. Misalnya :  kejadian seperti sumber fisik (berupa kebakaran, petir, banjir, gempa bumi, ledakan), sumber sosial (kerusuhan, perusakan), sumber ekonomi (perubahan tren hingga nilai aset menurun) dan lain sebagainya.

Salah satu cara untuk meminimalkan risiko tersebut dari kerugian finansial adalah dengan memiliki asuransi. Jika ingin memiliki produk asuransi untuk melindungi properti terutama untuk perusahaan atau bisnis, dan belum yakin jenis asuransi mana yang ingin dibeli, ada baiknya bekerjasama dengan broker asuransi untuk mendapatkan konsultasi mendalam dan pilihan produk asuransi yang tepat dan sesuai dengan profil risiko aset.

Sebelum datang ke boker asuransi, tentukan dulu jenis properti (bangunan dan harta benda) seperti apa yang ingin diasuransikan. Harta benda dapat mencakup banyak kategori seperti bangunan, perabot rumah tangga, perlengkapan rumah, mesin, barang dagangan, persediaan bahan baku, dan lainnya.

Baca Juga : Tips Menghindari Pengembang Nakal

Tidak semua properti bisa diasuransikan. Biasanya asuransi meng-cover benda yang kelihatan (tangible assets), sedangkan benda tak kelihatan (intangible assets), seperti copy rights atau nama baik tidak masuk dalam cakupan asuransi.

Dalam perusahaan asuransi, risiko atas harta benda biasanya masuk ke kategori asuransi umum, seperti Asuransi Properti, Asuransi Rekayasa, Asuransi Kebakaran, Asuransi Tanggung Gugat, dan jenis asuransi lainnya yang mencakup atas aset harta benda.

broker asuransi

Di Indonesia, asuransi properti dibagi menjadi dua, yaitu asuransi rumah dan asuransi bisnis. Risiko yang terkandung pun tentu saja berbeda.

Properti dalam bentuk rumah memiliki kecenderungan risiko seperti kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, asap, dan memiliki perluasan jaminan risiko terhadap kerusuhan/huru-hara/kerusakan akibat perbuatan jahat/pemogokan, banjir/kerusakan karena air/badai/angin topan, tanah longsor, dan kebongkaran. Polis yang dikeluarkan untuk asuransi rumah adalah polis standar asuransi kebakaran Indonesia yang diterbitkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Properti bisnis memiliki cakupan seperti gudang, pabrik, toko, mall, dan kantor. Jaminan yang ditawarkan berupa Property All Risk  untuk properti non-industri (sekolah, rumah sakit, dan kantor). Sedangkan Industrial All Risk adalah jaminan asuransi untuk mall, pabrik, dan gudang. Perlindungan asuransi bisnis meliputi kerusuhan/huru-hara/pemogokan/perbuatan jahat, banjir/kerusakan akibat air/angin topan/badai, gempa bumi,/letusan gunung api/tsunami, tanah longsor/pergerakan tanah.

Pemerintah bahkan mengeluarkan aturan untuk memproteksi tempat tinggal berupa apartemen maupun rumah yang dibeli melalui kredit kepemilikan rumah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1988 tentang rumah susun.

Pilihlah produk asuransi yang menawarkan klausul spesifik. Perhatikan juga cakupan jaminan yang ditawarkan oleh produk asuransi. Ada asuransi properti yang menawarkan jaminan proteksi meliputi isi atau harta benda yang ada di dalam bangunan tempat tinggal dan/atau usaha, namun ada juga yang hanya menjamin bangunan properti saja.

Pada kondisi seperti ini, broker asuransi memegang peranan penting untuk menjelaskan kepada klien (nasabah) dan memberikan solusi terbaik. Broker asuransi berkredibilitas baik  akan menganalisis risiko yang dihadapi oleh properti milik klien sebelum memberikan solusi beserta pilihan produk asuransi yang sesuai dengan profil risiko.

Broker asuransi yang dapat menjadi pilihan adalah Marsh Indonesia, perusahaan broker asuransi besar di Indonesia yang bersertifikat dan tepercaya, serta telah mendapat penghargaan broker asuransi terbaik selama lima tahun berturut-turut..

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!