BERBAGAI METODE MENGATASI ANAK MALAS BELAJAR

Tiap hari belajar menjadi sebuah aktivitas rutin seorang anak. Belajar merupakan sarana alamiah bagi perkembangan anak, baik secara kognitif maupun sosial. Sedari kecil manusia tumbuh dengan belajar dan tidak ada batasan kapan belajar itu harus berhenti.

Pada masa kecil, seorang manusia cenderung lebih suka bermain dan aktif kesana kemari. Kebanyakan dari mereka menganggap aktivitas belajar sangat membosankan, atau bahkan dianggap tidak penting. Tapi saat masa sekolah, belajar pelajaran sekolah menjadi sebuah kewajiban bagi seorang anak.

Namun yang terjadi saat ini, dimana mana pasti banyak ditemui anak yang malas belajar. Hal ini memang lumrah dan biasa terjadi, namun sebagai orang tua maupun orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak, proses belajar tentu sangat penting dan harus tetap dilakukan setiap hari guna perkembangan anak selanjutnya.

Anak Susah Belajar

Untuk mengantisipasi pribadi anak yang malas belajar, Berikut ini ada Berbagai Metode mengatasi anak malas belajar.

1. Membuat jadwal belajar

Rutinitas anak tiap harinya biasanya selalu sama. Kalaupun ada yang berbeda, itu hanya beberapa saja dan diwaktu tertentu pula. Oleh karena itu, dalam belajar seyogyanya anak diberi jadwal khusus. Mengenai waktunya bisa didiskusikan dengan anak dan mintalah persetujuannya supaya si anak bisa melaksanakan jadwal tersebut dengan penuh tanggung jawab. Jadwal yang dibuat bisa juga meliputi waktu bermain dan waktu belajarnya.

Baca juga : Mengikuti Kelas Online Menggunakan Aplikasi

Jika anak terlihat bosan dan malas belajar sesuai jadwal, peran orang tua sangat diperlukan. Orang tua harus bersikap tegas dan mendorong anak supaya melaksanakan sesi belajarnya sesuai jadwal. Pengawasan dan dorongan untuk belajar sesuai jadwal perlu diterapkan secara berlahan dan terus menerus supaya anak terbiasa dan terus belajar setiap harinya sesuai jadwal.

2. Dampingi anak belajar

Terkadang ada kesulitan-kesulitan tertentu yang dialami anak saat belajar. Mungkin ada beberapa bagian yang tidak dipahami atau ada kendala teknis saat belajar, misalnya pensil patah, bukunya terselip, penghapus hilang dan lain sebagainya. Disinilah peran orang tua dalam pendampingan belajar sangatlah penting. Orang tua dapat mengetahui kekurangan alat pembelajaran anak dan membantunya saat kesulitan.

Pendampingan dan kebersamaan yang diberikan orang tua saat belajar akan membuat anak senang dan merasa diperhatikan. Keuntungan lain saat mendampingi anak belajar adalah mengurangi rasa malas pada anak dan dapat meningkatkan rasa percaya diri anak dalam menerima pengetahuan baru.

3. Menyesuaikan suasana belajar

Kemampuan seorang anak dalam belajar tentu berbeda-beda. Ada anak yang suka sekali belajar dan selalu merasa kurang, namun ada juga yang mudah bosan. Disinilah peran orang tua atau orang yang bertanggung jawab terhadap proses belajar anak diperlukan. Orang tua bisa membantu memodifikasi suasana belajar anak supaya bisa lebih efektif. Berbagai metode belajar bisa dikombinasikan supaya anak tidak cepat bosan saat belajar.

Metode belajar tidak hanya membaca atau menulis saja, namun bisa dikombinasian dengan berbagai hal. Misalnya melalui tontonan edukatif, game edukatif, metode tanya jawab, praktek langsung dan lain sebagainya. Metode-metode ini tentunya harus tetap mengacu pada pembahasan buku-buku sekolah anak.

Conoh kecilnya, saat anak belajar pelajaran IPA bab ekosistem lingkungan. Orang tua bisa memutarkan video youtube tentang bab tersebut, atau bisa diajak langsung ke luar rumah untuk mengamati ekosistem yang ada di sekitar rumah. Baca juga : Metode Belajar Yang Efektif

4. Berikan dukungan pada anak

Guna Mengatasi Anak Malas Belajar, orang tua harus memberikan dukungan pada anak dalam belajar. Dukungan bisa berupa tempat yang nyaman, suasana yang menyenangkan dan juga bisa pemberian stumulus berupa makanan atau minuman yang disukai.

Metode Mengatasi anak malas

Apabila anak sudah terlihat malas belajar, tanyakan penyebabnya? Apakah kondisi tubuhnya yang tidak enak atau tempatnya yang kurang nyaman. Dengan demikian orang tua tahu cara untuk meningkatkan semangat anak saat belajar.

Jika anak mendapatkan nilai jelek, jangan dimarahi, namun tetap berikan dukungan dan semangat dengan memberikan pengertian bahwa itu juga merupakan proses belajar. Jika sekarang dapat nilai jelek, beri semangat kalau besok atau nanti bisa dapat nilai yang lebih baik.

Baca juga : Belajar Sejarah Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik

5. Memberi reward atau penghargaan

Memberi Hadiah atau reward saat anak mau belajar dengan rajin atau mendapatkan nilai bagus bisa menjadi metode mengatasi anak malas belajar yang ampuh. Reward atau Penghargaan yang diberikan tidak harus berupa benda, namun bisa juga berupa pujian, ajakan liburan akhir pekan atau izin melakukan sesuatu yang disukainya. Sebuah reward atau penghargaan akan memberikan tambahan semangat dalam belajar pada anak.

Demikian 5 Metode Mengatasi Anak Malas Belajar yang bisa saya sampaikan. Metode-metode ini tentunya sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Jika pembaca memiliki pengalaman lain atau metode lain, bisa disampaikan di kolom komentar.

(Visited 12 times, 1 visits today)
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!