Kenali Chord Dasar Untuk Pemain Gitar Pemula

Kenali Chord Dasar Untuk Pemain Gitar Pemula – Gitar menjadi sebuah alat musik yang menghasilkan ritme dan melodi yang menyenangkan. Bermain gitar dapat menjadi kebiasaan baru untuk mengisi waktu luang. Gitar bisa dijadikan teman kala sendirian atau bisa dibawa kala berkumpul bersama teman atau keluarga untuk menghangatkan suasana. Bagi yang sudah ahli bermain gitar, tentu tidak jadi masalah menentang gitar kemana-mana. Namun bagi pemula, yang belum pernah memainkan gitar tentu memerlukan pengetahuan dasar untuk bisa memainkannya.


Belajar gitar tidak bisa secara instan, ada proses panjang untuk bisa memainkannya. Sebelum menjadi ahli ada baiknya mengenal dan mengetahui chord gitar terlebih dahulu karena itu yang paling mudah. Chord atau kunci gitar merupakan bekal untuk memainkan berbagai macam lagu. Dengan pengetahuan chord dasar, pemain gitar pemula bisa dengan mudah memainkan lagu menggunakan gitar.

Letak Senar dan Penyebutannya

Sebelum mengetahui berbagai macam chord dasar, pemain gitar pemula perlu mengetahui terlebih dahulu letak senar dan penyebutannya. Sebuah gitar biasanya memiliki 6 senar yang bisa dipetik dan dimainkan. Masing-masing senar memiliki nada yang berbeda-beda tergantung letaknya.

Adapun letak senar yang menghasilkan nada berdasarkan urutannya adalah sebagai berikut :

Senar 1 : terletak di baris paling bawah dan menghasilkan nada E’ (tinggi)

Senar 2 : terletak di atas senar 1 dan menghasilkan nada B

Senar 3 : letaknya di tengah di atas senar 2 dan menghasilkan nada G

Senar 4 : terletak di atas senar 3 dan menghasilkan nada D

Senar 5 : terletak di atas senar 4 dan menghasilkan nada A

Senar 6 : terletak di baris paling atas dan menghasilkan nada E

Kenali Jenis Gitar

Hal lain yang perlu diketahui tentang gitar adalah jenisnya. Terdapat dua jenis gitar yang sering dimainkan, yakni gitar elektrik dan akustik. Kedua jenis ini meskipun memiliki nada yang hampir mirip, namun terdapat perbedaan diantara keduanya yakni pada bagian tuning. Harganya juga berbeda-beda. Baca postingan berjudul :Harga Gitar Akustik Biasa dan Gitar Akustik Elektrik

Memainkan Gitar Dengan Chord Dasar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, chord atau kunci gitar merupakan bekal untuk memainkan berbagai macam lagu. Saat pertama kali belajar gitar, tangan dan jari biasanya tidak nyaman dan kaku. Kombinasi antara petikan jari kanan dan tekanan di jari kiri untuk memunculkan kunci-kunci nada lumayan sulit. Gak perlu khawatir, ini hanya perlu pembiasaan saja. Ketika sudah terbiasa dengan posisi letak senar dan fret, nantinya akan lebih mudah memainkan kunci bahkan tanpa melihatnya sekalipun.

Chord kunci gitar

Berikut ini rangkuman beberapa macam chord gitar dasar bagi pemula yang dilansir dari berbagai sumber :

1. Kunci C

Chord kunci gitar dasar yang perlu diketahui pertama adalah kunci C. Kunci ini dapat dimainkan dengan cara menekan senar 2 pada fret pertama, senar 4 pada fret kedua, dan senar 5 pada fret ketiga. Untuk menggunakannya dapat memanfaatkan jari telunjuk di senar 2, jari tengah di senar 4, serta jari manis di senar 5.

2. Kunci D

Kunci D dapat dimainkan di dalam fret kedua dan ketiga. Di mana jari telunjuk menekan senar 3 pada fret kedua, jari tengah menekan senar 1 pada fret kedua, dan jari manis menekan senar 2 pada fret ketiga.

3. Kunci E

Kunci E dapat dimainkan dalam fret pertama dan kedua. Caranya dengan meletakkan jari telunjuk pada senar 3 fret pertama, jari tengah menekan senar 5 pada fret kedua, dan jari manis menekan senar 4 pada fret kedua.

4. Kunci F

Memainkan Kunci F hampir sama dengan kunci C, hanya letaknya saja yang berbeda. Caranya dengan meletakkan jari telunjuk untuk senar 2 pada fret pertama, jari tengah menekan senar 3 pada fret kedua serta jari manis pada senar 4 fret ketiga.

5. Kunci G

Kunci G dimainkan agak berbeda. Fokusnya hanya pada fret kedua dan ketiga. Jari manis menekan senar 5 fret kedua, jari tengah menekan senar 6 fret ketiga, serta jari manis menekan senar 1 pada fret ketiga.

6. Kunci A

Kunci A ini paling mudah karena dimainkan hanya pada fret kedua saja. Caranya dengan meletakkan jari telunjuk pada senar 4 fret kedua, jari tengah berada di senar 3 pada fret kedua serta jari manis pada senar 2 pada fret kedua.

7. Kunci Dm

Kunci D minor (Dm) dimainkan pada fret pertama, kedua, dan ketiga. Jari telunjuk ditekankan pada senar 1 fret pertama, jari tengah di senar 3 pada fret kedua, serta jari manis pada senar 2 fret ketiga.

8. Kunci Em

Kunci gitar yang perlu dikenali selanjutnya adalah kunci E minor (Em). Kunci ini dimainkan hanya pada fret kedua saja. Caranya dengan meletakkan jari tengah untuk menekan senar 5 fret kedua serta jari manis untuk menekan senar 4 fret kedua. Pastikan kedua jari yang menekan senar berada di posisi tengah dan tidak menyentuh garis pembatas fret. Jika sampai menyentuh garisnya, bunyi yang dihasilkan akan berbeda dan sama sekali tidak nyaring.

9. Kunci Am

Jenis kunci gitar dasar yang lain adalah A minor (Am). Kunci dasar ini dimainkan pada fret pertama dan kedua. Caranya dengan meletakkan jari telunjuk untuk menekan senar 2 pada fret pertama, jari tengah menekan senar 4 fret kedua, serta jari manis menekan senar 3 fret kedua.

Mulai belajar dengan satu lagu

Setelah chord dasar diketahui, saatnya untuk lanjut ke tahap selanjutnya. Yakni berlatih dan berlatih. Latihannya cukup menggunakan satu lagu saja dulu. Usahakan berlatih rutin setiap hari supaya tangan tidak kaku dan terbiasa memainkan gitar. Pelajari terus satu lagu tersebut hingga lancar. Pilih lagu dengan chord yang paling mudah.

Gunakan banyak referensi untuk belajar, bisa lewat internet atau buku kumpulan chord gitar. Sebagai referensi berikut chord lagu Laskar Pelangi dari Nidji yang lumayan mudah untuk dipelajari

Laskar Pelangi – Nidji

Intro : C F C F

C                  F
Mimpi adalah kunci
C                                  F
Untuk kita menaklukan dunia

Em                     F
Berlarilah tanpa lelah
Em                          F
Sampai engkau meraihnya
C             F
Laskar pelangi
Em           F         G
Takkan terikat waktu
Am                              Em
Bebaskan mimpimu diangkasa
F                          G
Warnai bintang dijiwa

Reff :

C                               F
Menarilah dan terus tertawa
C                               F
Walau dunia tak seindah surga
Am       F         C           G
Bersyukurlah pada yang Kuasa
Am           F       Dm              G
Cinta kita didunia . . . . . selamanya

Int : C F C F

C                   F
Cinta kepada hidup
C                                F
Memberikan senyuman abadi
Dm                            Em
Walau hidup kadang tak adil
F                         G
Tapi cinta lengkapi kita
Dm Em F G
oooouohhh. . . . .

Bridge :

Dm           Em        F            G
Laskar pelangi takkan terikat waktu
Dm            Em         F                          G
Jangan berhenti mewarnai jutaan mimpi dibumi

back to reff

C         F
Selamanya
C             F
Laskar pelangi
C                      F
Takkan terikat waktu
G       C
uoohhhh. . . .

Nah, itulah paparan yang dapat diberikan Blog Coretan Dari DesaCoretan Dari Desa terkait Chord Dasar Untuk Pemain Gitar Pemula. Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Paling penting jika ingin menjadi ahli gitar, jangan malas untuk belajar!

Munasya

Blogger, Writer and Teacher Contact Person : email : sy4r0h@gmail.com Twitter : @Munasyaroh_fadh IG. : @Muns_Fadh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas
error: Content is protected !!