Tour & Traveling

Ada Apa di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya?

Ada Apa di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya? Kala melintas di jalur jalan tol Surabaya-Sidoarjo pasti melihat penampakan megahnya Masjid berwarna biru beserta menaranya. Yup, itulah Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya yang menjadi kebanggaan masyarakat Surabaya. Masjid terbesar di Jawa Timur itu selalu ramai dikunjungi masyarakat. Tujuan mereka bukan hanya untuk beribadah, namun juga melakukan berbagai kegiatan lainnya seperti pertemuan, hajatan, seminar, pengobatan hingga berwisata.

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya
Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya tampak depan

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) memang salah satu masjid yang multifungsi. Bangunan masjid yang berdiri di atas lahan seluas 11.2 hektar ini bukan hanya berisi ruang utama untuk shalat dan tempat wudhu. Tapi masjid ini juga menjadi tempat pendidikan Islam, perpustakaan, dan ruang pertemuan multifungsi. Ada stasiun radio dan juga tempat wisatanya. Area parkir yang lumayan luas menjadi keunggulan tersendiri kala beraktivitas di dalam masjid ini.

Seperti halnya taman kota atau tempat hiburan meriah lainnya, Masjid Al-Akbar Surabaya ternyata menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang berasal dari Kota Surabaya dan sekitarnya. Ada beragam kuliner dan kebutuhan lainnya yang tersedia di sekitar lokasi. Mau sekedar berkeliling dengan kuda atau delman juga bisa dilakukan. Tentunya dengan tarif tersendiri. Kalau di Lamongan ada Masjid Namira di Surabaya ada Masjid Nasional Al-Akbar.

Tentang Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya atau yang biasa disingkat MAS mulai dibangun pada tanggal 4 Agustus 1995. Peletakan batu pertama dilakukan oleh wakil presiden Try Sutrisno. Karena krisis moneter yang berkepanjangan, pembangunan masjid agak tersendat. Hingga 5 tahun kemudian, masjid ini bisa diresmikan oleh Presiden KH Abdurrahman Wahid pada 10 November 2000. Sejak saat itu, MAS ramai didatangi oleh jamaah dan mampu menampung kurang lebih 30.000 jama’ah.

Disain interior dan eksterior Masjid sangat menawan, tak kalah dengan Masjid Istiqlal di Jakarta. Berdasarkan informasi yang terdapat dalam Wikipedia dan juga website resmi Masjid Al-Akbar Surabaya, Masjid memiliki 45 pintu. Tiap pintu terdiri dari dua daun pintu yang diukir dan dibuat dari kayu jati. Jumlah totalnya ada 90 daun pintu. Setiap pintu masing-masing memiliki lebar 1.5 meter dan tinggi 4.5 meter dengan berat mencapai 250 kilogram. Kusen terbuat dari rangka besi lapis kayu yang dihubungkan ke engsel maupun slot yang telah diselaraskan dengan struktur dan estetika masjid.

Bentuk atap MAS juga terlihat unik. Terdiri dari 1 kubah besar dan 4 kubah kecil berbentuk limasan serta ditambah 1 menara. Keunikan bentuk kubah MAS ini terletak pada bentuk kubah yang hampir menyerupai setengah telur dengan 1,5 layer dan tinggi sekitar 27 meter. Penutup kubahnya hampir sama dengan penutup kubah di beberapa masjid raya seperti Masjid Raya Selangor di Syah Alam (Malaysia). Ciri lain dari masjid raksasa ini adalah pintu masuk ke dalam ruangan masjid tinggi dan besar dan mihrabnya adalah mihrab masjid terbesar di Indonesia.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Pemandangan Masjid Al-Akbar Surabaya dari atas ketinggian menara. Adakah yang sudah pernah kesini?? #Munasyadotcom

Sebuah kiriman dibagikan oleh Munasyaroh Fadhilah (@muns_fadh) pada

Fasilitas di Area Masjid Al-Akbar Surabaya

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Surabaya dan sekitarnya, Manajemen Masjid Al Akbar Surabaya menawarkan berbagai fasilitas di area Masjid. Di bagian bawah masjid terdapat lembaga pendidikan mulai dari PAUD hingga Madrasah Ibtidaiyah (setingkat SD). Di bagian lain di bawah masjid juga tersedia beberapa ruang yang bisa disewa/digunakan untuk pertemuan. Kegiatan Akad nikah, Resepsi Pernikahan, Manasik Haji, Tabligh akbar dan kegiatan sejenis bisa dilakukan disana.

Selain itu, di area bawah juga ada ruang perpustakaan yang dibuka untuk umum. Koleksi bukunya lebih dari 3.000 judul buku-buku/kitab. Meskipun sebagian besar genre buku masalah keislaman, namun buku bidang kesehatan, peternakan, perikanan, flora dan fauna, tata boga dan yang lainnya juga ada. Bagi anak-anak, ada lebih dari 1.000 judul buku dan cerita bergambar yang bisa dinikmati. Hampir sama dengan Perpustakaan Kota Surabaya. Fasilitas di dalam perpustakaan Masjid Al-Akbar lumayan lengkap. Ada layanan digital, internet, ruang baca, penelusuran penelusuran informasi melalui OPAC dan juga area khusus anak-anak.

Salah satu sudut perpustakaan di Masjid Al-Akbar Surabaya

Area balai pengobatan islami seperti ruqyah dan bekam juga ada. Di samping poliklinik umum yang melayani pengobatan umum dan gigi. Untuk menyebarkan luaskan informasi dan tanya jawab islami, stasiun radio SAS FM mengudara langsung dari area Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Program yang dibawakan radio ini antara lain kajian Islam, lagu-lagu religi, acara talk show interaktif, serta berita dan informasi umum.

Wisata Menara Masjid Al-Akbar Surabaya

Salah satu daya tarik Masjid Nasional Al Akbar Surabaya adalah keberadaan menara masjid yang terlihat megah dari kejauhan. Menara masjid ini dibuka untuk umum dan dijadikan tempat wisata yang menarik. Bagi yang ingin melihat Kota Surabaya dari sudut ketinggian, bisa banget datang ke tempat ini. Kalau di Jakarta ada Monas, di Surabaya ada Menara Masjid Al-Akbar.

Wisata Menara masjid dibuka setiap hari. Untuk hari Senin sampai Sabtu dibuka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Khusus hari Minggu bukanya lebih awal yaitu pukul 07.00 WIB. Saat adzan berkumandang hingga waktu sholat berjamaah di Masjid Al-Akbar, Wisata Menara tutup sementara. Setelah jamah sholat selesai, wisata akan dibuka kembali. Ada petugas khusus yang melayani wisata ini.

Dengan harga tiket masuk 7000 untuk dewasa dan 5000 untuk anak-anak, anda bisa menikmati wisata menara sepuasnya. Tidak ada batasan waktu/lamanya berada di atas menara. Kalau sudah bosan diatas bisa tekan lift untuk turun. Menara setinggi 99 meter ini dapat digunakan untuk melihat pemandangan Kota Surabaya dari atas. Di atas menara terdapat fasilitas kantin yang memadai sehingga tidak perlu takut kelaparan atau kehausan di atas menara.

Untuk mencapai atas menara tersedia lift dengan kapasitas 550 kg (8 orang). Ada penjaga khusus di lift tersebut sehingga tidak perlu takut atau was-was saat menuju ke atas maupun turun ke bawah. Penjaga ini bisa ditanyai tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan wisata menara masjid Al-Akbar Surabaya. Angin semilir yang berhembus kencang saat berada di atas menara membuat suasana lebih sumringah. Saat ngabuburit, tempat ini layak untuk dicoba.

Momen yang menarik tentu jangan dilewatkan begitu saja, berselfie ria atau foto bersama keluarga tercinta dengan latar belakang kubah masjid tentu menjadi agenda wajib saat berwisata ke menara Masjid Al-Akbar Surabaya. Kegiatan asyik yang tentunya dapat dilakukan disana adalah mengambil gambar dari atas menara, sambil berpose atau berfoto bersama keluarga tercinta, mengambil potret kubah masjid, pemandangan kota, serta gedung-gedung sekeliling Masjid Al Akbar Surabaya.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *