Ziarah Makam Wali di 4 Provinsi

Tanggal 25 sd 28 November 2014, saya bersama 4 anggota keluarga lainnya yakni adik perempuan, kakak perempuan, kakak ipar dan keponakan mengikuti perjalanan tour wali songo. Tour ini bersama dengan keluarga besar dari karyawan Web Wahana Wisata. Suatu perusahaan travel tiket pesawat di Gresik. Biaya perjalanan mengunjungi makam wali, makan dan penginapan ditanggung oleh panitia. Sedang biaya transport dari tempat parkir ke lokasi makam wali dibebankan kepada masing masing orang.


Berhubung antara satu orang dengan lainnya tidak saling mengenal, maka untuk memudahkan panitia memberi slayer warna hijau sebagai tanda pengenal pada peserta tour makam wali.
Judul Tournya adalah ke 9 wali, tapi yang kami kunjungi ada 14 makam wali penyebar Agama Islam di 4 provinsi. Kisah tentang 9 wali dpt dilihat di : sinii…
Secara berurutan Makam makam yang kami kunjungi tersebut adalah :
1. Sunan Maulana Malik Ibrahim di Gresik Jawa Timur
2. Sunan Giri di Gresik Jawa Timur
3. Sunan Ampel di Surabaya Jawa Timur
4. Sunan Drajat di Lamongan Jawa Timur
5. Maulana Ishak (ayah Sunan Giri) di Lamongan Jawa Timur
6. Maulana Malik Asmaraqandi (ayah Sunan Ampel) di Tuban Jawa Timur
7. Sunan Bonang di Tuban Jawa Timur
8. Sunan Muria di Kudus Jawa Tengah
9. Sunan Kudus di Kudus Jawa Tengah
10. Sunan Kalijaga di Demak Jawa Tengah
11. Raden Patah (Sultan/Raja Demak pertama) di Demak Jawa Tengah
12. Sunan Gunung Jati di Cirebon Jawa Barat
13. Syeh Panjalu (penyebar Islam di pasundan) di Ciamis Jawa Barat
14.  Sunan Bayat di Jabalkat, Klaten Jawa Tengah

Bagi yang tidak tahu tentang Syeh Panjalu bisa klik disini, dan tentang Sunan Bayat bisa  baca disini.
Perjalanan tersebut melewati provinsi Yogyakarta sehingga perjalanan dapat dikatakan melewati 4 provinsi.
Ini adalah sebagian foto saya di lokasi makam wali.

image

Perjalanan kami termasuk singkat hanya 4 hari, berangkat tgl 25 Novenber 2014 pukul 05.00 Wib dan sampai dirumah Pucangro Lamongan tgl 28 november 2014 pukul 21.00 Wib. Dalam perjalanan tersebut menginap di 3 tempat yakni di kawasan Gunung Muria Jateng, di Cirebon (makam sunan Gunung Jati) jabar dan di Bayat Klaten Jateng.
Untuk konsumsi/makan tiap harinya dilakukan di restoran/tempat makan yang kebetulan dilewati. Hanya ketika di Muria saja makan sendiri sendiri karena tidak ada restoran/tempat makan besar. Tapi panitia memberi uang kompensasi 15 rbu per orang.
Secara umum perjalanannya lumayan menyenangkan. Bisnya nyaman dan supirnya bersahabat. Saya yang biasanya mabuk perjalanan ketika di bis, hanya merasakan sekali mabuk perjalanan. Selanjutnya sudah tidak apa apa padahal di bis berjam-jam. Saya yang biasanya tidak bisa tidur ketika di bis ternyata hari kedua sudah langsung terlelap jika kepala sudah menyender di kursi. Cemilan dapat juga dinikmati dengan santai. Hanya lihat dan buka apklikasi di hp saja yang tidak bisa saya lakukan karena langsung merasa pusing.
Ini adalah pengalaman pertama saya ikut ziarah wali. Benar kata orang ternyata tidak ada kata kapok jika ziarah ke wali songo, selalu ingin pergi lagi kesana.

 

One Comment

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!